Lifestyle

Hemat Uang Lebih Banyak, Belanjalah Dengan Bijak

by Diva Apresya on 22 Aug, 2016

Sumber Foto: parco-san-marco.comBerbelanja adalah kebutuhan yang essential bagi semua orang. Entah itu kebutuhan primer seperti bahan makanan sehari-hari hingga yang tresier seperti pakaian stylish yang mampu memenuhi selera fashion-mu. Namun hati-hati Clozetters, terkadang bisa jadi kita tidak sadar apa yang sedang kita beli. Contohnya berbelanja sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Akibatnya uang yang seharusnya bisa ditabung malah habis percuma dan belanjaan itu bisa jadi tak terpakai atau hanya menghabiskan space di rumah. Nah, agar kejadian ini tak terulang kembali, yuk! mulai sekarang kita belanja dengan lebih bijak. Berikut ini adalah langkahnya.

Disiplin Terhadap List Kebutuhan

Sumber Foto: blog.creativelive.com
Tentukan budget belanjamu tiap bulan. Kemudian ketika kamu akan menghabiskannya, sesuaikanlah dengan List kebutuhan yang kamu buat dari yang paling utama hingga yang sebenarnya tidak begitu penting. Disiplinlah terhadap list itu dan jangan menyimpang. Tentu terkadang ada beberapa barang yang begitu menggoda untuk dibeli, tapi coba pikirkan apakah barang itu benar-benar worth it dan akan terpakai hingga beberapa tahun kemudian.

Tentukan Waktu Berbelanja

Sumber Foto: www.ciudaris.com
Tentukanlah kapan kamu boleh belanja keperluan premier dan kapan yang sekunder dan tresier. Contohnya kamu hanya boleh belanja atau makan di restoran mewah hanya di minggu keempat. Ini akan membantu kamu mengontrol pengeluaranmu.

Jangan Cepat Tergiur Dengan sale

Sumber Foto: elines.cz
“Ada harga, ada barang”. Ingatlah kalimat itu jika kamu akan membeli barang-barang sale. Jangan buru-buru tergiur karena melihat harganya yang murah. Coba cek kualitasnya. Kalau ternyata ujung-ujungnya cepat rusak sama saja bukan? Yang ada kamu akan keluar uang lagi untuk biaya memperbaiki. Lebih baik tabung saja uangnya agar mampu membeli yang lebih mahal tapi memang kualitasnya jauh lebih baik.

Cermat Membandingkan Harga

Sumber Foto: getdailydeals.net
Seringkali kita sudah terlalu nyaman berbelanja di satu toko padahal bisa jadi di toko lain, barang yang sama bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah. Rajinlah mengecek harga di berbagai toko. Jangan anggap remeh meskipun hanya berbeda seribu atau dua ribu rupiah saja. Jika dikalilkan sebulan atau bahkan setahun tentu dampaknya besar bagi tabunganmu.

Selalu Sediakan Uang Cash

Sumber Foto: cashessentials.org
Berbelanja dengan kartu kredit memang lebih praktis, tapi justru karena kelewat praktis kita cenderung sembarangan mengambil barang belanjaan. Coba biasakan ikuti cara belanja sesuai dengan uang cash yang tersedia di dompetmu. Ini akan sangat efektif dalam mengontrol pengeluaranmu.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel