Lifestyle

Bikram Yoga: Membakar Kalori Dalam Ruang Panas

by Cynda Adissa Lianita on 07 Oct, 2016
Content Writer

Sudah pernah mendengar olahraga yang satu ini, Clozetters? Yoga. Olahraga yoga dikenal dengan olahraga yang memusatkan diri untuk relaksasi, keseimbangan, fleksibilitas, dan fokus yang tinggi. Jika kamu sedang mencari studio yoga yang cocok untukmu, berikut ini ClozetteCrew mengulas salah satu studio yoga yang berada di wilayah Jakarta, yaitu Union Yoga. 
Union Yoga merupakan sebuah studio Yoga yang dibangun oleh Fajar Putra atau Penyogastar dan Chu Chu Liu. Sebagai yoga guru dan yoga antusias keduanya memiliki misi yang sama. Mereka ingin membuat orang lain bahagia melalui yoga. Tidak main-main, Union Yoga menyediakan berbagai kelas oleh guru yoga terkemuka.
Ada 2 lokasi Union Yoga yang bisa kamu kunjungi, yaitu Kelapa Gading dan Dharmawangsa. ClozetteCrew memutuskan untuk mencoba Bikram Yoga di Union Yoga Dharmawangsa. Jika kesulitan untuk mencari lokasi Union Yoga ini, ternyata lokasinya tepat bersebrangan dengan Dharmawangsa Square dan terletak persis di pinggir jalan. Terdapat juga neon lamp Union Yoga yang cukup besar. 
Memasuki Union Yoga, ruangan ini cukup cozy. Ornamen kayu dan warna coklat yang mendominasi membuat ruangan ini tampak hangat. Oh ya, kami juga harus melepaskan alas kaki dan diletakkan di rak sepatu yang tersedia. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu di meja resepsionis atau kamu juga bisa mencari tahu informasi lebih lanjut tentang kelas-kelas yang terdapat di Union Yoga.
Fasilitas apa saja sih yang terdapat di Union Yoga? Fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Terdapat studio yang terbagi untuk ruang yoga biasa dan ruang bikram yoga. Seperti studio olahraga pada umumnya, Union Yoga juga menyediakan ruang ganti yang dilengkapi dengan kamar mandi (shower, sabun, dan sampo), loker, kaca besar, wastafel, pengering rambut, dan sisir. Namun, loker di sini tidak dilengkapi dengan pengunci/ gembok sehingga kami harus menyewanya dengan harga Rp10.000. Kami juga tidak membawa handuk yang cukup besar untuk digunakan saat bikram yoga, jadi kami memutuskan untuk menyewa handuk juga dengan harga yang sama.
Setelah bersiap-siap, kami berkenalan terlebih dahulu dengan instruktur bikram yoga yang akrab disapa dengan Yada. Ia akan memandu kami dalam sesi bikram yoga selama 90 menit di ruang studio khusus di lantai 2. Ruang bikram yoga diatur dengan suhu 42 derajat. 
Menginjakkan langkah pertama pun mulai terasa hawa panas dan gerah yang menyusup ke dalam tubuh. Menggelar matras dan meletakkan handuk lebar di atas matras menjadi hal wajib saat akan melaksanakan bikram yoga. Olahraga ini benar-benar akan menguras keringat sehingga handuk sangat dibutuhkan untuk menyerap keringat berlebih dan menghindari proses latihan yang terganggu akibat lantai yang licin. Ruangan berbentuk balok ini juga dilengkapi dengan kaca besar pada dua sisi. Hal ini untuk memudahkan para peserta saat melakukan pose yoga dan mengoreksi apakah pose yang dilakukan sudah tepat atau belum.
Bikram yoga ini sendiri hanya berjalan selama 90 menit. Namun, ruangan panas dan ritme yoga yang lambat membuat kami merasa bahwa waktu berjalan dengan sangat lambat. Yoga memang membutuhkan ketenangan dan fokus agar dapat melakukan gerakan dengan benar dan mendapatkan keseimbangan tubuh yang sempurna. Hanya saja, jika kamu cenderung menyukai olahraga dengan intensitas dan ritme yang tinggi kamu akan butuh waktu untuk memahami yoga itu sendiri.
Selama satu sesi bikram yoga, ada 26 pose yang harus dilakukan dan dilakukan secara berulang 2-3kali untuk setiap pose. Pose yoga ini termasuk yang paling sederhana dan memang ditujukan untuk pemula. Bikram yoga tidak menuntut harus melakukan pose yang sulit karena sudah terbantu dengan suhu ruangan yang cukup membakar kalori.
Untuk kamu yang ingin mencoba bikram yoga, tidak perlu khawatir. Enjoy yourself! Instruktur yogamu tidak akan memarahi kamu jika tidak dapat melakukan gerakan yang diminta. Fleksibilitas tubuh setiap orang memang berbeda-beda dan jika lelah kamu juga bisa duduk sejenak lalu melanjutkan kembali olahraga tersebut. Yuk, kamu juga harus mencoba bikram yoga, Clozetters!
Sumber foto: Union Yoga

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel