Fashion

Ragam Representasi “HEROES” Dalam Dewi Fashion Knights 2018

by Annisa Muthia on 30 Oct, 2018
Community Executive

Kembali menutup rangkaian Jakarta Fashion Week, Dewi Fashion Knights (DFK) tahun ini digelar pada tanggal 26 Oktober 2018 di Fashion Tent Senayan City. Selama 11 tahun penyelenggaraannya, DFK telah memiliki banyak alumni desainer terbaik Indonesia seperti Sapto Djojokartiko, Toton, Sebastian Gunawan, Peggy Hartanto, dan lainnya.

Tahun ini, DFK mengangkat tema “HEROES” yang direpresentasikan berbeda dari masing-masing kesatria-nya, yaitu Sejauh Mata Memandang, Byo, Sean Sheila dan Rinaldy A. Yunardi. Klik di sini untuk makna dibalik tema tersebut, dan alasan terpilihnya empat kesatria di atas.

Sejauh Mata Memandang

Diawali dengan video karya Davy Linggar, Sejauh Mata Memandang mengangkat dongeng Timun Mas di panggung DFK 2018. Koleksi yang dinamakan “Musim Rintik 2019” tersebut didominasi warna merah, hitam, dan jingga dalam balutan wastra Indonesia. Melalui koleksi ini, Chitra Subyakto sebagai penggagas Sejauh Mata Memandang ingin masyarakat mengingat kembali dongeng klasik Indonesia dan keberadaan para pengrajin kain yang semakin terlupakan.

BYO

Melalui BYO, Tommy Ambiyo Tedji meluncurkan koleksi “Anatomy” yang merupakan gabungan antara inovasi, teknologi, kreativitas dan seni. Ia menyatakan bahwa dukungan keluarga dan sahabat terdekat merupakan heroes baginya. Pada koleksi ini Tommy menciptakan karya-karya colorful yang merepresentasikan beberapa corak khas Sumatra, tempat ia berasal.

Sean Sheila yang digagas oleh Sheila Agatha dan Sean Loh menggambarkan ekspresi ironi akan limbah anorganik yang ditinggalkan manusia melalui koleksi “Apocalypse in Slow Motion”. Menggunakan material tak biasa seperti plastik dan bubble wrap, Sean Sheila mengkritik sifat konsumerisme manusia yang menyebabkan polusi. Sosok heroes bagi mereka ialah pahlawan lingkungan, seperti fotografer Chris Jordan yang menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli akan lingkungan melalui karya-karyanya.

Rinaldy A. Yunardi

Merupakan nama yang sudah tak asing lagi, Rinaldy A. Yunardi mempersembahkan koleksi “The Faces” dalam DFK 2018. Rinaldy menegaskan bahwa semua manusia merupakan sosok hero dalam cerita hidupnya masing-masing dan bisa bersama-sama menjadi heroes walaupun memiliki karakteristik yang berbeda. 

Melalui empat desainer tersebut, DFK kembali menunjukkan eksistensinya di dunia mode dengan menampilkan suguhan berkualitas yang selalu layak ditunggu oleh para penikmat mode tanah air.