Beauty

The Signs To Throw Your Makeup Away!

by Cynda Adissa Lianita on 20 Apr, 2016
Content Writer

Sumber foto: carolinelle
Para beauty enthusiast mungkin memiliki koleksi makeup yang tidak terhitung. Keinginan untuk memiliki beragam tipe dan warna pada setiap produk sering membuat makeup lama menjadi terlupakan. makeup yang jarang dipakai, bukan berarti tidak bisa mengalami kadaluarsa, lho, Clozetters
makeup akan mulai mengalami oksidasi dan terpapar lingkungan luar saat pertama kali kamu membuka kemasan. Kamu pun harus menghitung atau menandai masa kadaluarsa makeup milikmu sendiri. Berikut beberapa tanda kadaluarsa setiap jenis produk yang perlu kamu ketahui.

1. Maskara

Sumber foto: muimiu
Tabung maskara ternyata menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Jika kamu telah mencium bau aneh dan tektur yang berubah dari maskara, inilah saatnya kamu membuang maskara kesayangan. Gantilah maskara setiap 3-4 bulan sekali. Hal ini untuk menghindari bakteri berkembang dan membuat mata infeksi. Tampil cantik dengan mata merah akibat infeksi? It’s not a big deal!

2. Lipstik

Sumber foto: devinanggraeni
Jika kamu berkata sangat mudah mengenali lipstik yang kadaluarsa, kamu harus menarik kata-katamu kembali. Formula dan tekstur lipstik yang terus berkembang mulai dari glossy, semi-matte hingga matte membuat masa kadaluarsa lipstik sulit diketahui. Umumnya lipstik bisa bertahan hingga 2 tahun dan akan berubah tekstur jika sudah terlalu tua. Kamu harus benar-benar memperhatikan tekstur dan bau lipstik yang kamu miliki. Berbau basi? Let’s throw it away!

3. Foundation

Sumber foto: ladies_journal
Foundation berbahan dasar air memiliki umur hingga 1 tahun, sedangkan foundation berbasis minyak / krim/ padat dapat bertahan hingga 18 bulan. Kamu bisa dengan mudah mengenalinya saat merasakan perubahan tekstur, warna, dan bau pada foundation tersebut.

4. Concealer

Sumber foto: agustineverdee
Concealer dapat menyembunyikan kekurangan kulitmu tapi tidak dapat menyembunyikan tanda makeup kadaluarsa. Kenali perubahan warna dan tekstur yang terjadi saat concealer-mu sudah terlalu lama digunakan. Biasanya Concealer cair dapat bertahan 1 tahun dan concealer stick berumur lebih lama hingga 2 tahun.

5. Eyeliner

Sumber foto: dytarez
Jangan pernah meremehkan riasan mata. Matamu lebih berharga dari kosmetik terbaik merek apa pun. Saat melihat kemunculan titik putih pada eyeliner pencil, kamu tidak bisa menghilangkannya begitu saja dengan memotong atau meraut kembali. Segera singkirkan eyeliner yang telah kadaluarsa tersebut. Begitu pun dengan eyeliner cair yang kering atau menggumpal, kamu harus segera menyingkirkan dari dalam tas kometik kesayangan!

6. Blush dan Eyeshadow

Sumber foto: deavalance
Kedua produk ini umumnya tersedia dalam bentuk satuan atau palette dengan tekstur powder. Warna abu-abu kusam menjadi tanda bahwa produk ini telah kadaluarsa. Meskipun kedua produk ini memiliki jangka waktu yang panjang atau sekitar 2 tahun, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan saat mengaplikasikan produk ini. Selalu gunakan brush bersih dan cuci tangan sebelum mengaplikasikan makeup, ya, Clozetters!
Tidak mudah melepas makeup kesayangan, tetapi kulit wajahmu lebih berharga dan tidak ternilai. Untuk mencegah kadaluarsa yang terlalu cepat, kamu bisa menyimpan makeup di tempat yang sejuk, kering, tidak lembab, dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Pastikan kemasan dan seluruh bagian peralatan makeup-mu selalu dalam kondisi bersih. Yuk, cek kembali kondisi makeup-mu sekarang!
Sumber Foto: bebelicious