Lifestyle

Fintech Kembali Hadir Untuk Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi

by Viena Rissanty on 16 Nov, 2021
Community Executive

Tepat pada Momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada tanggal 11 November 2021, ditetapkan pula sebagai Hari Fintech Nasional dan menjadi kick-off Bulan Fintech Nasional. Merupakan rangkaian acara yang berupaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional, Bulan Fintech Nasional (BFN) & The 3rd Indonesia Fintech Summit (IFS) menjadi wadah bagi pemerintah/regulator, startup fintech, dan stakeholder lainnya di ekosistem keuangan digital Indonesia.
Berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), acara ini mengusung tema BFN bertagar #FinetchAmandanNyaman. Acara berdurasi dua minggu ini mulai digelar pada tanggal 11 November hingga 12 Desember 2021 secara hybrid di Bali. BFN & 3rd IFS 2021 sendiri menargetkan kehadiran 50.000 partisipan dengan outreach lebih dari delapan juta orang. Hal ini dikarenakan Fintech terus bertumbuh seiring meningkatnya adopsi teknologi dengan nilai transaksi mencapai Rp19,2 triliun sepanjang tahun 2021.
Jika penasaran dengan pelaku industri fintech, berikut anggota dari AFTECH: Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) akan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Tentunya dengan tujuan mendorong peningkatan literasi keuangan digital, khususnya bagi UMKM.
“Perkembangan Fintech sangat membantu upaya meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat untuk mendorongnya. IJK mendukung kegiatan BFN yang sekaligus bisa mengedukasi masyarakat untuk semakin pintar memanfaatkan produk dan layanan Fintech, seperti Fintech lending, payment, dan lainnya”, tutur Maskum, Advisor Group Inovasi Keuangan Digital, Otoritas Jasa Keuangan.
Terdapat 45 program kegiatan yang diselenggarakan oleh BI, OJK, Fintech, regulator, investor, akademis, serta ekosistem penyelenggara secara keseluruhan. Program kegiatan tersebut dibagi berdasarkan tema mingguan, seperti Fintech lending atau pendanaan bersama, Fintech sistem pembayaran dan neo bank. Adapun berbagai inovasi layanan keuangan baru, seperti fintech asset management, Syariah, dan innovative credit scoring. Terakhir terdapat program Perlindungan Konsumen dalam industri fintech yang termasuk keamanan siber dan perlindungan data pribadi bagi pengguna fintech.
Tak tertinggal terdapat lebih dari 90 program edukasi literasi yang dilakukan oleh 60 pelaku industry fintech dari anggota AFTECH. Kegiatan edukasi meliputi webinar, IG live, dan Podcast. Sebagai konsumen kamu bisa mendapatkan lebih dari 71 program penawaran menarik sepanjang BFN yang dihadirkan oleh 42 anggota AFTECH. Beberapa jenis program penawarannya seperti, cashback, discount, free administration fee, giveaway, dan masih banyak lagi.
BFN turut menghadirkan Virtual Job Fair, diaman terdapat 209 lowongan pekerjaan dari 46 perusahaan yang tertarik berkarir di industri keuangan digital Indonesia. Terdapat ragam posisi dalam digital business, digital marketing, dan data analytics untukmu. Selanjutnya, 3rd Indonesia Fintech Summit merupakan puncak program dari BFN yang mempertemukan pendiri fintech, lembaga keuangan, regulator, investor, akademis, dan stakeholder. Pertemuan ini akan membahas topik industri dan regulasi yang menjadi prioritas, mendorong kolaborasi, dan merumuskan strategi advokasi atau aksi percepatan digitalisasi di industri jasa keuangan serta mendorong pemulihan ekonomi.
Pada peluncuran BFN 2021, AFTECH berkolaborasi dengan pemerintah dan regulator yang resmi menyambut situs www.cekfintech.id dalam rangka membangun ekosistem layanan keuangan digital yang lebih sehat dan bertanggung jawab. Situs tersebut merupakan perwujudan nyata dari komitmen industri fintech terhadap pemberantasan pinjol illegal. Kamu juga dapat mengecek daftar penyelenggara fintech dengan status tercatat/terdaftar/berizin dari BI/OJK/Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tertera pula sosial media resmi mereka, serta untuk melakukan pengecekan apakah nomor rekening yang digunakan oleh pinjol terlibat dalam tindak kejahatan.
Tertarik untuk berpatisipasi di BFN dan IFS 2021? 
Kamu dapat mengakses situs www.fintechsummit.co.id yang akan dibuka pada tanggal 11 November 2021. Semua rangkaian kegiatan tidak dipungut biaya. Bagi kamu yang mengikutin kegiatan BFN 2021, kamu berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik berupa saldo uang elektronik, smartphone, laptop, dan masih banyak lainnya.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel