Lifestyle

Clozette Ajak Kamu Berburu Barang Preloved Sekaligus Berdonasi

by Ashfia Fuada Ersterina on 31 Dec, 2021
Community Executive

Pandemi yang terjadi dua tahun belakangan memang tak mudah untuk dilalui. Adanya keterbatasan ruang gerak saat ini memberi dampak khususnya dalam hal perekonomian. Seperti yang telah kamu ketahui, kini banyak pihak mulai saling mendukung satu sama lain agar bisa melewati masa sulit ini, salah satunya Clozette Indonesia melalui kampanye Preloved for Love. Sebelum berlanjut, pastikan kamu membaca artikel ini sampai akhir karena akan ada giveaway. Dengan hadiah berupa hampers beauty product senilai lebih dari Rp500.000,- untuk 3 orang pemenang yang mengisi event feedback. Jadi, tunggu apalagi? Keep on scrolling, Clozetters!
Jika kamu masih ingat dengan perayaan ulang tahun Clozette di tahun 2020 lalu. Tentunya kamu tak asing lagi dengan kampanye Preloved for Love, kan? Yap, dalam rangka menyambut tahun baru 2022 yang akan segera tiba. Kali ini, Clozette Indonesia kembali menghadirkan Preloved for Love yang diadakan secara online pada 1-23 Desember 2021 lalu. Melalui acara ini, Clozette ingin mengajak kamu berbagi kebaikan dengan cara berbelanja produk fashion dan beauty yang sudah tidak terpakai namun masih layak digunakan. Sebagian dari hasil penjualan Preloved for Love selanjutnya didonasikan melalui Pundi Perempuan untuk para korban kekerasan.

Tak hanya bisa berbelanja sambil berdonasi. Untuk melengkapi keseruan hari terakhir Preloved for Love. Clozette juga memberikan kejutan lain yaitu Virtual Auction logam mulia serta barang lainnya melalui Instagram Live pada 23 Desember 2021. Pssst, selain auction yang super seru, terdapat juga Financial Talkshow bersama Finance Content Creator serta hadiah menarik senilai jutaan rupiah. Untuk Clozetter yang berhasil memenangkan Comment Contest dan terpilih sebagai The Biggest Spender. Wah, kira-kira siapa pemenang yang beruntung, ya? 

Clozette Preloved for Love dipandu oleh MC sekaligus Clozette Crew Puitika Pamora dan Rima Triani. Sebelum acara dimulai, MC Puitika dan Rima mengucapkan terima kasih kepada brand partner Clozette yaitu Myrism, Nacific, Note Cosmetics dan Pegadaian. Serta Inclover Magazine dan Radio Mercu Buana sebagai media partner yang sudah mendukung terselenggaranya acara Clozette Preloved for Love. 
Untuk mengawali acara, MC Puitika dan Rima mengadakan Games 2022 Resolution Contest. Di mana Clozetter diajak untuk flashback terhadap momen yang tak terlupakan di tahun 2021 dan resolusi apa yang ingin dicapai untuk tahun 2022. Para Clozetter pun terlihat antusias menuliskan harapannya di kolom komentar. Jawaban terbaik berhak memenangkan hadiah special dari Clozette senilai Rp500.000,- dan akan diumumkan di akhir acara.
Selanjutnya tiba di sesi yang paling ditunggu-tunggu, yaitu Virtual Auction. Di sesi ini, terdapat 4 barang yang akan dilelang secara online dan masing-masing dibanderol dengan harga yang affordable. Bagi Clozetter yang berhasil memberikan penawaran tertinggi, akan ada surprise item berupa produk dari Note Cosmetics, Nacific, Myrism atau special product dari Clozette. Sebelum memulai bidding, MC Puitika dan Rima tak ketinggalan untuk membacakan auction rules terlebih dahulu. 
Virtual auction dimulai dengan barang lelang pertama yaitu Lilac Set dari salah satu Brand Lokal ternama, Anya Wear. Dibuka dari harga Rp120.000,- saja, Clozetter bisa mulai memberikan penawaran terbaiknya dengan kelipatan Rp5.000,-. Lelang pertama dimenangkan oleh @Qonitalutfhiah, ia berhasil membawa pulang Lilac set cantik seharga Rp170.000,-. Lanjut ke barang lelang yang kedua, yaitu Panasonic Styling Brush Iron 2 Way EH-HV40, yang merupakan catokan multifungsi untuk menghasilkan 3 gaya rambut yang berbeda. Catokan ini dilelang mulai dari harga Rp390.000,- saja dan berlaku kelipatan Rp10.000,-. Penawaran tertinggi jatuh kepada @Litapenne yang berhasil memenangkan Panasonic Styling Brush Iron 2 Way EH-HV40 seharga Rp410.000,-.
Menjadi auction item yang paling dinantikan, barang lelang ketiga adalah logam mulia 0.5 gram yang bisa di-bidding mulai dari harga Rp50.000,- dengan kelipatan Rp10.000. Berlangsung seru, para Clozetter terlihat berlomba memberikan penawaran terbaiknya. Di lelang ketiga ini, @Cyndaadissa berhasil membawa pulang logam mulai 0.5 gram seharga Rp400.000,- saja. Last but not least, barang terakhir yang dilelang dalam virtual auction kali ini adalah transparant outer dari brand lokal, PINX. Memiliki model yang simple sehingga mudah di-mix and match. Outer ini dilelang dengan harga mulai dari Rp150.000,- dan berhasil mendapatkan penawaran tertinggi seharga Rp260.000,- oleh @s.karrin.
Setelah seru-seruan di virtual auction. Clozette Indonesia juga ingin berbagi penghetahuan dengan Clozetter, khususnya soal investasi melalui sesi Financial Talkshow. Bersama Samuel Ray, yang merupakan Finance Family Content Creator. Dalam diskusinya, ia menuturkan bahwa konsep Frugal Living atau gaya hidup hemat saat ini tengah hype di berbagai kalangan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya orang yang lebih memilih prioritas ketimbang gaya hidup, serta meningkatnya ketertarikan untuk berinvestasi. 

