Fashion

Keagungan Arsitektur Era Renaissance Dalam Busana Ready-to-Wear

by on 24 Mar, 2015

Saat nonton film berlatar kerajaan Eropa era Renaissance, tak jarang salah satu yang menjadi perhatian cewek adalah kostum-kostum indah nan mewahnya. Sayangnya, karena megahnya gaun era Renaissance yang bertumpuk-tumpuk itu, jadi membuat kita berpikir untuk kesulitan dalam memakainya. 

Nah, inilah kelebihan koleksi SEBASTIANred! Lini ready-to-wear dari desainer Sebastian Gunawan berhasil menerjemahkan keinginan penggemar kemewahan gaun era Renaissance, ke dalam koleksi busana spring/summer kali ini.

Pada pembukaan "Plaza Indonesia Fashion Week Spring/Summer 2015" yang digelar di Function Hall Plaza Indonesia Level 2, 23 Maret 2015, SEBASTIANred menampilkan 40 koleksi terbaru SEBASTIANred yang dirancangnya khusus untuk merayakan 25 tahun perjalanan Plaza Indonesia. Sebastian Gunawan memang merupakan satu di antara deretan nama besar di dunia fashion Indonesia yang tumbuh dan besar bersama Plaza Indonesia. 

Koleksi khusus SEBASTIANred Spring/Summer 2015 ini bertema 'La Basilica', yang terinspirasi dari keagungan arsitektur era Renaissance. Kemewahan La Basilica tercermin dalam siluet yang elegan dan feminin yang menguatkan karakter yang berbeda dan tegas dari wanita era modern.

Kemewahan detil arsitektur yang artistik telah diubah menjadi fashion melalui hiasan kristal dan benang emas bordir klasik di atas bahan jacquard, brokat, serta taffeta yang rapi dan mewah. Sementara itu, pola bunga mekar yang melambangkan keindahan alam, diaplikasikan melalui paduan warna indah: hitam, merah, indigo, dan oranye, yang mendefinisikan karakter wanita modern yang cerdas dan anggun. 

Selama ini Sebastian Gunawan memang dikenal dengan koleksinya yang menggunakan ornamen Eropa dan China. Dalam sesi tanya jawab dengan para jurnalis, ia menjelaskan bahwa pilihan ornamen ini sengaja disesuaikan agar lebih mudah diterima oleh 'taste' yang lebih luas, tidak hanya untuk lokal, tetapi juga menyasar pada pelanggan internasional.

Selain SEBASTIANred, akan banyak desainer lokal lainnya yang meramaikan Plaza Indonesia Fashion Week Spring/Summer 2015. Event fashion week yang berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 23-27 Maret 2015 ini memang berbeda dari biasanya. Jika sebelumnya Plaza Indonesia lebih banyak merangkul brand-brand internasional yang menjadi tenant di Plaza Indonesia, tahun ini dijanjikan akan ada lebih banyak partisipasi desainer muda tanah air. Nama-nama seperti Yosafat Dwi Kurniawan, Albert Yanuar, Yosep Sinudarsono, brand Alleira, Bateeq, dan beberapa brand lainnya akan menampilkan rancangan terbarunya di Plaza Indonesia Fashion Week kali ini.