Fashion

Dewi Fashion Knights 2018 : The Knights Are Revealed

by Annisa Muthiah on 06 Oct, 2018
Community Executive

Tahun ini, Dewi Fashion Knights (DFK) 2018 yang digagas oleh Dewi Magazine akan kembali menutup rangkaian Jakarta Fashion Week 2019. Pertunjukan yang akan diadakan tanggal 26 Oktober di Fashion Tent Senayan City ini mengusung tema “Heroes”.

“Tema Heroes dipilih karena di dalam kondisi dunia yang cukup bergejolak, mungkin dibutuhkan sosok ‘pahlawan’ yang bisa membuat dunia terasa lebih layak dan agar kita tidak kehilangan harapan dalam hal kemanusiaan,”  ujar Margaretha Untoro, Editor in Chief Dewi Magazine.

Empat Kesatria DFK 2018

Dewi Fashion Knights tahun ini terbilang cukup unik, karena akan menampilkan empat kesatria dengan gaya dan karakter yang sangat berbeda satu sama lain. Para kesatria tersebut ialah Sejauh Mata Memandang, Byo, Sean Sheila, dan Rinaldy A. Yunardi.

 

Kesatria pertama, Sejauh Mata Memandang, terpilih karena konsistensinya melestarikan wastra Indonesia. Ketika bicara tentang siapa heroes-nya, Chitra Subyakto, sosok dibalik Sejauh Mata Memandang, menyatakan bahwa para pengrajin kainlah yang menjadi pahlawan baginya. Oleh karena itu, ia ingin mempersembahkan karyanya untuk tanah air melalui cerita, cinta, dan kain.

 

Kesatria kedua, Byo yang digagas oleh Tommy Ambiyo Tedji, mewakili kaum muda yang tak henti berinovasi dalam teknologi dan seni. Koleksi yang akan ditampilkan Byo nanti merepresentasikan corak khas Sumatra, yang juga menjadi koleksi paling kompleks dari yang pernah ia kerjakan sebelumnya.

 

Sean Sheila yang lahir dari Sheila Agatha dan Sean Loh merupakan label yang sudah diakui di kancah internasional. Koleksi yang akan ditampilkan merupakan kritik mereka terhadap lingkungan, serta ekspresi ironi dari limbah anorganik yang ditinggalkan oleh manusia. Semua akan dibalut secara abstract, unusual, dan emotional.

 

Rinaldy A. Yunardi. Nama kesatria DFK 2018 yang terakhir ini pasti sudah tak asing lagi di telinga Clozetters. Desainer senior ini telah mengharumkan nama Indonesia melalui karya-karyanya yang kerap dikenakan para artis Hollywood dalam berbagai kesempatan. Melalui panggung DFK nanti, Rinaldy ingin mengungkapkan isi hatinya melalui 15 karya bertajuk “human faces”.

 

Dengan terpilihnya empat kesatria DFK ini, para panelis berharap interpretasi sosok heroes akan lebih beragam, dan DFK menjadi suguhan yang paling ditunggu di Jakarta Fashion Week 2019.