Fashion

Inspirasi Outfit Gender-Neutral yang Stylish dan Nyaman

by Annisa Muthia on 24 Aug, 2022
Sr. Community Executive

Sumber foto: Alessandro Georgie (Instagram: @alegeor)

Fashion merupakan salah satu cara mengekspresikan diri dan kreativitas penggunanya. Namun, stereotip yang ada kerap mengaitkan suatu gaya atau warna dengan gender tertentu. Seperti warna cerah atau motif bunga-bunga yang identik dengan perempuan, atau potongan yang sleek dan siluet kaku yang identik dengan laki-laki. Beruntung, beberapa tahun belakangan muncul istilah ‘genderless’ atau ‘gender-neutral’, term yang mengacu pada desain pakaian yang bisa digunakan oleh siapa pun, bentuk tubuh apa pun, serta menegaskan bahwa fashion tidaklah bias dan tak mengotak-ngotakkan antara maskulin dengan feminin.

 

Jika Clozetters, terutama kamu yang laki-laki, tertarik mengadaptasi konsep gender-neutral ini, Clozette telah merangkum beberapa styling inspirations dari brand dalam dan luar negeri, serta para public figure tanah air. Tak perlu takut berekspresi, maskulinitasmu tak hilang hanya karena menggunakan warna-warna cerah, Clozetters!

Bermain dengan Aksen Lipit 

Fashion brand asal Jepang Sacai baru saja merilis koleksi Men’s 2023 Spring/Summer-nya. Meliputi deretan kemeja, coat, jaket, dan yang paling unik, set blazer dengan celana pendek beraksen lipit. Hadirnya aksen tersebut memberi kesan berbeda pada tampilan blazer yang biasanya erat dengan nuansa formal. Tertarik mencoba? 

Cerah dengan Warna Pink 

Musisi tanah air Adrian Khalif menggunakan blazer dan celana panjang berwarna pink untuk music video lagu ‘I’m So Pretty’ yang rilis Bulan Februari 2022 lalu. Berkolaborasi dengan MORAL dan Intel Indonesia, lagu ini bercerita tentang self love dan rasa bangga menjadi diri sendiri. 

Tampil Seru dengan Tas Ikonis 

Tinggalkan sejenak ransel dan tote bag kamu untuk tampil lebih playful dengan shoulder bag! Alessandro Georgie yang dikenal dengan eclectic style-nya berhasil memadankan tas ikonis Balenciaga Le Cagole dengan vest, t-shirt, dan celana pendek untuk tampilan yang santai, namun tetap unik berkat pemilihan loafers bergaya klasik sebagai alas kaki. 

Padu Padan Blazer dengan Celana Santai 

Dalam salah satu koleksi Men’s Spring/Summer 2022-nya, Junya Watanabe menampilkan padu padan serba hitam yang penuh gaya. Blazer hitam yang terkesan formal dikombinasikan dengan item-item yang identik dengan gaya santai, seperti straw hat, sarong pants, dan sepasang sandal berwarna senada. Effortlessly stylish! 

Laces Are Not Ladies-Only

Jika mulai bosan menggunakan t-shirt dan jeans ketika liburan musim panas, kamu bisa pilih fashion item lain yang terkesan rileks namun tetap unik sebagai fashion statement. Laces shirt seperti yang dirilis brand lokal Toko Didiyo ini salah satunya. Cutting oversize membuat kemeja santai ini cocok dikenakan siapa pun dan mungkin kamu salah satunya!