Lifestyle

Hal-Hal Yang Tanpa Kamu Sadari Menjadi Penyebab Gigi Sensitif

by Cyndi Adissa on 31 Jul, 2017

Sumber foto: stylecraze.comKuliner kini telah menjadi hobi dan bagian dari gaya hidup. Mencicipi aneka makanan dan minuman tentu terasa menyenangkan. Namun, rasa ngilu pada gigi tentu menjadi pengganggu saat menyantap makanan dingin, panas, atau terlalu asam. Rasa ngilu tersebut bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki gigi sensitif. Masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa mereka memiliki gigi sensitif. Seringkali mereka merasa bahwa rasa ngilu yang timbul menjadi hal yang wajar. Jika dibiarkan berlarut-larut, rasa ngilu akan datang terus-menerus dan dapat mengganggu aktivitas. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui bahwa kamu memang memiliki gigi sensitif.
1. Muncul rasa ngilu saat makan dan minumSalah satu tanda gigi sensitif adalah muncul rasa ngilu saat mengonsumsi maknan yang terlalu dingin, panas, atau terlalu asam. Contohnya, saat memakan es krim kamu tidak akan mampu menggigit eskrim tersebut karena rasa ngilu yang timbul akibat rasa dingin dari es krim. Hal ini disebabkan oleh penipisan email atau lapisan terluar pada gigi.
Sumber foto: noja1.com
2. Gigi berlubangSelain penipisan email gigi, lubang kecil pada gigi pun dapat menjadi penyebab gigi sensitif. Atasi gigi berlubang dengan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, lakukan penambalan, dan pembersihan secara menyeluruh untuk mengurasi rasa ngilu yang timbul.
3. Pemutihan Gigi Gigi sensitif juga dapat dipicu oleh proses pemutihan gigi atau bleaching. Bahan kimia seperti hidrogen peroksidan yang digunakan dalam prosedur pemutihan gigi membuat lapisan email terkikis dan gigi menjadi sensitif. 4. Menyikat gigi terlalu kasar Abrasi gigi (hilangnya email gigi) dapat terjadi jika menyikat gigi dengan kasar dan kuat. Tidak jarang, gusi juga bisa terluka dan berdarah jika menggosok gigi dengan kuat dan bulu sikat yang kasar. Oleh karena itu, gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan ganti sikat gigi minimal 2-3 bulan sekali.
Sumber foto: drtallerdental.com
 Agar perawatan pada gigi sensitif lebih optimal, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Biasanya pasta gigi khusus tersebut diformulasikan utuk melegakan ujung syaraf pada gigi. Salah satunya adalah Sensodyne Repair and Protect. Teknologi Novamin (formula kalsium) dalam Sensodyne Repair and Protect dapat melindungi lapisan gigi berlubang yang menyebabkan gigi ngilu. Lapisan Novamin dapat memberikan perindungan kuat pada lapisan gigi dari lubang kecil yang tidak terlihat dan melindungi gigi sensitif 60% lebih kuat dari lapisan gigi normal.
Sumber foto: Sensodyne Indonesia
Apakah gigimu mengalami keempat hal tersebut? Jangan lupa atasi rasa ngilu dengan Sensodyne Repair and Protect untuk perawatan gigi sensitif di rumah.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel