Lifestyle

How Clozette Crew Deal With Psoriasis

by Viena Rissanty on 01 Nov, 2018
Community Executive

Tidak selamanya tubuh akan sehat, sakit dapat datang kapan saja tanpa memandang siapapun. Hal ini dialami oleh Clozette Crew Nabella Tiara (Bella) yang harus menghadapi psoriasis. Merupakan penyakit autoimmune yang tidak dapat disembuhkan, psoriasis memberikan “tanda” pada tubuh “sahabatnya”. Jika kamu tidak tahu apa itu psoriasis, Clozette telah membahasnya di sini.

 

Bagi Bella, psoriasis adalah penyakit yang mengubah hidupnya sampai saat ini. Bermula dibangku SMA tingkat akhir, Bella merasakan gatal pada bagian kulit kepala dan munculnya ketombe setelah menjalani perawatan rambut. “Saat itu aku belum tahu kalau aku kena psoriasis, jadi aku cuma pakai sampo khusus dan obat jamur saja”, tutur Bella. Setelah menyadari terdapat bintik merah dibeberapa bagian tubuhnya, Bella memutuskan untuk pergi ke dokter kulit untuk mencari tahu lebih lanjut.

 

“Dari situ aku tahu, kalau kena psoriasis. Aku dikasih salep sama dokter, sayangnya tidak ada edukasi apapun dari dokter mengenai psoriasis. Jadi aku tenang aja”, jelas Bella. Setelah menggunakan salep beberapa waktu, Bella merasakan tubuhnya menjadi kebal dan tidak bisa diatasi lagi. Rasa penasaran Bella semakin tinggi mengenai psoriasis sehingga mencari dokter lain untuk menanganinya. “Setelah ke dokter baru aku dapat tindakan untuk suntik, obat minum, dan tetap pakai salep. Ternyata aku gak cocok sama obatnya dan malah bikin psoriasis aku semakin banyak.”, jelas Bella.

 

Fototerapi menjadi tindakan yang direkomendasikan oleh dokter. Dimana psoriasis disinari hingga melepuh. Namun, Bella tidak mengambil tindakan tersebut karena efek samping yang meninggalkan bekas pada bagian kulit. Saat ini Bella menangani psoriasis-nya dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Bella menjaga pola makan dengan menjauhkan makanan berupa mie, seafood (kepiting, kerang, dan udang) serta gorengan. Selain itu Bella berusaha mengatasi dirinya agar tetap optimis dan jauh dari stres.

 

Semangat untuk mengembalikan kulit tubuh seperti semula selalu ditanamkan dalam diri sehingga menjadi lebih kuat. Adapun pesan yang ingin disampaikan Bella untuk sahabat psoriasis lainnya: “Bagi yang punya psoriasis, gak usah malu. Mau gimanapun juga akan tetap ada. Kalau gak PD sama psoriasis bisa ditutupin pakai cardigan dan celana panjang. Yang paling penting adalah jangan putus untuk pergi ke dokter dan menjalani pola hidup sehat”, tutup Bella.

 

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel