Lifestyle

How To Deal With PMS

by Diva Apresya on 18 Jul, 2016

Sumber Foto: thefitindian.comHampir semua wanita mengeluhkan masa-masa ketika akan menstruasi atau kata lainnya adalah Premenstrual (Biasa disingkat PMS). Nafsu makan meninggat, keram perut hingga suasana hati yang tidak menentu pada akhirnya terpaksa harus dihadapi. Sebenarnya kondisi tersebut adalah hal yang wajar untuk dialami, namun jika sampai menganggu aktivitas keseharian seperti malas bekerja, tentu PMS harus ditangani dengan benar. Jangan sampai gara-gara salah mengambil langkah, kondisi tubuhmu semakin tidak bisa dikontrol.
Salah satu cara terbaik dalam hal ini adalah dengan stay active seperti tetap rajin berolahraga. Mungkin beberapa dari kamu sering mengeluhkan keadaan perut yang sakit hingga tidak punya cukup banyak energi untuk melakukannya, padahal, olahraga justru akan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga keram perutpun bisa diatasi. Cobalah mulai dari yang ringan seperti jalan mengitari komplek selama kurang lebih 30 menit.
Sumber Foto: fitnessmagazine.com
Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah memperhatikan asupan tubuh. Saat PMS, umumnya nafsu makan akan meningkat sehingga kita cenderung tidak mempedulikan apa saja yang dimakan seperti cemilan dan lainnya. Padahal beberapa kandungan makanan yang dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kesehatanmu semakin terganggu. Misalnya kembung karena kebanyakan garam, detak jatung meningkat karena kebanyakan kafein hingga suasana hati tak menentu karena kebanyanyakan gula. Jika kamu terpaksa harus banyak makan, cobalah dominasi hidanganmu dengan sayuran dan buah-buahan.
Sumber Foto: altaoakridge.com
Kemudian untuk mengatasi suasana hati yang tidak menentu, dari pada meluapkannya dengan kemarahan bagaimana jika menggantinya dengan meditasi. Bisa juga fokus terhadap akar permasalahan mengapa ada suatu hal yang membuat kamu benar-benar stress. Dengan begitu kamu akan cenderung merenungi apakah hal tersebut memang pantas untuk dipermasalahkan. Jika masih belum berhasil, lakukan sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian seperti menonton film yang lucu atau bercanda dengan rekan kerja.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel