Fashion

Hadir Dengan Konsep Berbeda, MUFFEST+ Berikan Pengalaman Baru

by Viena Rissanty on 20 Apr, 2022
Community Executive

Memasuki masa transisi endemi tentunya semua sektor industri berusaha bangkit kembali termasuk dalam dunia fesyen muslim Indonesia. Seperti yang telah diketahui, bahwa Pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia, sehingga tuntutan untuk menciptakan tren dan gaya berpakaian muslim sangat tinggi. Telah mendukung tampilan muslim sejak 2015, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) akan kembali diselenggarakan pada tanggal 21-23 April 2022 di Grand Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta.
Acara yang dipersembahkan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dengan dukungan Kinarya Cipta Kreasi, MUFFEST pada tahun ini menambahkan namanya menjadi MUFFEST+. Tak hanya mengedepankan fesyen muslim, MUFFEST+ memasukan lifestyle melalui tema “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle”. Hal ini tentunya bisa menjadi tolak ukur bagi Pemerintah untuk perkembangan gaya hidup muslim di tanah air.
“Di tahun ini, MUFFEST+ sudah menjadi bagian penting dari perkembangan busana muslim dan sudah menjadi lifestyle. Busana muslim sudah menjadi tren tidak hanya pelaku industri fesyen tapi juga masyarakat Indonesia. Di MUFFEST+ ini bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk meraih mimpi yang sudah hampir menjadi kenyataan. Secara tidak langsung, kita sudah menjadi sumber insipirasi bagi dunia. Tidak hanya itu, MUFFEST+ kali ini juga dilaksanakan di tempat prestise yang menunjukkan bahwa kegiatan tahun ini sudah naik kelas” ujar Lisa Fitria, Vice Chairman of Indonesian Fashion Chamber (IFC).
Lalu, apa aja sih yang bisa kamu temukan dengan mengikuti MUFFEST+ pada tahun ini?
Kamu bisa temukan fashion show yang menampilkan karya lebih dari 100 desainer dan trade-expo dengan partisipasi lebih dari 200 peserta/jenama fesyen muslim. MUFFEST+ menampilkan beragam koleksi dengan tema konvensional, kontemporer dan syar’I melalui karya desainer ternama, antara lain Deden Siswanto, Jenna Kaia, Lace by Artkea, Wignyo, Dear Dein X Atas Bawah by Dinda Hauw & Rey Mbayang, Anggia Handmade, Nina Nugroho, dan masih banyak lagi.
Jika kamu membutuhkan inspirasi berpakaian dan gaya hidup muslim, kamu bisa mengikuti seminar trend & talkshow yang disediakan. MUFFEST+ 2022 menggandeng 8 spoken person dari kalangan desainer maupun selebriti yang berkiprah di industri fesyen muslim, lo Clozetters. Kamu bisa mendapatkan tips fesyen dan lifestyle dari Dewi Sandra, Dian Pelangi, Dinda Hauw, Irish Bella, Ria Miranda, Itang Yunasz, Khanaan, dan Nycta Gina. Oh ya, kamu juga bisa menemukan koleksi spoken person di trade-expo.
MUFFEST+ pun mendukung hasil karya Anak Bangsa, dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa sekolah tinggi mode untuk turut menampilkan karyanya. Kamu bisa menemukan pakaian fesyen muslim dari Institut Kesenian Jakarta, Telkom University, Universitas Kristen Maranatha, dan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Tak kalah menarik, MUFFEST+ juga mengajak SMK NU Banat Kudus binaan Djarum Foundation dan SMKN3 Blitar untuk mempresentasikan karyanya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik.
Pada acaranya, MUFFEST+ 2022 menggaungkan kampanye “Sarung is my new style” sebagai tema webinar dalam rangkaian kegiatan pra-event. Hal ini memiliki tujuan untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur, bahwa sarung dapat menjadi gaya global. Selain itu MUFFEST+ juga menyelenggarakan seminar tentang “Fashion Trend Forecasting (FTF) 22/23 CoExist”. Seminar ini bertujuan memperkuat pondasi Sumber Daya Manusia dan Research & Development.
Tentuya MUFFEST+ 2022 dapat berjalan dengan adanya dukungan dari berbagai pihak. “Wardah bersyukur dapat mendukung perjalanan MUFFEST selama 7 tahun sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2015 lalu. Tahun ini, Alhamdulillah, Wardah kembali berkomitmen mendukung penyelenggaraan MUFFEST + 2022. Wardah juga akan menyelenggarakan Talkshow #BergerakHidupkanHarapan bersama sosok inspiratif Indonesia. Selanjutnya, pada 23 April, Wardah akan menampilkan fashion show #BeautyMovesYou bersama 3 brand fashion inovatif yaitu Jenna Kaia, Lace by Artkea, dan Benang Jarum Couture,” ungkap Shabrina Salsabila, Head of Wardah Brand Decorative Category.
Bank Syariah Indonesia juga berharap dapat terus memfasilitasi para muslimpreneur untuk menjadi bagian halal lifestyle. Vita Andrianty selaku SVP Funding, Hajj & Umra Group juga menyampaikan dengan hadirnya Bank Syariah Indonesia diharapkan mampu menjadi mitra strategis untuk pengembangan ekosistem halal, salah satunya segmen industri halal fashion, sehingga dapat maju dan berkembang. BliBli.com sebagai Exclusive E-Commerce & Online Ticketing Partner juga turut menyampiakan rasa bangganya dengan kembali bekerja sama dengan MUFFEST+ 2022.
“Blibli sebagai omnichannel commerce platform terdepan akan menyediakan solusi omnichannel terintegrasi untuk memudahkan semua mitra seller pendukung acara ini serta pelanggan untuk mendapatkan produk-produk yang yang dihadirkan pada MUFFEST+ 2022. Pagelaran ini juga dapat diakses secara eksklusif di platform Blibli pada 18–30 April 2022 dengan berbagai promo menarik”, ujar Ratih Arsanti, VP Fashion Muslim & Hasanah Blibli.
MUFFEST+ 2022 juga turut mendapat dukungan dari Asia Pacific Rayon (APR) dan Gistex. Acara ini didukung pula oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Kementerian Perdagangan RI, Bank Indonesia, Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta; BBPVP Semarang-Kementerian Ketenagakerjaan RI; dan Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “Kehadiran MUFFEST+ diharapkan dapat mendukung para pelaku industri fesyen muslim tanah air untuk konsisten menawarkan gaya fesyen muslim Indonesia sebagai suatu lifestyle yang baru dan berhasil menarik perhatian dunia. Dengan begitu akan memperkuat positioning Indonesia di industri fesyen muslim dunia,” harap Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC).
Meski memasuki masa endemi, MUFFEST+ 2022 menjalankan konsep hybrid. Di mana kegiatan diilakukan secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai peraturan Pemerintah, dan secara virtual agar dapat dijangkau oleh masyarakat lebih luas. Kamu juga bisa menyaksikannya secara online atau streaming melalui YouTube Channel: Muslim Fashion Festival dan Instagram Live di akun @muslimfashionfestival.