Lifestyle

Bumil, Yuk Simak 5 Tips Menjalani Kehamilan Selama Masa Pandemi Covid-19

by Ashfia Fuada Ersterina on 17 Nov, 2021
Community Executive

Sumber foto : Clozetter @yunitaelisabeth91

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai hingga saat ini tentunya menimbulkan kekhawatiran pada semua orang, terlebih bagi para ibu hamil. Hal ini dikarenakan ibu hamil termasuk sebagai kelompok yang rentan terinfeksi berbagai virus, salah satunya adalah virus corona.
Oleh karena itu, kehamilan yang berlangsung selama pandemi membuat ibu hamil harus benar-benar memerhatikan kesehatannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk bayi di dalam kandungan.
Menjaga kehamilan agar tetap sehat pada kondisi seperti ini bisa dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah sesuai kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia. Kira-kira apa saja? Yuk, simak rangkuman Clozette di bawah ini.

Ke Luar Rumah Hanya Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang wajib diperhatikan para ibu hamil selama Pandemi Covid-19 adalah membatasi diri untuk ke luar rumah. Termasuk salah satunya menunda waktu kontrol kehamilan jika memang tidak dibutuhkan.
Menurut Perkumpulan Obsetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), ada baiknya jika saat ini para ibu hamil sebisa mungkin menunda kunjungan ke rumah sakit di luar kondisi darurat. Seperti muntah-muntah hebat, kontraksi, air ketuban ke luar, tekanan darah tinggi, nyeri kepala, kejang, serta bila gerakan bayi mendadak tak terasa. Hal ini tentunya dilakukan demi meminimalisir penyebaran Virus Covid-19 yang dapat membahayakan ibu hamil dan bayi dalam kandungan.
Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Seperti yang diketahui, salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Kamu bisa memulainya dengan selalu menjaga kebersihan, misalnya rajin mencuci tangan, tidak sering menyentuh area wajah, rutin membersihkan barang yang sering disentuh, hingga tidak pernah lupa menggunakan masker saat ke luar rumah. Meski terdengar sederhana, upaya-upaya tersebut dinilai ampuh untuk melindungi diri dari kuman dan virus di luar rumah.
Istirahat yang Cukup
Pada masa kehamilan, tubuh memerlukan istirahat yang lebih banyak untuk meningkatkan imunitas. Sebab, selama hamil tubuh bergerak lebih aktif baik secara fisik, fisiologis, hingga emosional. Biasakan untuk beristirahat dengan cukup sehingga daya tahan tubuh pun tetap terjaga.

Pastikan Asupan Makanan Bergizi Terpenuhi
Seseorang diyakini mampu menangkal serangan virus Corona jika memiliki daya tahan tubuh yang baik. Karena itu, giat mengonsumsi makanan yang bergizi merupakan pilihan yang tepat dalam menghadapi kondisi pandemi seperti saat ini.
Kamu bisa rutin mengonsumsi segala makanan yang mengandung karbohidrat dan protein serta sayur dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, ibu hamil biasanya juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin tambahan yang kaya akan kalsium agar kondisi ibu tetap prima dan janin dalam kandungan berkembang dengan baik.
Hindari Stress
Rasa cemas dan khawatir tentu sangat wajar dirasakan oleh para ibu hamil pada kondisi pandemi seperti ini. Akan tetapi, kecemasan yang berlebihan justru akan menimbulkan stress yang ditakutkan akan berdampak pada janin.
Karena itu, selain menjaga kebersihan dan kesehatan fisik, ibu hamil juga perlu memerhatikan kesehatan mentalnya. Beberapa cara yang bisa bumil lakukan untuk mengatasi stress antara lain mengendalikan pikiran, batasi penggunaan sosial media dan menonton berita, serta tetap terhubung dengan orang lain. Selain itu, bumil juga bisa memulai olahraga ringan untuk menghilangkan stress serta membuat tubuh lebih bugar.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles