Fashion

TheXhibit: Kolaborasi Apik Fashion Dan Seni Ala ESMOD Jakarta

by Annisa Muthia on 17 Nov, 2021
Community Executive

Fashion dan seni memang berada di industri yang tak sama. Masing-masing memiliki daya tarik sendiri yang membuat keduanya kaya akan ciri khas yang unik. Akan tetapi, meskipun berada di ranah berbeda, kamu tentu setuju bahwa dua industri ini kerap beririsan dan menjadi sumber inspirasi antara satu dan lainnya. Banyak design dalam industri fashion yang terinspirasi dari genre seni tertentu, dan sebaliknya, para icon fashion juga sering menjadi sumber inspirasi karya seni yang mengagumkan.

 

Kali ini, pioneer pendidikan fashion di tanah air, ESMOD Jakarta, mempertemukan fashion dan seni dalam satu wadah kreatif bertajuk TheXhibit. Sekolah fashion yang telah melahirkan lebih dari 1,600 alumni ini mengajak banyak orang, khususnya anak muda, untuk melihat fashion dengan cara yang berbeda, yakni melalui fashion & art exhibition. Bertempat di Lotte Shopping Avenue, acara yang berlangsung tanggal 12-13 November 2021 ini menyajikan beragam instalasi fashion dan seni yang estetik, memanjakan mata, sekaligus kaya akan inspirasi. Kamu bisa melihat fashion showcase, art installation, mengikuti free workshop, berkunjung ke mini pop-up bazaar yang berisikan kebutuhan fashion, makeup, dan skincare, hingga melihat simulasi studio kerja seorang fashion designer melalui designer atelier room. Menarik, bukan?

Pada konferensi pers yang diadakan tanggal 12 November 2021, Chike Herningtyas, Event & PR Manager ESMOD Jakarta, mengungkapkan bahwa TheXhibit merupakan format berbeda dari creative show, annual event yang sebelumnya diselenggarakan ESMOD Jakarta dalam bentuk pagelaran fashion. Pameran seni kali ini merupakan perwujudan dari jargon yang diusung ESMOD Jakarta: a new way to regard, experience, and feel a fashion presentation.

 

Terdapat 4 tema besar dalam TheXhibit. Di antaranya ialah BOLD, di mana kamu bisa melihat koleksi yang stand out, berani, berbeda, idealis dan terkesan frontal, FREEDOM, yang merupakan bentuk ekspresi penuh warna sebagai representasi kerinduan akan kebebasan selama pandemi COVID-19, EARTH, yang memperlihatkan industri mode yang sustainable dan eco-friendly dengan material ramah lingkungan, serta JOY, yang sarat akan sisi imajinatif dan eksploratif para designer di era digital.

Selain menampilkan serangkaian koleksi dari 80 desainer muda di bidang Women’s Ready-to-Wear, Women’s Luxury Design, Women’s Modern Couture, Men’s Wear, Kid’s Wear, dan Lingerie, ESMOD Jakarta juga menampilkan karya dari 4 influential designer tanah air yang merupakan alumni dari ESMOD Jakarta. Ada Rama Dauhan, Mel Ahyar, Eridani, dan Tangan by Zico Halim & Margaretha Novianty yang memperlihatkan ciri khas design masing-masing. Tak hanya itu, sentuhan seni yang kental terlihat dalam kolaborasi bersama ERUDIO Indonesia dalam bentuk mural, serta karya digital dari seniman Ilham Rambe.

 

Kemeriahan TheXhibit merupakan bagian dari selebrasi 180 tahun ESMOD internasional. Oleh karena itu, penekanan pada nilai-nilai Heritage & History, Savoir Faire & Technique, Education, Eco-Conciousness, Multiculturality & Inclusivity, serta Innovation yang diusung oleh ESMOD internasional amat ditonjolkan pada pameran ini.

 

Bagi kamu yang tak sempat berkunjung ke TheXhibit, tak perlu khawatir, karena rangkaian selebrasi 180 tahun ESMOD masih berlangsung secara offline dan online. Tanggal 15-19 November 2021, kamu masih bisa melihat keseruan lain yang tak kalah menginspirasi. Nantikan info lengkapnya melalui Instagram @esmodjakarta.