Lifestyle

Clozetters, Kenali Sex Emergency dan Postpil sebagai Solusinya!

by Annisa Muthia on 27 Dec, 2022
Sr. Community Executive

Sumber foto: Clozetter Soyankim

Sebagai seorang dewasa, Clozetters tentu memahami bahwa setiap perbuatan memiliki konsekuensi, yang juga berkaitan dengan tanggung jawab yang menyertai setelahnya. Jika memutuskan untuk membeli kendaraan, kita harus siap merawat kendaraan tersebut dan membayar pajak setiap tahunnya. Sama halnya ketika kita memutuskan untuk berhubungan seks dengan pasangan namun belum mempersiapkan konsekuensi berikutnya. Meskipun sudah mengenakan pengaman dan alat kontrasepsi, selalu ada peluang kehamilan jika terjadi penetrasi. Padahal, kehamilan merupakan hal yang harus dipersiapkan dengan baik, karena tanggung jawab yang diemban amatlah besar dan berlangsung seumur hidup. Tak hanya perihal finansial, tetapi juga kesiapan mental untuk merawat, membesarkan, dan mendidik anak.

 

Jika Clozetters belum berencana memiliki momongan dalam waktu dekat, ada baiknya untuk selalu siap di momen-momen terjadinya sex emergency atau darurat seks. Seperti kejadian darurat yang mungkin kamu alami sehari-hari, ada kondisi tertentu ketika berhubungan seks berpeluang besar menimbulkan kehamilan. Apa saja contohnya? Dan apakah ada solusi menghadapinya? Tak perlu khawatir, Clozette akan bahas selengkapnya melalui ulasan berikut!

Terbawa Suasana & Lupa Menggunakan Alat Kontrasepsi

 

Kondom menjadi salah satu alat kontrasepsi yang paling diandalkan banyak orang dalam mencegah kehamilan. Akan tetapi, tentu ada momen-momen di mana kamu dan pasangan terbawa suasana dan tak mengira akan melakukan hubungan seks. Misalnya, momen quality time sembari nonton film di Netflix, atau ketika date night di rumah sambil bermain games. Suasana hangat dan romantis yang tercipta mungkin tak membuatmu berpikir dua kali untuk berhubungan seks tanpa pengaman. Jika hal ini terlanjur terjadi, wajar jika ada rasa panik yang terus-menerus mengganggu harimu. Apa kamu pernah mengalaminya?

 

Rasa Ragu setelah Berhubungan Seks

 

Persiapan sudah matang, alat kontrasepsi juga tak bermasalah. Namun, ada keraguan yang muncul setelah melakukan hubungan seks? Atau bahkan, sudah menghitung siklus menstruasi menggunakan kalender dan aplikasi, namun kurang yakin dengan perhitunganmu? Ternyata, keraguan tersebut berarti kamu sudah berada dalam kondisi sex emergency, Clozetters.

 

Terjebak Non-Konsensual Seks

 

It Takes Two to Tango. Sama seperti ketika kamu memutuskan untuk menjalin hubungan dengan pasangan, berhubungan seks juga melibatkan dua belah pihak yang secara sadar ingin melakukannya. Namun, meskipun sudah dipersiapkan secara matang, tak menutup kemungkinan adanya kendala yang bisa saja terjadi. Contohnya, ketika kamu dan pasangan sepakat berhubungan seks menggunakan kondom sebagai pengaman, namun tiba-tiba tanpa sepengetahuanmu, ia melepas kondom ketika melakukan penetrasi. Hal ini termasuk non-konsensual seks yang bisa berdampak negatif dan menimbulkan trauma bagimu. Jika hal ini terjadi, pastikan kamu mendapat dukungan medis dan perawatan cedera pasca trauma ya, Clozetters. 

Sex Emergency, Ada Solusinya?

 

Ini dia jawaban dari momen-momen ‘terjebak’ sex emergency. Kamu tak perlu panik seakan duniamu akan runtuh. Cobalah berkenalan dengan Postpil, pil kontrasepsi darurat untuk mencegah kehamilan sebelum dimulai. Pil ini merupakan pilihan tercepat dan termudah ketika kamu tengah berada dalam darurat seks. Kehamilan tidak terjadi secara instan setelah berhubungan seks, sehingga ada jeda waktu yang bisa digunakan untuk mencegahnya.

Jika kamu tengah berada dalam kondisi sex emergency, minum dua tablet Postpil sesegera mungkin setelah melakukan hubungan seksual. Semakin cepat, semakin baik, dan paling lambat dikonsumsi 3 hari atau 72 jam setelah berhubungan seks. Namun, jika Clozetters belum memiliki Postpil di rumah, kamu bisa tanyakan terlebih dahulu di apotik terdekat, hubungi tenaga kesehatan Halo DKT di nomor Whatsapp 08111-326-459 atau klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut.  

Bagaimana, Clozetters? Ternyata darurat seks tak selalu berujung kehamilan yang belum direncanakan, bukan? Supaya aman, sedia selalu Postpil di genggaman!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel