Fashion

How To Dress If You Have Petite Body

by Ashfia Fuada Ersterina on 26 Jan, 2022
Community Executive

Mencari outfit untuk tubuh mungil atau petite memang cukup tricky ya, Clozetters? Terutama, dalam hal mix and match OOTD setiap hari. Alih-alih terlihat modis, tubuh mungilmu justru jadi rentan terkesan ‘tenggelam’ jika salah menggunakan baju tertentu. 
Bagi kamu yang juga mengalami hal sama, kali ini Clozette Crew Fia telah merangkum beberapa tips yang harus diperhatikan. Agar outfit yang kamu pilih pas untuk tubuh petite dan tentunya menjadikanmu tampil lebih gaya dan semakin percaya diri. Penasaran? Let’s take a look!

Sebelum membahas do’s and don’ts outfit untuk tubuh petite, saya ingin share dua poin penting terlebih dahulu. Pertama, dengan menekankan bagian tubuh tertentu lebih dari yang lain, hal tersebut bisa menyulap penampilanmu jadi lebih jenjang. Yang kedua, kamu juga harus mengenali bentuk tubuhmu. Apakah berbentuk apel, pir, persegi panjang, jam pasir, atau segitiga terbalik? Pasalnya, tubuh petite juga terbagi dalam berbagai bentuk. Jadi, dengan mengetahui bentuk tubuh, hal ini akan membantu keputusanmu dalam memilih outfit. 
Berikut do’s and don’ts outfit untuk tubuh petite: 
Pilih Outfit Dengan Motif Garis Vertikal
Sudah menjadi hal umum bahwa motif garis vertikal bisa membuat penampilan seseorang menjadi lebih jenjang. Terutama bagi kamu yang ingin menyamarkan badanmu yang mungil. Agar lebih stylish, kamu bisa coba memilih atasan bermotif garis vertikal, dan kenakan bersama wide leg pants untuk look yang kasual. 
Kenakan Atasan Turtle Neck 
Tak hanya menjadi fashion item yang tengah hits saat ini, turtle neck juga direkomendasikan untuk kamu si pemilik tubuh mungil. Dengan mengenakan turtle neck, artinya kamu akan memberi ilusi bahwa badanmu lebih jenjang. Selain itu, turtle neck dengan model sweater atau sweatshirt juga bisa menghangatkan tubuh terutama saat musim hujan tiba, lho.

Hindari Oversized Bag
Sering dianggap sepele, tas bermodel oversized atau terlalu besar juga bisa mempengaruhi bentuk tubuhmu menjadi lebih mungil, lho Clozetters. Pasalnya, oversized bag akan menunjukkan rasio tinggi badanmu dengan tas yang kamu bawa. So, jika tidak terlalu penting, kamu cukup membawa barang seperlunya saja dan pilihlah tas berukuran kecil.
Gunakan High-Waist Pants
Last but not least, jika kamu punya celana bermodel high-waist, jangan ragu untuk memakainya, Clozetters! Dengan memakai high waist pants, kaki kamu pun akan terlihat lebih jenjang dan otomatis terkesan lebih tinggi, lho. Pssst, selain high waist pants, kamu juga memilih alternatif lainnya, yakni high waist skirt yang tidak kalah stylish dan dapat dikenakan untuk semua occasion.