Fashion

Pagelaran Gaun Pengantin, Dedikasi Bramanta Wijaya untuk Mendiang Ibunda

by Annisa Muthia on 24 Dec, 2022
Sr. Community Executive

2022 merupakan tahun yang penuh perubahan untuk banyak orang. Tak terkecuali fashion designer tanah air Bramanta Wijaya. Awal tahun ini, pemilik label Bramanta Wijaya Sposa yang berkecimpung di dunia fashion sejak tahun 2011 ini kehilangan sosok yang menginspirasi perjalanan karier dan berpengaruh dalam hidupnya, yakni sang Ibunda. Momen ini menjadi landasan dari pemikiran bahwa ketika manusia telah tiada, yang ditinggalkan adalah kisah dan kenangan.

 

Berangkat dari pemikiran tersebut, hadirlah sebuah fashion show tunggal dari Bramanta Wijaya bertajuk Cerita Tentang Kita: Dulu, Kini, dan Nanti. Acara ini digelar di The Tribrata Dharmawangsa Jakarya tanggal 20 Desember 2022, bertepatan dengan hari kelahiran sang Ibu, Winny Kumala. Didedikasikan untuk sang Ibu, Bramanta Wijaya mempersembahkan koleksi gaun pengantin sebagai salah satu penyampai cerita kehidupan. Tentang perempuan dengan segala peran dan keputusannya, serta tentang kisah yang telah, sedang, dan akan dilalui – cerita yang akan terkenang selamanya.

 

Masih dengan prinsip yang diusung sejak lama, “Simple But Not Plain, Classic But Not Old”, Bramanta Wijaya menghadirkan koleksi wedding dress dengan ciri khas desain dan detail yang terasa kekal. Dalam mendesain suatu gaun pengantin, ia terinspirasi dari model gaun tahun 1920an hingga 1960an. Tentunya dengan nuansa yang klasik, sederhana, dan menonjolkan pesona dari pengantin yang menggunakannya. Hal ini terlihat dari seluruh koleksi yang ia tampilkan untuk fashion show Cerita Tentang Kita: Dulu, Kini, dan Nanti. Pagelaran yang terbagi atas tiga babak ini menampilkan masing-masing sebelas gaun pengantin berbalut warna natural white yang cantik dan elegan. Angka sebelas sendiri merupakan simbol dari sebelas tahunnya berkarir di industri fashion tanah air.

Diawali dengan Babak Pertama: Dulu, Bramanta Wijaya menampilkan sebelas koleksi yang ia luncurkan sebelas tahun terakhir. Beberapa di antaranya di-redesign dan repurpose menggunakan embroidery, crystal, pearl, beads yang masih bisa digunakan. Bahan-bahan tersebut dirangkai kembali menjadi pakaian baru yang relevan dan tak kalah memesona.

 

Selanjutnya, Babak Kedua: Kini menghadirkan koleksi baru Bramanta Wijaya untuk Spring Summer 2023. Koleksi ini dilengkapi dengan detail menawan seperti pita, ruffles, cape, puffy sleeves, peplum, dan asimetris dalam beragam cutting yang senada dengan musim panas, seperti A-line, mermaid skirt, jumpsuit, juga midi skirt. Semuanya diselaraskan dengan aksen modern cutout dan backless detail yang terkini.

 

Babak Ketiga: Nanti yang merupakan babak terakhir terasa lebih personal. Pada momen ini, Bramanta Wijaya mengajak beberapa teman masa kecil, keluarga, dan klien pengantin pertamanya untuk memeragakan sebelas wedding gown karyanya. Suasana penuh haru menyeruak di akhir babak ini ketika Bramantya menampilkan lagu Monokrom dari Tulus dengan foto-foto sang Ibunda yang silih berganti di layar. Selain penampilan spesial dari desainer multitalenta tersebut, para tamu yang hadir turut disuguhi tarian kontemporer dari Indah Liem.