Lifestyle

Handicraft: Your Way To Happier Mind

by Verona Avilia Harrison on 31 Mar, 2022
Community Executive

Clozetters, melihat situasi pandemi covid-19 yang belum menghilang sepenuhnya membuat kita memiliki banyak aktifitas yang bisa dikerjakan di rumah. Pandemi yang belum juga reda ini, membuatku memiliki rasa takut berlebihan untuk berinteraksi diluar rumah dengan banyak orang. Rasa takut yang diiringi dengan rasa gelisah, overthink, dan sangat berhati-hati terkadang membuat stress ringan akan menghadapi pandemi ini. Dengan menghabiskan banyak waktu di rumah, kamu dapat menemukan berbagai hobi baru untuk menambah rasa semangat dan mengurangi stress. Nah, aku mau sharing mengenai kegiatan yang membawa impact baik untuk mental health ku selama berkegiatan dirumah saja.

Embroidery 
Embroidery (sulaman) merupakan salah satu teknik menjahit menggunakan jarum dan benang yang dibuat diatas kain. Sudah lama aku merasakan embroidery adalah sebuah therapy untuk reduce stress, juga membuat aku mindfull atas apa yang aku kerjakan. Membuat embroidery menghabiskan waktu berjam-jam, biasanya aku mengerjakan pada malam hari atau waktu senggang, dan hal ini yang ku butuhkan untuk tidak overthinking. Dengan melihatwarna-warni benang, dapat meningkatkan mood dan juga kreativitas dalam menciptakan sesuatu. Di dalam situasi yang mengharuskan berkegiatan dirumah, pembelajaran embroidery juga bisa dipelajari melalui platform youtube sehingga tidak hanya mempelajari hal baru tapi juga dapat mengecoh pemikiran-pemikiran negatif yang sering muncul. Dilansir dari craftscouncil.org.uk, kegiatan menjahit memiliki partisipasi yang tinggi akan psychological well-being melalui peningkatan rasa bangga dan menikmati saat melakukannya, serta berkontribusi dalam self-awareness. Embroidery juga dapat meningkatkan cognitive skill dan fokus dengan mempelajari berbagai teknik dalam penyulaman. Tidak sedikit teknik yang digunakan untuk menghias diatas kain, perlu kejelian mata dan daya ingat untuk mengerjakan embroidery.

Dilansir dari craftscouncil.org.uk, kegiatan menjahit memiliki partisipasi yang tinggi akan psychological well-being melalui peningkatan rasa bangga dan menikmati saat melakukannya, serta berkontribusi dalam self-awareness. Embroidery juga dapat meningkatkan cognitive skill dan fokus dengan mempelajari berbagai teknik dalam penyulaman. Tidak sedikit teknik yang digunakan untuk menghias diatas kain, perlu kejelian mata dan daya ingat untuk mengerjakan embroidery. 
 Dengan adanya teknik serta varian benang yang banyak, aku juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitas karena menciptakan sesuatu yang belum pernah kita buat sebelumnya. Dalam pembuatan embroidery, kita bisa menggunakan imajinasi kita dalam membuat sebuah pola yang dituliskan dengan pensil sebelum kita menjahit dengan benang dan jarum. Untuk medianya sendiri embroidery tidak hanya dikerjakan d iatas kain, tapi juga bisa di sepatu canvas atau t-shirt. Semua disesuaikan dengan kreativitas dan keinginan dalam membuatnya, berbagai media juga memiliki tingkat kesulitan masing-masing sehingga hal tersebut bisa meningkatkan skill kita dalam hobi baru yang kita sukai.

Crochet
 Crochet (merenda) merupakan salah satu dari kegiatan merajut, suatu proses membuat kain renda dari benang renda dengan menggunakan jarum kait. Tentunya merajut dan menyulam berbeda walaupun sama-sama sebuah handcraft untuk mencipkatan sesuatu yang baru dari sebuah kreativitas. Aku belajar membuat crochet juga dari platform youtube karena, berpikir lebih menantang dari yang sebelumnya yaitu embroidery. Menurutku, kegiatan ini lebih mengasah daya ingat yang tinggi, karena teknik yang digunakan menggunakan benang kait yang berbeda dengan jarum menyulam. Jarum kait lebih besar bentuknya dibandingkan jarum biasa, jarum kait ini untuk menyulam benang-benang renda yang ukuran juga jauh lebih besar dibandingkan biasanya. Warna dan jenis benang pun bervariasi, kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan craft yang akan kita buat.
Ketika sudah mengerti untuk mengerjakan sebuah crochet, hal ini bisa menjadi keuntungan yang besar karena kita bisa membuat suatu benda baru sesuai keinginan sendiri. Dan dapat digunakan sehari-hari tentunya kebutuhan tersebut bisa dipelajari lebih lanjut sesuai kebutuhan. Karena crochet merajut dengan teknik yang sesuai dengan apa yang mau kita buat, menurutku disini lah yang menjadikan sebuah kegiatan merajut crochet adalah hal seru yang meningkatkan mood dan fokus.

Crochet ini bisa dijadikan benda apa saja, lebih luas dibandingkan menyulam. Aku pernah membuat topi beanie dari teknik crochet dan juga syal. Menurutku membuatnya memerlukan kreativitas dan juga kesabaran yang tinggi, karena tidak mudah untuk merajut suatu benang sebagai pemula dan menjadikannya suatu barang. Hal-hal menantang menjadikan diri lebih kreatif dan lebih mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Dengan crochet juga dapat reduce stress, karena dengan fokus yang kita miliki dan dikeluarkan untuk menciptakan sesuatu yang baru lebih kreatif

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel