Lifestyle

Berkunjung Ke Arumdalu Farm: Taman Bunga Matahari Di Serpong

by Cynda Adissa Lianita on 06 Sep, 2018
Community Executive

Taman bunga matahari menjadi objek wisata yang digemari wisatawan sekitar 2 tahun terakhir. Siapa yang tidak tergoda untuk berfoto ditengah kerimbunan bunga cantik berwarna kuning layaknya matahari? Sayangnya beberapa lokasi taman bunga matahari berada di luar kota. Saya pikir saya tidak bisa mencoret salah satu bucket-list saya dalam waktu dekat. Ups... ternyata saya salah. Minggu lalu (Jumat, 31 Agustus 2018) saya dan tim berkunjung ke taman bunga matahari yang berada di wilayah Serpong).
Meski tidak terletak di dalam kota Jakarta, wilayah Serpong ini terhitung masih bisa dijangkau. Taman bunga matahari ini merupakan bagian dari Arumdalu Farm. Tepatnya berada di dalam Scientia Square Park (SSQ), Serpong. Area Scientia Park cukup luas, akan lebih mudah menuju ke Arumdalu Farm melalui Gate 3. Tiket masuk ke Scientia Square Park adalah 25ribu (weekdays) dan 50ribu (weekend).
Noted: 
Pada Jumat, 31 Agustus 2018, bunga matahari telah memasuki minggu ke-3, jadi sudah mulai layu. Untuk penanaman dan mekar kembali akan membutuhkan waktu sekitar 2 bulan. Jadi, jika ingin berkunjung untuk melihat bunga matahari, bisa dilakukan untuk fase mekar berikutnya (Novermber).
Arumdalu Farm merupakan bentuk kolaborasi dari Arumdalu Lab, Arumdalu Resort, dan SSQ Park. Arumdalu Farm berfokus pada edukasi pertanian urban/ pertanian dan ekosistem di tengah kota, pada lahan yang sempit tapi bisa menjadi sarana untuk belajar dan mengenal pertanian.
Tidak hanya taman bunga matahari, saya juga menemukan berbagai macam tanaman lain bisa dipanen. Misalnya, tanaman cabai, selada, bayam hijau, daun kemangi, kacang koro, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga bisa memanen tanaman tersebut, tentunya dikenai biaya sekitar 10ribu untuk 1ikat tanaman yang dipanen.
Arumdalu Farm juga memiliki bangunan yang menghadirkan varian menu makanan sehat yang bahan-bahannya dipanen langsung dari lahan yang ada. Menu yang saya coba, yaitu Magic Blue Pea Tea dan Tempeh Burger. 
1. Magic Blue Pea Tea ( 20ribu + tiket masuk taman bunga matahari)
Teh ini terbuat dari bunga telang, kayu manis, dan cengkeh. Uniknya, jika diberi perasan jeruk nipis, teh ini dapat berubah warna menjadi ungu.
Note: untuk masuk ke taman bunga matahari, kamu harus membayar 20ribu dan akan mendapatkan tiket masuk taman bunga matahari + Magic Blue Pea Tea.
2. Tempeh Burger dan chips (35ribu)
Arumdalu tidak mengklaim menu ini sebagai makanan vegan, melainkan sebagai healthy junkfood. Tempe yang digunakan sebagai pengganti daging ini terbuat dari kacang kedelai, kacang merah, dan kacang koro. Keripiknya terbuat dari ubi.
Tidak sulit untuk menuju ke Arumdalu Farm, saya yang berlokasi di Jakarta Timur menuju ke sana melalui tol lingkar dalam - tol lingkar luar, lalu keluar tol di Kunciran/Alam Sutra. Selebihnya, bisa menggunakan google maps atau waze.
Info lebih lanjut:
Instagram: @arumdalu.farm

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel