Lifestyle

How To Make Your Tiny House Instagrammable

by Cynda Adissa Lianita on 16 Nov, 2021
Sr. Community Executive

sumber foto: akun instagram @rumah.ninnaJika kamu termasuk generasi milenial, memiliki rumah mungkin telah menjadi impian untuk memasuki kehidupan yang baru khusus nya jika kamu telah menikah. Pembangunan rumah pun bisa kamu temukan di daerah pinggiran Jakarta. Sayangnya, harga rumah kini kian menjulang tinggi. Namun, banyak juga developer yang menawarkan rumah minimalis dengan lahan terbatas namun dengan desain yang cocok dengan selera anak muda masa kini.
Rumah dengan lahan terbatas juga bisa loh terlihat lebih menarik atau instagrammable dengan interior yang tepat. Berikut ini beberapa inspirasi dekorasi menarik di rumah minimalis dari para milenial homedecor di Instagram.
1. @Rumah.Ninna


Sumber foto: akun Instagram @rumah.ninna
Jika kamu mengintip akun Instagram @rumah.ninna kamu akan menemukan inspirasi dekorasi rumah minimalis dengan dominasi warna putih, coklat kayu, dan abu. Perpaduan warna ini juga memberikan kesan rumah yang cozy, warm, dan nyaman.


“Keeping it simple” adalah visi dari rumah.ninna. Proses pencarian furnitur pun butuh waktu lama agar sesuai dengan interior impian mereka. Rumah ini juga dipenuhi dengan banyak hiasan, pajangan, serta dekorasi dinding tapi semuanya dipilih secara selektif sehingga tetap mendukung sisi minimalis di @rumah.ninna.


2. @rumah.stia

Sumber foto: akun Instagram @rumah.stia
Rumah yang satu ini juga berawal dari rumah dengan fasad standar developer, namun pemilik rumah.stia ini mengubah fasad luar dan interiornya dengan mengadopsi gaya Scandinavian + bohemian. 

Pada bio Instagram @rumah.stia tertulis “Rumah mungil tanpa sekat”. Hal ini ditujukan karena rumah dengan lahan terbatas agar terlihat luas harus dibuat tanpa sekat, namun batas tiap ruang bisa diakali dengan menjadikan ruang tamu sekaligus ruang keluarga. Apalagi pandemic juga membatasi kunjungan tamu sebagai bentuk pencegahan dari terpapar virus.

Akun @Rumah.stia tidak terlalu membatasi pilihan warna pada interior rumahnya. Namun, warna-warna yang dipilih menggunakan warna lembut atau warna pastel sehingga tidak terlihat bertabrakan.
3. @biasalahanakmuda


Sumber foto: akun Instagram @biasalahanakmuda
Akun yang satu ini memberi nama pada akunnya “Rumah tanpa ikea”. Memang perabotan ikea mendukung rumah minimalis, namun pemilik akun @biasalahanakmuda punya cara sendiri untuk menciptakan rumah mungilnya menjadi tempat yang nyaman dan instagrammable meski tanpa ikea. 

Rumah milik @biasalahanakmuda hanya dibuat di atas LB 70 dan desain awal didominasi warna putih kini menjadi lebih berwarna. Interiornya sendiri cenderung berwarna dan bermain motif pada area dapur tapi dengan penataan dan pemilihan perabotan pendukung yang tepat pun rumah ini terlihat nyaman dan hangat.

Oh iya, hal menarik lainnya dari akun ini, si pemilik akun juga lulusan arsitektur. Tidak heran jika akun @biasalahanakmuda juga sering mengulas rumah lain dengan cara yang unik sehingga menghibur para followersnya.
4. @asa_living
Sumber foto: akun Instagram @asa_living
Ada yang unik dari @asa_living, pemiliknya membangun rumah mereka dengan konsep Japandi atau singkatan dari Japan & Scandinavian. Mereka ingin menerapkan nilai sederhana, seperlunya, dan nyaman tidak hanya dalam kehidupan tapi juga melekat dalam konsep rumah mereka.


Jika rumah lainnya mungkin memakai lantai granit, marmer, atau vinyl, rumah ini justru tidak memakai ketiganya. Rumah @asa_living menggunakan lantai beton ekspos dan finishing coating marmer pada lantai dasarnya. Menurutnya lantai beton ekspos ini memberikan kesan natural dan adem pada rumahnya.

Pada bagian dalam rumah juga dibuat level untuk memberikan kesan lapang tapi setiap ruangnya terasa ada ‘batas’ yang tidak terlihat. Warna coklat kayu dan abu pun mendominasi interior rumah sehingga nuansa natural terasa sangat kental.

5. @shinta.michiko

Sumber foto: akun Instagram @shinta.michiko
Jika kamu sangat terobsesi dengan kebersihan dan pecinta warna putih, kamu wajib mengikuti akun @shinta.michiko. Hampir 90% elemen di dalam rumahnya didominasi warna putih, sehingga rumah pun selalu terlihat bersih, rapih, dan lapang. Selain putih, pemilik akun @shinta.michiko juga menyukai warna rosegold dan gold. Ia pun juga memakai elemen ini pada beberapa part dekorasi rumah seperti pada shower dan cermin kamar mandi.
Selain membagikan informasi tentang interior rumah miliknya, Shinta juga sering memberikan tips membersihkan peralatan rumah atau interior. Sehingga rumahnya selalu terlihat bersih dan rapi.Gimana? Meski di lahan yang terbatas, ternyata rumah mungil juga bisa terlihat menarik dan estetik bukan? Tidak ada yang salah dan benar dalam mendekorasi rumah. Semuanya bisa menarik sesuai dengan selera masing-masing.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel