CoolJapan

Petualangan Ramen: Dari Hokkaido, Hingga Okinawa!

by Farabi Prana Athallah on 29 Apr, 2024
Content Executive

Sumber: Thrillist.com

Siapa sih yang nggak suka ramen? Kalo ditanya soal makanan ikonik Jepang, ramen pasti ada di daftar teratas kamu, kan? Tapi, seperti Indonesia yang punya makanan khas dari tiap daerahnya, di Jepang juga ada beragam ramen yang bikin kamu pengen nyobain satu per satu, lho!

Hokkaido

Sumber: Travel.gaijinpot.com

Sapporo Miso Ramen

Bayangin suasana di Sapporo yang dingin banget, dan kamu duduk manja di depan mangkuk ramen miso dengan kaldu lezat dari pasta kedelai dan jahe, terus topping-nya ada daging chashu yang meleleh di mulut, pastinya bikin nagih! Jangan lupa tambahin jagung manis plus krim mentega, biar ala warga lokal gitu!

Sumber: Takas-kitchen-jp.com

Hakodate Ramen

Ramen Hakodate punya pesona unik yang bikin lidah kamu bergoyang! Bayangin aja, setiap tegukan kaldu itu kayak petualangan rasa yang gabungin kelezatan ayam, pork, dan seafood. Yummy banget!

Sumber: Gltjp.com

Fukuoka

Sumber: Japancheapo.com

Hakata Tonkotsu Ramen

Kalo kamu lagi mampir ke Hakata, wajib cobain ramen tonkotsu yang jadi legenda di sana. Kaldu susu dari pork bone dengan topping roasted pork dan bawang putih bakal bikin kamu nagih! Jangan lupa juga pesan kaedama atau porsi tambahan, karena satu nggak bakal cukup!

Sumber: Japan-product.com

Kitakata Ramen

Dengan kaldu shoyu yang kental, ramen Kitakata jadi ramen yang sederhana namun memikat. Ramen ini adalah definisi dari cita rasa otentik Jepang.

Sumber: Foodinjapan.org

Kurume Ramen

Sebagai pendahulu ramen tonkotsu Hakata, ramen Kurume seperti nenek moyang yang kekayaan rasanya nggak bisa diungguli. Aroma pork yang kental dan mie yang sempurna, bakal bikin kamu ketagihan!

Sumber: Ana.co.jp

Wakayama

Sumber: Kanpai-japan.com

Wakayama Ramen

Di Wakayama, ramen adalah bintang utama. Bayangin, kaldu shoyu yang kaya banget disandingin sama pork fat yang di let-it-hang di atasnya. Bikin sensasi rasa yang bakal nempel lama di lidah!

Sumber: Photo-ac.com

Hiroshima

Sumber: Travel.gaijinpot.com

Onomichi Ramen

Dengan bahan segar dari laut Seto Inland, ramen Onomichi seperti pesta bagi lidah! Kaldu shoyu yang disandingkan dengan pork fat, memberikan sentuhan khas yang bakal bikin kamu pengen lagi dan lagi!

Sumber: Chushikokuandtokyo.org

Aichi

Sumber: Travel.gaijinpot.com

Nagoya “Taiwan” Ramen

Meskipun namanya "Taiwan”, ramen ini sebenarnya adalah hasil kreasi koki Taiwan dari Nagoya, yang terinspirasi dari mie danzai khas Taiwan. Mie ramen ini direndam dalam kaldu shoyu yang nikmat dengan topping minced pork pedas plus nira (kucai). Bikin ngiler nggak sih?

Sumber: Nagoya-info.jp

Kagoshima

Sumber: Travel.gaijinpot.com

Kagoshima Ramen

Jauh dari kuah tonkotsu yang berat, ramen Kagoshima seperti menu makan siang yang bikin hati senang, tapi nggak bikin perut kamu terbebani. Kaldu yang disulap dari bahan-bahan spesial bikin rasanya juara banget!

Sumber: Kagoshima-yokanavi.jp

Nagasaki

Sumber: Japantravel.com

Nagasaki Champon

Meskipun secara teknis nggak seperti ramen pada umumnya, tapi kamu wajib cobain champon Nagasaki! Ini mie yang direbus langsung dalam sup, dicampur sama daging, sayur, dan seafood. Jadi rasanya bener-bener kaya!

Sumber: Wikipedia.org

Okinawa

Sumber: Japantravel.com

Okinawa Soba

Di ujung barat daya Jepang, soba Okinawa adalah ciri khas dari pulau-pulau Ryuku. Mienya yang mirip dengan udon, disajikan dalam pork broth dengan serpihan ikan bonito, dan rumput laut adalah sajian yang tak boleh dilewatkan!

Sumber: Aeon-ryukyu.jp

Phew, itu dia petualangan seru kita melalui dunia ramen Jepang yang menggugah selera! Sudah siap untuk mencicipi semuanya? Keep slurping, Clozetters!