Lifestyle

Dukung Sinergi Akal, Fisik, Dan Sosial Si Kecil Agar Pintarnya Beda!

by Cynda Adissa Lianita on 17 Nov, 2017
Community Executive

Tidak seperti si Kecil, menjadi orang tua tidak ditempuh dengan pengajaran formal. Tidak ada ilmu baku dan kriteria menjadi orang tua yang baik untuk anak. Setiap orang tua memiliki cara tersendiri yang disepakati berdua (Mam dan Pap) untuk mendidik si Kecil. Oleh karena itu, sebagai orang tua tentunya tetap harus menggali ilmu dan mencari tau lebih banyak dengan membaca buku, sharing dengan orang lain, dan mencoba berbagai metode hingga menemukan cara yang tepat untuk si Kecil.
Hal ini juga dibahas dalam Smart Parenting Workshop yang diselenggarakan oleh Parenting Club di Pekanbaru pada beberapa waktu lalu. Ada banyak insight seputar tumbuh kembang anak dan cara menghadapinya yang disampaikan oleh Dr. Ismet, Sp.A. Salah satunya adalah pertumbuhan dan perkembangan si Kecil sangat pesat dalam 5 tahun pertama usianya. Bahkan periode usia dini (0-6 tahun) sering disebut sebagai fase periode emas bagi pertumbuhan anak.
Selama masa dua tahun pertama usia anak, otaknya tumbuh hingga 80% ukuran otak orang dewasa. Saat memasuki usia 5 tahun, pertumbuhan otak bisa mencapai 90%. Pada fase ini, sekitar 85% kecerdasan dan kepribadian anak juga telah terbentuk.
Karakteristik Anak Sesuai Usia Pada masa ini, anak cenderung menunjukkan jenis kepintaran tertentu. Sebagai orang tua tentunya harus mengenali kepintaran si Kecil. Parenting Club yang dapat diakses di www.parentingclub.co.id berkomitmen untuk menjadi partner bagi orang tua untuk dukung stimulasi si Kecil, menyediakan fitur andalan berupa Smart Strength Finder untuk membantu mengenali kepintaran si Kecil.
Pada Smart Parenting Workshop tersebut, Dr. Fitri Hartanto, Sp. A (K) juga memaparkan karakteristik anak dari 0 sampai 6 tahun, sebagai berikut: 
Karakteristik perilaku anak usia dibawah 1 tahun 
- didominasi oleh perkembangan motorik atau gerakan yang sifatnya reflek dan protektif
- sangat peka terhadap lingkungannya
- punya cara unik untuk merespon rangsangan 
Karakteristik perilaku anak usia 1 – 3 tahun
- sangat enerjik, aktif, antusias dan selalu ingin tahu
- kemampuan motorik, sosial dan bahasanya pun berkembang optimal di masa ini 
Karakteristik perilaku anak usia 4 – 6 tahun
- energinya sangat luar biasa
- rasa antusiasme dan ingin tahunya yang semakin membesar
- tidak takut untuk mencoba hal-hal baru
Menstimulasi Kepintaran Anak Usia Prasekolah
Agar si Kecil dapat mengembangkan kepribadiannya secara optimal selama periode emas, tentunya orang tua memiliki peran yang penting agar kepintarannya dapat bersinergi. Ada tiga kepintaran yang menjadi fokus utama, yaitu kepintaran akal, kepintaran fisik, dan kepintaran sosial. Jika kepintaran tersebut bersinergi dengan baik, si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang pintarnya beda dan kelak memiliki masa depan penuh kesuksesan. Kepintaran akal ditandai dengan rasa keingintahuan yang tinggi, kepintaran fisik ditandai dengan tingginya aktivitas atau ruang gerak si Kecil, dan kepintaran sosial dapat dikenali dengan interaksi si Kecil terhadap teman sebayanya.
Antusiasme para Mam dan Pap sangat tinggi, hal ini terlihat dari para Mam dan Pap yang bertanya dan sangat ingin tahu langkah yang tepat untuk mengembangkan kepintaran si Kecil. Terima kasih untuk para pakar hebat yang telah berbagi ilmu dalam Smart Parenting Workshop di Pekanbaru.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel