Fashion

Optimalkan Potensi Lokal Fashion Muslim Indonesia Untuk Menuju Skala Global

by Cynda Adissa Lianita on 23 Apr, 2018
Community Executive

Sumber foto: MUFFEST2018
Menurut data State of the Global Inslamic Economy 2017/2018, Indonesia menjadi pasar konsumsi modest wear terbesar ke-5 di dunia (dengan nilai 13,5 miliar USD), setelah Turki, Uni Emirat Arab, Nigeria, dan Saudi Arabia. Mengacu pada potensi tersebut, perhelatan Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2018 yang digelar pada tanggal 19-22 April 2018 di area Main Lobby & Plenary Hall, Jakarta Convention Center, kembali mempersembahkan rangkaian kegiatan untuk mendukung para kreator dan pelaku usaha dalam memasarkan ready to wear craft fashion sebagai keunggulan produk fashion muslim Indonesia yang mengoptimalkan kekuatan lokal, secara meluas.
Parade koleksi dari brand serta desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC) membuka rangkaian fashion show pada hari keempat MUFFEST 2018, yaitu Hannie Hananto, eugeneffectes, Rosie Rahmadi, ammalee, Wening's, Line, Luvnic, Avee, Zelmira by SMK Nu Banat, Paradise Batik, DVK Ready to Wear, Rasya Shakira, dan Irna Mutiara. Dilanjutkan dengan fashion show bertema "The Beautiful Journey of Hijrah" persembahan Total Almeera yang menampilkan karya desainer Ivan Gunawan x Jovian, Lisa fitria, Sad Indah, dan Hannie Hananto.
 

Sumber foto: MUFFEST2018
ZOYA mempersembahkan fashion show bertajuk “Asmaradana” yang menampilkan koleksi hasil kolaborasi dengan sejumlah desainer dan figur publik, yakni Fatin Shidqia x ZOYA dengan tema RENGGANIS - Flower Princess, Medina Zein x ZOYA dengan tema CAMPERENIK - Queen of Dreams, Ray Anjas x ZOYA dengan tema HAPA - Balance, Eksanti x ZOYA dengan tema LANA - Timeless Love, serta menghadirkan koleksi signature scarves terbaru dengan tema WENING.
 
 Perhelatan MUFFEST 2018 ditutup dengan parade karya dari brand dan desainer muda yang menawarkan ‘warna’ baru dalam industri fashion di tanah air, yakni Saffana, Inas Nabilla, DREY, dan Andri Suta yang dilanjutkan dengan acara Closing Ceremony MUFFEST 2018.
 

Area exhibition MUFFEST 2018 juga diramaikan lebih dari 400 brand busana muslim, hijab, aksesori dan atribut lainnya yang berupa produk readu to wear fashion. Hal ini juga bertujuan untuk mengangkat potensi keunggulan busana muslim Indonesia ke skala global. Dengan memperkuat konsep retail atau B2C sekaligus mengarah pada B2B, MUFFEST 2018 menyediakan keragaman gaya busana muslim Indonesia, mulai dari gaya syar’i hingga kontemporer untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan selera konsumen di pasar lokal maupun global.
 
Sumber foto: MUFFEST2018