Fashion

Identitas Bangsa Indonesia Dalam Boneka Barbie

by Annisa Muthiah on 04 Oct, 2018
Community Executive

Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2018 lalu, Barbie berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection meluncurkan sebuah koleksi limited edition bertajuk Barbie Batik Kirana. Boneka yang identik dengan rambut pirang dan sentuhan warna pink tersebut menjelma menjadi sosok ayu khas Indonesia, dengan rambut hitam panjang dan berbalutkan busana batik. Untuk kolaborasi eksklusif ini, Iwan Tirta Private Collection mendesain dua gaya busana dengan pola batik yang berbeda, yaitu “Kawung Manis” dan “Sawunggaling Latar Kopi Pecah”

“Kain warisan budaya kita memang banyak, namun dibanding kain songket atau tenun, Iwan Tirta Private Collection memilih batik Indonesia yang merupakan identitas Bangsa dan bukan ciri khas dari daerah tertentu,” jelas Widharmika Agung, CEO Iwan Tirta Private Collection, ketika ditanya tentang alasannya memilih kedua pola batik tersebut.

Setiap koleksi Barbie Batik Kirana dibanderol dengan harga Rp299.900,00 dan dapat diperoleh di department store dan e-commerce besar.

Kawung Manis

Dalam koleksi “Kawung Manis”, Barbie ‘didandani’ kasual dengan sleeveless top berwarna putih yang dipadukan dengan rok slit bermotif batik Kawung Manis. Aksesoris berupa kalung, handbag, dan sepasang strapped sandals pun tak luput mempercantik penampilannya.

Sawunggaling Latar Kopi Pecah

Sebaliknya, koleksi “Sawunggaling Latar Kopi Pecah” memperlihatkan penampilan Barbie yang formal dalam balutan strapless gown berpola batik Sawunggaling Latar Kopi Pecah. Untuk melengkapi party look si boneka, tak lupa ditambahkan aksesoris berupa statement earrings, clutch, dan sepasang pointed heels berwarna hitam.

You Can Be a Batik Designer

Bersamaan dengan kampanye You Can Be Anything” yang merupakan komitmen global Barbie untuk memacu anak-anak perempuan mengeksplorasi potensinya tanpa batas, koleksi Barbie Batik Kirana diharapkan dapat menginspirasi generasi selanjutnya untuk menjadi desainer batik.

“Dengan memperkenalkan budaya Indonesia dari usia dini, anak-anak dapat berkreasi dan terinspirasi oleh batik, hingga batik dapat menjadi sesuatu yang hidup di masyarakat. Kelak saya berharap Barbie dapat menjadi brand ambassador batik untuk seluruh anak-anak di dunia,” tutur Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, yang turut meresmikan peluncuran Barbie Batik Kirana.

Selama periode 15-30 November 2018 mendatang, Barbie juga akan mengadakan Barbie Batik Design Contest. Desain yang terpilih akan memenangkan hadiah eksklusif dari Iwan Tirta Private Collecton dan Crayola. Untuk informasi selengkapnya, silahkan klik di sini.