Fashion

Ribuan Sampah Plastik Diubah Menjadi Pameran Dan Instalasi Desain

by Dilla on 23 Apr, 2019
Community Executive

Kurang lebih 65% wilayah negara Indonesia terdiri dari lautan, namun data World Economic Forum (WEF) menyebutkan 400 ribu ton sampah plastik diperkirakan masuk ke perairan Indonesia setiap tahunnya. Terbayang berapa banyak sampah plastik yang mengendap di laut 30 tahun ke depan?
Dari keprihatinan akan kondisi laut Indonesia tersebut, merek fesyen Indonesia, Sejauh Mata Memandang membuat beberapa kampanye untuk mengajak masyarakat Indonesia mengurangi penggunaan alat plastik sekali pakai, salah satunya dengan menyelenggarakan pameran dan instalasi desain bertajuk "Laut Kita".
Berkolaborasi dengan Felix Tjahyadi, ribuan sampah plastik disulap menjadi karya seni yang siap untuk dinikmati oleh pengunjung. Sampah-sampah plastik tersebut merupakan hasil dari kampanye Beach Clean Up Day dan Aksi Rampok Plastik bersama komunitas Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dan Dian Sastrowardoyo. Beberapa sampah lainnya didapat dari pemulung dan diambil sampah impor luar negeri yang masuk ke Surabaya.

Area 2 mempunyai tema "Polusi Plastik" yang menampilkan infografik berisi fakta-fakta tentang sampah plastik dengan latar belakang suara penyanyi Tulus. Di ruangan ini juga akan diadakan program mingguan seperti seminar dan workshop. Di area 3 dengan tema "Instalasi Bawah Laut", menampilkan gambaran kondisi bawah laut jika sampah plastik terus bertambah.

Selanjutnya di area 4, 5, dan 6, pengunjung akan melihat video ajakan dari beberapa pekerja seni untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, diberikan solusi cara meminimalisir limbah plastik sekali pakai dan dapat berfoto serta menuliskan janji untuk menyelamatkan bumi.

Di area ini pengunjung juga dapat menemukan bungkus mi instan edisi ulang tahun Republik Indonesia ke 55 (dirilis tahun 2000) yang ditemukan oleh Finasia Tiara Pradani di Pantai Sendang Biru Malang. Ironisnya sampah kemasan mi instan tersebut masih terlihat kokoh walaupun sudah dibuang sejak 19 tahun yang lalu dan ini menjadi bukti betapa sulitnya sampah plastik untuk bisa terurai.

Pameran dan instalasi desain Laut Kita terbuka untuk publik tanpa biaya masuk mulai tanggal 22 April - 16 Juni 2019 di Plaza Indonesia lantai 2 bagian utara. Di sini pengunjung juga dapat menemukan koleksi terbaru musim panas 2019 dari Sejauh Mata Memandang yang juga mempunyai tema Laut Kita. Koleksi ini menggunakan warna indigo sebagai warna dasar dengan motif garis ombak dan tiga titik putih.

Dituturkan oleh Chitra Subyakto, Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, motif tiga titik terinspirasi dari ritual keagamaan di Bali yang menggunakan tiga butir beras dan motif riak ombak yang menggambarkan lautan. Jadi koleksi ini diharapkan dapat menjadi doa sekaligus aksi nyata untuk berterima kasih kepada bumi.