Lifestyle

Semangat Emansipasi di Kartini Cup, Turnamen Cricket Putri untuk Atlet Muda

by Annisa Muthia on 23 Apr, 2024
Sr. Content Executive

Tahun ini, gelaran olahraga Kartini Cup kembali hadir tanggal 20-29 April 2024. Merupakan turnamen cricket putri, ajang ini bertepatan dengan momen Hari Kartini sebagai penghormatan kepada pahlawan emansipasi perempuan Indonesia, Raden Ajeng Kartini.

 

Tak ketinggalan, brand skincare NEUTROGENA® Indonesia turut mendukung para atlet muda yang bertanding dalam perayaan olahraga ini. Dengan mendukung turnamen Kartini Cup 2024, NEUTROGENA® Indonesia berharap dapat membantu menghadirkan wadah bagi para wanita muda di Indonesia untuk menembus batasan sosial, mengasah kemampuan leadership dan team work, serta membangun kepercayaan diri, baik di dalam maupun diluar lapangan cricket,” tutur Zaskia P. Setiyasari, Skin Health Lead Kenvue Indonesia.

 

Cricket Putri Indonesia Peringkat 20 Besar Dunia

 

Tau nggak, Clozetters, Piala Dunia Cricket Wanita pertama diadakan di Inggris pada 1973, bahkan dua tahun lebih awal sebelum Piala Dunia Cricket Pria. Hal ini menjadi momen penting dalam sejarah cricket, di mana kontribusi atlet wanita mendapat pengakuan di kancah internasional.

 

Di Indonesia, cricket dibawa oleh Belanda pada abad ke-19. Olahraga ini dimainkan komunitas Eropa di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta (Batavia), Surabaya, dan Bandung. Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, minat terhadap cricket di kalangan remaja putri di Indonesia meningkat, terlihat dari eksistensi beberapa klub cricket yang mulai aktif dalam mengadakan program-program untuk merekrut dan melatih atlet cricket putri. Saat ini, Tim Nasional Putri Indonesia berhasil meraih medali emas di SEA Games 2023 dan bermain di Piala Dunia Putri U-19 2023, membawa Indonesia ke peringkat 20 besar dunia.

 

Ketua Umum Persatuan Cricket Indonesia (PCI), Abhiram Singh Yadav“Penyelenggaraan turnamen tingkat nasional seperti Kartini Cup ini merupakan bagian dari perjuangan membawa tim cricket putri Indonesia dalam mengembangkan kemampuan sekaligus menunjukkan kekuatan mereka. Perjalanan para atlet cricket putri untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional yang inspiratif ini dapat membuka pintu bagi generasi penerus untuk berani bermimpi dan mencapai lebih. Bukan tidak mungkin, jika suatu hari nanti, Indonesia melahirkan sosok legendaris seperti Rachael Heyhoe-Flint ataupun Mithali Raj.”

 Dengan menggelar turnamen ini, PCI bersama dengan Kenvue (point of view baru tentang pemberdayaan, ketahanan, dan keunggulan di kalangan perempuan muda di Indonesia. Yuk, kita dukung dan rayakan perjalanan para atlet inspiratif ini!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty