Lifestyle

Dukung Sinergi Akal, Fisik Dan Sosial Si Kecil Bersama Parenting Club!

by Cynda Adissa Lianita on 04 Dec, 2017
Community Executive

Sumber foto: @parentingclubid
Ada banyak hal yang dapat memengaruhi proses tumbuh kembang anak. Beberapa diantaranya, yaitu faktor genetik dan lingkungan. Orang tua juga memiliki peranan yang sangat besar untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Mulai dari memenuhi kebutuhan dasar anak seperti nutrisi, stimulasi, imunisasi, aktivitas bermain, dan tidur cukup. 
Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan dua hal yang berbeda. Pertumbuhan (growth) adalah perubahan yang bersifat kuantitatif atau dapat diukur (contoh: ukuran dan struktur biologis pada tubuh anak). Perkembangan (development) adalah perubahan kuantitatif dan kualitatif yang meliputi bertambahnya kemampuan (skill) struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Perkembangan terjadi dalam pola yang teratur seiring dengan proses pematangan/maturitas anak.
Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tentunya si Kecil harus mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Nutrisi terbaik bisa Mam berikan melalui ASI Eksklusif serta MPASI setelah 6 bulan kehidupan si kecil.
Sumber foto: @parentingclubid
Selain pemenuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang, Mam dan Pap juga harus mengenali perilaku anak usia pra sekolah. Pada masa ini si Kecil menjadi sangat aktif dan membutuhkan arahan yang tepat dari kedua orang tua agar kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial dapat bersinergi dengan baik. Ketiganya merupakan aspek mendasar untuk mengenali perilaku anak usia pra-sekolah agar #PintarnyaBeda yang bisa dikenali dengan ciri-ciri berikut: 
1. Kepintaran Fisik
Aktif bergerak dan melakukan kegiatan yang melibatkan anggota tubuh. Contoh: melakukan kegiatan lempar-tangkap, sering terjatuh atau mengalami kecelakaan kecil sebagai resiko dari kegiatan yang dilakukan, dan aktivitas fisik terus meningkat. 
2. Kepintaran Akal 
Si Kecil mulai aktif bertanya dan melibatkan otak/membuatnya berpikir lebih. Contoh: ingin tahu banyak hal dan melontarkan banyak pertanyaan, dapat memikirkan lebih dari satu ide pada saat bersamaan. Namun, si Kecil belum dapat membedakan “hal yang ada di” dengan “hal yang sebenarnya terjadi”. 
3. Kepintaran Sosial
Sebagai makhluk sosial, tentunya si Kecil juga akan melakukan interaksi dengan orang lain. Mam dan Pap dapat mengenali kepintaran sosial si Kecil dari caranya menjalin pertemanan. Selain itu, ia juga dapat berinteraksi dengan baik di dalam kelompok.
Memahami si Kecil tidak cukup secara teoritis saja, agar dapat memahami dan dapat mendampingi tumbuh kembang si Kecil dengan tepat , Mam dan Pap juga perlu meningkatkan kualitas diri dan belajar bersama pakarnya. Salah satunya dengan cara bergabung dalam Parenting Club dari Wyeth Nutrition. Parenting Club merupakan wadah yang membantu mengenali kepintaran anak melalui Smart Strength Finder Tool dan memberikan informasi penting yang disesuaikan dengan kepintaran tersebut. 
Beberapa fitur lainnya seperti Smart School, Smart Consultation, Smart Stories: 
- Fitur Smart School dapat memberikan informasi sekolah terbaik untuk mendukung kepintaran si Kecil 
- Smart Consultation membantu menjawab pertanyaan seputar dunia si Kecil 
- Smart Stories menjadi tempat berbagi cerita dan pengalaman para orang tua dalam mendukung kepintaran si Kecil. 
Yuk, bergabung dengan Parenting Club ID! Mam dan Pap berkesempatan mendapat hadiah langsung voucher belanja senilai 50.000 rupiah serta kesempatan memperoleh hadiah mingguan voucher belanja senilai 500.000 rupiah! 
Caranya:

1. Daftarkan diri atau Sign up di www.parentingclub.co.id 
2. Kirim screenshot bukti konfirmasi Mam sudah terdaftar melalui email ke hello@clozette.co dengan subyek "Parenting Club MRM Sign Up" (subyek harus sama). 
Ditunggu partisipasinya sampai dengan 20 Desember 2017. Good luck! 
Sumber: www.parentingclub.co.id

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel