Fashion

4 Cs Pengguna Smartphone

by on 25 Sep, 2015

Image Courtesy: wynneprasetyo

Omnicom Media Group (OMG) dan Epinion telah melakukan survei pada 500 responden untuk meneliti masa depan mobile advertising dan kaitannya dengan pengguna smartphone. Apakah kamu salah satunya?

Aswin Refawa, Managing Director OMG telah memperkirakan bahwa 4 tahun mendatang, iklan shopping di smartphone akan meningkat drastis. Hal ini memungkinkan bahwa setiap aplikasi di handphone-mu menjadi sarana untuk menaruh iklan, lho.

Studi yang dilakukan oleh OMG dan Epinion ini berfokus pada mobile advertising dan menghasilkan sebuah penemuan baru, yaitu 4 Cs. 4 Cs menjadi empat kunci utama yang bagi OMG untuk menjadi sebuah strategi  dalam mobile advertising di masa mendatang. 4 Cs ini meliputi channel, context, content, dan connect.

Yuk, kita simak lebih lanjut mengenai 4 Cs  di bawah ini.

 

 

1. Channel atau Saluran

Image Courtesy: mobilevillage

What are the mobile touch points?

Seberapa sering sih kamu mengeklik iklan atau video yang terdapat di newsfeed social media atau smartphone? Jarang atau sering? Kebanyakan orang memilih untuk mengabaikan iklan, apalagi jika berbentuk video karena akan menghabiskan paket atau kuota internet dengan sia-sia.

Oleh karena itu, beberapa media social lebih memilih untuk melakukan compressing video agar masyarakat tertarik untuk melihat video mereka.

2. Context

Image Courtesy of steadfastlutherans.org

When is mobile used to engage with brands?

Berdasarkan hasil studi, 70% responden akan mengeklik iklan jika ditujukan secara personal, menghibur dan bila iklan tersebut berinteraksi atau memberikan sebuah reward kepada mereka. Maka, sebuah iklan yang muncul pada sebuah aplikasi, harus memenuhi syarat-syarat tersebut.

3. Content

Image Courtesy: Business2community

How to engage consument on mobile?

Berbicara mengenai content, masyarakat cenderung mengunduh dan menggunakan aplikasi yang biasanya berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dan hobi. Sebagai contoh, para pengusaha dan karyawan biasanya mengunduh aplikasi mobile banking pada smartphone-nya. Selain itu, biasanya masyarakat juga mengunduh aplikasi yang medukung hobi, musik, tips, dan kehidupan sosial.

4. Connect

Image Courtesy: Leonisecret

How to integrate mobile with other mediums?

Bagaimana sebuah smartphone dapat terhubung dengan madia lain? Sebagian besar masyarakat menggunakan smartphone secara multitasking, misalnya saat menonton TV. Seringkali, informasi yang mereka lihat di televisi akan langsung mereka cari tahu lebih lanjut melalui smartphone masing-masing.

 

Studi yang menghasilkan 4 Cs ini akan digunakan oleh OMG untuk membantu klien/ brand agar dapat menjangkau konsumen, terutama para pengguna smartphone. Sehingga para OMG pun dapat membuat iklan yang menarik pada aplikasi tanpa membuat pengguna smartphone merasa terganggu.