Beauty

Hati-hati! Tidak Semua Sunscreen Dapat Digunakan Setelah Skincare

by Viena Rissanty on 28 Jun, 2018
Community Executive

Sumber foto: Clozette Ambassador Tiffanikosh
Perpaduan warna kuning, oranye, dan merah membuat matahari begitu indah. Maka tidak heran jika melihat sunrise dan sunset menjadi salah satu list saat berlibur. Indah dan menenangkan untuk di lihat, sayangnya terdapat efek samping dari pancaran sinar matahari. Salah satunya menyebabkan permasalahan kulit seperti terbakar, flek hitam dan warna kulit tidak merata.
Tentunya kamu dapat mencegah efek buruk sinar matahari dengan sunscreen atau sunblock. Apakah kamu sudah tau perbedaan kedua produk tersebut? Jika belum, mungkin selama ini kamu bisa salah dalam cara pemakaiannya. Tidak semua sunscreen atau sunblock digunakan sebagai tahap terakhir dalam menggunakan skincare. Sunscreen terdiri dari 2 jenis, yaitu Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen, berikut perbedaannya.
Chemical Sunscreen
Sumber foto: Clozetter aidacht
Chemical Sunscreen memiliki kandungan Parasol, Oxybenzone, dan Avobenzone. Formulanya yang ringan dapat menyerap dengan cepat tanpa meninggalkan rasa lengket. Menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas yang dikeluarkan oleh kulit, sunscreen ini membutuhkan waktu 20 menit setelah pemakaian untuk dapat bekerja dengan baik. Sebagai step pertama sebelum menggunakan skincare lainnya, berikut langkah menggunakan Chemical Sunscreen:
• Sunscreen
Serum
• Moisturizer
• Primer
Walaupun ramah untuk dicampur dengan skincare lainnya, sunscreen ini memiliki kekeruangan. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif lebih baik menghindari Chemical Sunscreen, karena dapat menyebabkan iritasi atau alergi.
Physical Sunscreen
Sumber foto: Clozetter innnayah
Physical Sunscreen memiliki nama lain yang dikenal sebagai sunblock. Sesuai dengan namanya, sunblock membuat lapisan baru sebagai penghalang efek buruk dari matahari. Mineral aktif Titanium yang terkandung dapat mencegah UVB dan Zing Oxide dapat mencegah UVA serta UVB. Tanpa harus menunggu beberapa saat untuk bekerja, sunblock dapat langsung melindungi kulit. Digunakan setelah serum, sunblock cocok untuk kulit sensitif. Sayangnya sunblock memiliki beberapa kekurangan, yaitu mudah hilang, formula lebih berat, dan menimbulkan white cast.
Telah mengetahui jenis dan perbedannya, ada baiknya kamu cek sunscreenmu sekarang juga. Jangan sampai salah step, karena sunscreen tidak akan bekerja dengan maksimal dan dapat menyebabkan iritasi, goodluck Clozetters.