Bicara mengenai investasi, menurut Samuel terdapat dua hal utama yang perlu diperhatikan saat mulai berinvestasi, yaitu pilih instrumen yang aman dan berisiko rendah. Tabungan emas bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki nilai scarsity atau kelangkaan yang artinya memiliki sisi profitable di masa yang akan datang. Tak hanya sebagai investasi, emas juga bisa digunakan sebagai dana darurat yang bisa kamu gadai ataupun jual kembali kapan pun kamu membutuhkan biaya. 
Kamu bisa coba cara praktis menabung emas melalui Aplikasi Pegadaian Digital. Dengan tabungan awal hanya Rp50.000,- saja, kamu sudah bisa menabung emas dan menghindari risiko-risiko seperti kehilangan atau kemungkinan oksidasi. Selain itu, melalui Aplikasi Pegadaian Digital, kamu juga tak hanya bisa nabung dan gadai saja. Tetapi juga bisa melakukan transaksi lain seperti jual beli emas, transfer emas, cek harga emas hingga melakukan pembayaran lainnya mulai dari listrik, air, dan telepon. 
Financial Talkshow pun dilanjutkan dengan sesi QnA. Para Clozetter terlihat antusias dalam mengajukan pertanyaan. Sebelum mengakhiri diskusi. Samuel juga memberikan tips bagi Clozetter khususnya gen Z yang ingin memulai investasi. Pertama, kamu bisa membuat budgeting atau mengalokasikan setiap pemasukan, kedua tentukan goal yang masuk akal (goal setting), dan terakhir adalah konsisten.
Puas berbincang bincang mengenai financial dan investasi. MC Rima dan Puitika pun mengajak Clozetter untuk kembali mengikuti sesi comment contest kedua dengan hadiah berupa logam mulia 0.5 gram dari Pegadaian. Di kontes kedua ini, MC memberikan pertanyaan kepada Clozetter tentang nama aplikasi dan 3 transaksi yang bisa dilakukan di aplikasi pegadaian digital. Pemenang yang berhasil menjawab dengan tepat dan cepat adalah Clozetter @prapancadf. Yay, congratulations! 

Seperti yang sudah disampaikan, sebagian hasil penjualan dari Preloved For Love akan disumbangkan kepada korban kekerasan perempuan melalui Pundi Amal Perempuan. Di sesi selanjutnya, MC Puitika dan Rima mengundang Bapak Sugiarto Arif Santoso selaku Direktur Ekekutif Indonesia untuk Kemanusiaan agar bergabung di sesi terakhir yaitu Donation Ceremony. Penyerahan serah terima donasi pun dilakukan secara simbolis melalui sertifikat virtual. 
Tak terasa, tiba juga saatnya di sesi yang paling dinantikan, yaitu Winner Announcement. MC Puitika dan Rima mengumumkan pemenang Comment Contest yang akan mendapatkan hadiah berupa special package dari Clozette senilai Rp500.000,-. Pemenangnya adalah Citra Junita. Selanjutnya, MC Puitika dan Rima membacakan pemenang untuk kategori The Biggest Spender dengan jumlah pembelanjaan tertinggi dalam 1x checkout selama periode penjualan. Clozetter yang beruntung adalah Salma Tya dengan total belanja senilai Rp654.000,-. Ia berhak mendapatkan hadiah berupa Tescom Multi Hair Iron seharga Rp1.499.000,-. Selamat untuk para pemenang! 
Sebagai penutup acara, MC Puitika dan Rima mengucapkan terima kasih kepada seluurh Clozetter yang sudah bergabung dalam IG Live kali ini. Dan kepada seluruh brand partner Clozette yaitu Myrism, Nacific, NOTE Cosmetics dan Pegadaian. Serta Inclover Magazine dan Radio Mercu Buana sebagai media partner yang sudah mendukung terselenggaranya acara Clozette Preloved For Love. Tentunya, melalui acara ini Clozette berharap bisa menginspirasi sesama untuk saling menebar kebaikan. Nantikan juga informasi soal event selanjutnya dari Clozette yang tak kalah seru dan inspiratif melalui Instagram @ClozetteidSee you on the next event, Clozetters!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles