Fashion

Intip Kemeriahan MUFFEST+ 2022

by Viena Rissanty on 27 Apr, 2022
Community Executive

Muslim Fashion Festival+ (MUFFEST+) 2022 yang dipersembahkan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan didukung Kinarya Cipta Kreasi sebagai organizer telah sukses diselenggarakan pada tanggal 21-23 April 2022. Acara diresmikan oleh Teten Masduki, Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia yang menyatakan MUFFEST+ ditargetkan menjadi event skala internasional untuk mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia.
Ada pun apresiasi yang disampaikan oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui video. “Dalam hal ini, sektor industri fesyen punya peran yang krusial dalam mengatasi isu lingkungan dan mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan. Akhir-akhir ini kita banyak mendengar gerakan slow fashion yang mengedepankan keberlangsungan hidup dan pemanfaatan bahan-bahan ramah lingkungan untuk menghasilkan produk fesyen. Kami sangat mengapresiasi perhelatan MUFFEST+ atas upayanya mendorong sustainable fashion”, tutur Nadiem Makarim.
Pada Opening Ceremony, MUFFEST+ 2022 menampilkan karya para pemenang Modest Young Designer Competition (MYDC) yang merupakan ajang kompetisi inisiasi oleh IFC. Terdapat karya Dyah Ayu Wulansari, Ray Anjas Maulana, Taufik Hidayat, Eugene Kharisma, dan masih banyak lagi yang merupakan pemenang MYDC dari tahun 2017 hingga 2021. Opening Ceremony pun dilanjutkan dengan parade karya desainer ternama seperti Deden Siswanto, Rosie Rahmadi, Sulika, dan masih banyak lagi. Seminar Trend Forecasting 23/24 juga turut diselenggarakan dengan tema “Co-Exist” yang didukung oleh Kemendikbudristek RI. Selain memiliki tujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, seminar ini juga mepresentasikan koleksi hasil eksplorasi gaya berpakaian sarung, sesuai kampanye yang digaungkan, Sarung is My New Style.
Tak kalah menarik dengan hari sebelumnya, pada tanggal 22 April 2022 MUFFEST+ memberikan panggung kepada siswa dan alumni institusi pendidikan atau pelatihan mode. Berikut nama-nama yang diberikan kesempatan untuk menunjukan karyanya, Zelmira SMK NU Banat Kudus, SMKN 3 Blitar, Balai Besar Pengembangan Vokasi dan Produktivitas Semarang yang didukung oleh Kementerian Ketenenagakerjaan Republik Indonesia (BBPVP Semarang), Telkom University, dan Universitas Kristen Maranatha. Sejalan dengan konsep sustainable fashion, pada hari kedua MUFFEST+ mengadakan parade karya fashion desainer lokal dengan menggunakan material bahan tradisional dan ramah lingkungan. Desainer berbakat yang turut mewarnai MUFFEST+ dengan konsep sustainable fashion adalah Puan Indonesia, Nina Batik Indramayu X Febby Antique, Lase-Armoire by Yurita Puji, Haitwo by Temmi Wahyuni, dan masih banyak lagi.
Terdapat tujuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) mempersembahkan fashion show yang menampilkan kolaborasi antara perajin kain daerah dan desainer daerah maupun nasional. Salah satunya Dekranasda Kota Malang yang mendukung desainer asal daerah setempat yaitu Alfatir Muhammad X Dian Likos. Berjudul VROUW yang terinspirasi dari Kajoetangan Heritage Alfatir Muhammad X Dian Likos memiliki konsep gaya berpakaian wanita Belanda pada jaman dahulu sehingga koleksi ini begitu unik. Pilihan warna Veri Pery menjadikan daya tarik yang merupakan tren warna tahun ini.
Sedangkan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon X Wignyo mengangkat batik Ciwaringin bertema “Geolasem”. Batik Ciwaringin sendiri merupakan batik ramah lingkungan dengan pewarna alam yang berasal dari tumbuhan, seperti akar, kayu, daun, bunga, dan buah. Memiliki ciri khas motif geometris dan juga flora, Wignyo menampilkan konsep two piece denga gaya kasual. Terdapat blouse lengan panjang, crop top, celana panjang highwaist, kulot, rok panjang, dan celana panjang. Menyempurnakannya dengan teknik lilit pada bagian rok dengan Obi bagian pinggang ini terkesan begitu kekinian.
GISTEX sebagai perusahaan tekstil berkolaborasi dengan brand Benang Jarum dan Kami untuk memperkuat ekosistem fesyen muslim di Indonesia. Mengangkat tema Sense of Serenity, Benang Jarum meluncurkan koleksinya yang didominasi oleh motif floral yang klasik dan elegan dengan sentuhan motif geometri yang timeless. Kamu bisa menggunakan koleksi Raya 2022 dari Benang Jarum bersama keluargamu karena tersedia untuk perempuan, laki-laki, dan anak-anak. Koleksi ini dibanderol mulai dari Rp425.000 hingga Rp1.175.000,-.
Pada hari terakhir, Direktur Kinarya Cipta Kreasi, Windu Wijaya membagikan kabar bahagianya bahwa pada saat itu total pengunjung MUFFEST 2022 telah mencapai 29.200 dengan prediksi terus bertambah. Begitu juga pernyataan Ali Charisma pada panggung penutupan MUFFEST+ 2022 yang mengatakan acara ini berjalan dengan sukses berkat dukungan berbagai pihak. Ucapan selamat pun turut dilontarkan Mendag Muhammad Lutfi yang berharap nantinya MUFFEST+ bisa menjadi batu loncatan menuju ajang Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW).
“Upaya ini harus didukung penunjang lainnya seperti akademisi untuk mendukung ekosistem dengan pendidikan karena untuk mencapai kiblat fesyen dunia tidak boleh terpaku dengan selera Indonesia, tapi juga harus universal. Diharapkan sebelum 2024 kerja sama dalam mewujudkan ekosistem tersebut dapat berjalan dalam kebersamaan Indonesia yang kuat”, ujar Mendag Lutfi.
Sebelum ditutupnya acara keseruan acara MUFFEST 2022, terdapat rangkaian Fashion Parade dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Setara by Irish Bella & Ammar Zoni, dan Rose.Ma.Lina X Sofie. Adapun brand kenamaan WARDAH yang turut menghadirkan koleksi dari tiga brand yaitu Benang Jarum Couture, Jenna & Kaia, dan Lace by Artkea di panggung MUFFEST+ 2022 pada hari terakhir.
Sebagai talkshow terakhir, terdapat BLIBLI Talkshow bertema "Trend Fashion Muslim Bersama Brand Zaskia Mecca". Talkshow bertajuk “Meraih Mimpi Bersama SMK” oleh Kemendikbudristek. “Muslim Millenials: Fashion VS Budget” yang menghadirkan narasumber Yuswohady, konsultan pemasaran. 
Wah, seru sekali ya Clozetters. Tak hanya dapat menikmati pakaian karya desainer berbakat Indonesia, para pengunjung juga bisa melengkapi kebutuhan tampilan Hari Raya dan juga mendapatkan pengetahuan baru di MUFFEST+ 2022. Pastikan kamu tidak tertinggal di acara MUFFEST selanjutanya.