Fashion

Online Shopping For Preloved Designer Bags: Dos & Don’ts

by Annisa Muthia on 12 Jun, 2022
Sr. Community Executive

Sumber foto: Clozette Ambassador Silviamuryadi

Thanks to Internet, banyak hal yang bisa kita lakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Salah satunya ialah berbelanja kapanpun dan dari manapun. Tak perlu menghabiskan waktu di jalan, barang yang kamu pesan tiba-tiba sudah sampai di depan pintu. Hal ini memungkinkan kita untuk memesan produk favorit sebagai ‘self-reward’ tanpa harus mengorbankan produktivitas atau quality-time bersama keluarga tercinta.

 

Akan tetapi, kamu tentu setuju bahwa beberapa barang cukup tricky jika dibeli secara daring. Terutama produk fesyen dengan harga yang terbilang tinggi seperti tas desainer. Meskipun pilihan tas dari brand lokal sudah amat beragam, tas desainer juga memiliki pesona dan ciri khas tersendiri yang sulit untuk dilewatkan. Tak hanya itu, material yang digunakan juga terbukti berkualitas, bahkan awet hingga puluhan tahun lamanya. Oleh karena itu, selain sebagai pelengkap penampilan, tas desainer juga disebut-sebut sebagai investasi karena nilai jualnya yang masih tinggi bahkan setelah bertahun-tahun dibeli.

 

Bicara tentang designer bag, tentu ada satu imej yang tak bisa dilepaskan, yakni harganya yang cukup tinggi. Untuk menyiasatinya, Clozetters bisa melirik tas incaran yang dijual kembali oleh pemiliknya, atau biasa kita sebut ‘preloved’. Mungkin sebagian dari kamu khawatir akan kualitas barang preloved, mulai dari kondisi hingga proses autentikasi yang butuh ketelitian tinggi. Nah, kali ini Clozette ingin berbagi tentang Dos & Don’ts yang perlu kamu perhatikan sebelum berbelanja tas desainer secara online. Simak selengkapnya melalui ulasan berikut, ya!

Do:

 

Pastikan Membeli dari Penjual Terpercaya

Instagram merupakan salah satu destinasi untuk online shopping tas-tas preloved. Sebelum membeli, pastikan Clozetters melihat kolom komentar dari postingan penjual. Jika kolom dibuka dan banyak komentar dari akun sungguhan, bisa dipastikan seller tersebut tidak menipu. Akan tetapi, jika kolom dibatasi dan banyak komentar yang bersifat spam, saatnya kamu beralih ke seller lain.

 

Selain Instagram, Clozetters juga bisa melihat-lihat destinasi berbelanja lain seperti Carousell, Tinkerlust, Banananina, dan masih banyak lagi. Saya pribadi lebih memilih Instagram dan Carousell karena memungkinkan untuk chat dengan seller guna mendapatkan harga terbaik, atau bahkan meminta jaminan jika produk yang dijual terbukti palsu.

 

 

Minta Detail Tas yang Kamu Inginkan

Hal yang tak kalah penting ialah memeriksa detail tas secara menyeluruh. Tak hanya untuk memeriksa defect yang ada, Clozetters juga bisa mengkonfirmasi keaslian produk yang dijual. Beberapa tas desainer juga dilengkapi ciri khas tertentu, seperti material yang digunakan, care card, dustbag, detail pada hardware dan label, hingga merk zipper. Misalnya, Balenciaga kerap menggunakan zipper dari merk Lampo, atau Prada yang erat dengan zipper ber-merk Riri.

 

Eits, tak hanya sampai di situ, Clozetters. Kamu juga perlu membandingkan detail tas tersebut melalui video-video review yang dibagikan di Youtube. Again, thanks to Internet, kita bisa belajar banyak hal, termasuk cara autentikasi sebuah produk.

 

 

Transaksi Melalui E-Commerce atau Rekening Bersama

Agar kamu dan seller sama-sama nyaman, transaksi melalui e-commerce dan rekening bersama amat disarankan. Jika seller menolak tanpa alasan jelas, kamu bisa move on ke penjual lainnya. Meskipun belum tentu menemukan produk yang sama, setidaknya kamu bisa terhindar dari kemungkinan penipuan.

Don’t:

Berekspektasi Terlalu Tinggi

Clozetters tentu memahami bahwa kebanyakan barang preloved sudah digunakan oleh pemilik sebelumnya. Oleh karena itu, barang yang kamu dapatkan pasti memiliki beberapa kekurangan, seperti kikis-kikis pada sudut, noda pada bagian dalam atau luar, hingga bekas pemakaian di bagian-bagian tertentu. So, hindari ekspektasi akan produk yang mulus layaknya baru keluar dari toko, ya!

 

 

Hanya Berpusat Pada Tas Keluaran Terkini

Designer bag yang dirilis baru-baru ini mungkin dibanderol dengan harga yang tak ramah di kantong. Untuk menyiasatinya, Clozetters bisa melirik versi vintage yang cenderung lebih affordable dengan desain yang tentunya timeless. Pilihan tas seperti Fendi Mama dan Fendi Zucca, Louis Vuitton Pochette, Prada Nylon, Balenciaga Motorcycle, dan Celine seri Macadam bisa kamu lirik. Tas-tas tersebut mungkin bisa kamu dapatkan di bawah Rp 5juta, tergantung kondisi dan tahun rilisnya.

Sumber foto: Clozette Ambassador Cellinikamil

 

Bagaimana, Clozetters? Sudah lebih yakin untuk membeli tas desainer preloved secara online? berbelanja tas preloved juga merupakan salah satu langkah untuk menerapkan sustainability fashion, lo. Alih-alih terus mengikuti tren dan memperbanyak koleksi tas, lebih baik menggunakan tas yang memang durable dan masih bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa untuk terus merawat dan menyimpan tas dengan benar setelah membeli, ya. Selamat berbelanja, Clozetters!