Fashion
Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2018 lalu, Barbie berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection meluncurkan sebuah koleksi limited edition bertajuk Barbie Batik Kirana. Boneka yang identik dengan rambut pirang dan sentuhan warna pink tersebut menjelma menjadi sosok ayu khas Indonesia, dengan rambut hitam panjang dan berbalutkan busana batik. Untuk kolaborasi eksklusif ini, Iwan Tirta Private Collection mendesain dua gaya busana dengan pola batik yang berbeda, yaitu “Kawung Manis” dan “Sawunggaling Latar Kopi Pecah”.
“Kain warisan budaya kita memang banyak, namun dibanding kain songket
atau tenun, Iwan Tirta Private Collection memilih batik Indonesia yang
merupakan identitas Bangsa dan bukan ciri khas dari daerah tertentu,” jelas
Widharmika Agung, CEO Iwan Tirta Private
Collection, ketika ditanya tentang alasannya memilih kedua pola batik
tersebut.
Setiap koleksi Barbie Batik Kirana dibanderol dengan harga Rp299.900,00 dan dapat diperoleh di department store dan e-commerce besar.
Kawung Manis
Dalam koleksi “Kawung Manis”,
Barbie ‘didandani’ kasual dengan sleeveless
top berwarna putih yang dipadukan dengan rok slit bermotif batik Kawung Manis. Aksesoris berupa kalung, handbag, dan sepasang strapped sandals pun tak luput mempercantik
penampilannya.
Sawunggaling Latar Kopi Pecah
Sebaliknya, koleksi “Sawunggaling
Latar Kopi Pecah” memperlihatkan penampilan Barbie yang formal dalam balutan strapless gown berpola batik
Sawunggaling Latar Kopi Pecah. Untuk melengkapi party look si boneka, tak lupa ditambahkan aksesoris berupa statement earrings, clutch, dan sepasang
pointed heels berwarna hitam.
You Can Be a Batik Designer
Bersamaan dengan kampanye “You Can Be Anything” yang merupakan komitmen global Barbie untuk memacu anak-anak perempuan mengeksplorasi potensinya tanpa batas, koleksi Barbie Batik Kirana diharapkan dapat menginspirasi generasi selanjutnya untuk menjadi desainer batik.
“Dengan memperkenalkan budaya Indonesia dari usia dini, anak-anak dapat
berkreasi dan terinspirasi oleh batik, hingga batik dapat menjadi sesuatu yang
hidup di masyarakat. Kelak saya berharap Barbie dapat menjadi brand ambassador
batik untuk seluruh anak-anak di dunia,” tutur Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, yang turut meresmikan
peluncuran Barbie Batik Kirana.
Selama periode 15-30 November
2018 mendatang, Barbie juga akan mengadakan Barbie
Batik Design Contest. Desain yang terpilih akan memenangkan hadiah eksklusif
dari Iwan Tirta Private Collecton dan Crayola. Untuk informasi selengkapnya,
silahkan klik di sini.