Fashion

Wardah Apresiasi Desainer Muda Indonesia

by Viena Rissanty on 29 Oct, 2018
Community Executive

Makeup merupakan salah satu faktor penting dari perkembangan dunia mode untuk melahirkan inovasi dan karya terbaru. Wardah merupakan salah satu brand yang mendukung desainer muda tanah air untuk terus maju. Merupakan tahun kertiga, Wardah kembali menyelenggarakan program Wardah Fashion Award 2018 di Jakarta Fashion Week (JFW). Program yang terdiri dari 2 agenda utama, yaitu apresiasi kepada desainer perempuan Indonesia dan ajang pencarian bakat desainer muda, Wardah Inspiring Young Designer Competition 2018.

 

Program pemberian penghargaan kepada desainer  muda bertujuan untuk mengapresiasikan dedikasi dan komitmen pada desainer muda dalam mengembangkan industri mode tanah air. Pada tahun ini Wardah memberikan apresiasi kepada 2 orang desainer muda, yaitu Stafiani Candarini berserta Nadya Karina dengan label KAMI dan Anandia Putri dengan label I.K.Y.K. Tidak hanya sekedar memilih, Wardah memilki 4 kriteria, yaitu konsisten, kreativitas, pengembangan bisnis, dan dampak terhadap industry modest wear di tanah air. 

Program Wardah Inspiring Young Designer Competition 2018 (WIYDC) merupakah sebuah ajang pencarian desainer muda berbakat di Indonesia melalui kompetisi mode. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan desainer muda menjadi seorang fashionpreneur melalui berbagai program pengembangan, pelatihan, dan mentoring.

 

WIYDC mengusung tema The Unstoppable You yang terinspirasi dari produk Wardah terbaru, Wardah Instaperfect. Kompetisi yang telah dimulai pada bulan September 2018 ini diikuti oleh kurang lebih 280 karya dari berbagai daerah dan sekolah mode terdaftar. Pada tahap semi finalis terpilih 20 peserta untuk mempresentasikan konsep dan desain di hadapan dewan juri. Terus menyaring peserta, WIYDC memilih 12 peserta dalam final untuk berkompetisi menciptakan 2 karya mode yang ditampilkan di panggung Jakarta Fashion Week 2019.

 

Program WIYDC final dilaksakan pada hari Jumat, 26 Oktober 2018 lalu menyuguhkan karya indah dengan keunikan tersendiri dari 12 peserta. Karya yang dipresentasikan terinspirasidari 6 makeup look dan tren makeup The Unstoppable You, yaitu New York, Paris, Dubai, Seoul, Tokyo, dan Jakarta. WIYDC memilih 4 pemenang utama dengan hadiah total uang tunai puluhan juta serta berkesempatan mengikuti fashion trip, menyaksikan langsung fashion week di luar negeri. Adapun dewan juri yang terlibat adalah Barli Asmara, Ria Miranda, Restu Anggraini, Norma Hauri, Dian Pelangi, Khanaan Shalman, dan Petty S Fatimah, dan Pemimpin redaksi Femina.