Mamannial

Best Buy For Mama Eping

by Viena Rissanty on 03 Oct, 2022
Community Executive

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, sehingga banyak mama di luar sana berjuang untuk meng-ASI-hi. Walau disarankan untuk melakukan direct breastfeeding tidak semua mama dapat melakukannya karena beberapa faktor, seperti alasan medis. Sebagai alternatif mama bisa melakukan pumping atau memompa ASI untuk diberikan kepada bayi dengan botol. Tidak sedikit mama yang memutuskan menjadi Mama Eping, yaitu Mama Eksklusif Pumping karena kemauan sendiri.
Menjadi Mama Eping tentu terdapat rintangan. Mama harus rajin memompa ASI dengan durasi tertentu untuk menjaga suplai ASI tetap stabil. Terdapat beberapa produk di bawah ini yang bisa menjadi “best buy” untuk mama eping:
Silicon Breast Pump
Saat mama memompa salah satu payudara maka ASI pada payudara sebelahnya akan ikut keluar. Silicon Breast Pump hadir untuk menampung ASI mama selama proses pumping sehingga dapat menambah jumlah stok ASIP dengan mudah. Sangat praktis digunakan, silicon breast pump juga dapat merangsang produksi ASI lebih banyak. Terdapat berbagai merek silicon breast pump, saya menyukai kualitas dari Mooimom.
Hands free Breast Pump
Proses pumping membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga kegiatan mama sering kali tertunda. Dengan adanya inovasi breast pump, kini mama bisa melakukan pumping sambil beraktivitas, mulai dari bekerja membuka laptop, membereskan rumah, hingga bermain bersama anak. Hands free breast pump biasanya berbentuk bulat dan tanpa kabel. Mama hanya perlu menyelipkan hands free breast pump ke dalam bra. Untuk mendapatkan hasil perahan yang maksimal pastikan memilih besar corong yang pas. Saya menggunakan hands free breast pump dari Youha The INs Gen 2.
Hands free Bra
Tidak memiliki hands free breast pump tidak masalah, mama bisa menggunakan hands free bra saat pumping. Mama hanya perlu menyelipkan corong pumping-an ke dalam bra dan masukan mesin pumping ke dalam saku celana atau baju (pastikan mesin pumpingan mama memiliki besar yang ringkas). Mama pun siap melakukan aktivitas layaknya menggunakan hands free breast pump. Jika hands free bra tersedia dalam harga yang cukup mahal, mama bisa mencarinya di e-commerce.
Kantong ASI Pipih
Selain mesin pumping, kantong ASI menjadi teman baik Mama Eping. Menyimpan kantong ASI di freezer bisa memakan banyak tempat, apa lagi jika mama memiliki jumlah ASI yang banyak. Sebagai solusi mama bisa menggunakan kantong ASI pipih untuk menghemat tempat penyimpanan. Saya menggunakan kantong ASI super pipih dari Kinmade. Untuk review kantong ASI, mama bisa klik di sini.
Lecicaps
Terkadang mama tidak bisa memompa ASI sesuai dengan jadwal karena adanya kegiatan penting. Telat melakukan pumping, payudara mama bisa menjadi bengkak dan terasa sakit. Tidak jarang mama yang mengalami benjolan pada payudara akibat telat pumping hingga terkena mastitis. Untuk menghindari hal tersebut mama bisa mengonsumsi Lecicaps. Berbentuk kapsul, Lecicaps berguna untuk melancarkan ASI tersumbat dari dalam. Pastikan mama mengonsumsi sesuai dengan anjuran.