Lifestyle

Intip Keseruan Super Summer For Supper Moms Untuk Mengetahui Perkembangan Si Kecil

by Viena Rissanty on 25 Sep, 2021
Community Executive

Saat pandemi hampir segala aktivitas harus dilakukan di rumah, mulai dari kerja, sekolah, bermain, hingga beristirahat. Pada momen ini tentunya membuat moms dan Si Kecil semakin dekat, namun tak jarang juga yang awalnya kewalahan dalam mengatur waktu selama di rumah. Padatnya kegiatan moms tentu terasa melelahkan dan terkadang membuat emosi moms meningkat. Rasanya liburan musim panas sangat dibutuhkan ya moms, agar pikiran kembali fresh. Tak perlu khawatir, meski belum bisa keluar rumah Clozette mengadakan Clozette Virtual Soirèe - Super Summer for Super Moms untuk menghibur Si Kecil dan mengajak moms sharing. Acara ini membahas banyak hal mengenai child’s development dan cara menikmati musim panas yang aman serta memorable.
Telah dilaksanakan pada tanggal 17 September 2021, Clozette Virtual Soirèe - Super Summer for Super Moms dipandu oleh MC Rima Triani. Sebelum memulai keseruan acara, MC Rima mengucapkan terima kasih kepada brand partner Koolit, YOUVIT, dan Wajah Bunda Indonesia! yang telah mendukung untuk menyempurnakan persiapan Clozetters dalam menyambut Summer Time. Dengan membayar tiket seharga Rp75.000,- Clozette Virtual Soirèe - Super Summer for Super Moms dilengkapi #SummerCraftingKit yang berisikan vitamin, skincare, dan craft kit untuk aktivitas Si Kecil di rumah. Pssst, dalam acara berdurasi satu setengah jam ini, Clozette membagikan hadiah senilai jutaan rupiah, lho.
Acara ini dimulai dengan Puppet Show yang dipandu oleh Seorang storytelling expert & edutainer sekaligus host dan pendongeng di beberapa stasiun tv nasional, Kak Resha. Selain itu Kak Resha juga penulis buku anak berjudul Aku Berani Menjaga diri & Rumah Orangutan. Pada Clozette Virtual Soirèe - Super Summer for Super Moms, Kak Resha mengajak Si Kecil berpetualang menjelajah Indonesia. Bersama gitarnya, Kak Resha membawa Si Kecil ke dalam hutan memperkenalkan suku bangsa dan keaneka ragaman satwa serta tumbuhan sambil bernyanyi.
Si Kecil pun diajak untuk memanggil tokoh “Pinky” seekor orang utan yang tinggal di Indonesia yang hanya ada di Palau Kalimantan dan Sumatera. Dalam ceritanya Kak Resha juga mengajarkan agar tidak takut dengan sinar matahari karena memiliki Vitamin D yang baik untuk tubuh melalui tokoh “Coki” sebagai teman Pinky. Si Kecil terlihat begitu antusias dan sangat menikmati Puppet Show, sehingga Kak Resha mengajak kembali berpetualang ke laut dan berkenalan dengan Penyu.
Jika Si Kecil telah bersenang-senang, kini saatnya untuk para Super Moms berbagi kisah dan bertukar pikiran bersama Diploma Montessori Education, Certified Positive Descipline Parent Educator & Praktisi Conscious Parenting, Mom Damar Wahyu Wijayanti. Terbagi menjadi tiga sesi, Mom Damar menjelaskan metode Montessori terlebih dahulu. Pendidikan yang telah berumur sekitar seratus tahun, Montessori saat ini tidak hanya digunakan untuk pendidikan tetapi sebagai pengasuhan. Jika dulu hubungan orang tua dan anak merupakan Top-Down, kini menjadi dinamis dengan Montessori.
Tak lagi menentukan pilihan untuk Si Kecil, orang tua harus melakukan observasi kebutuhan untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya dengan memperhatikan minat Si Kecil. Lalu, orang tua dapat memperhatikan lingkungan. Apabila Si Kecil senang olah raga atau bergerak tentu mengajaknya belajar dengan duduk rapi akan lebih sulit. Moms bisa mengubah cara belajar dengan gerakan, seperti menendang atau melempar bola ke dalam gawang berhias angka yang telah ditentukan.
Pada metode Montessori, orang tua menghormati kemampuan dan fitrah Si Kecil sehingga tidak mengubah. Si Kecil diberikan freedom dengan batasan tidak boleh menyakiti diri dan orang lain. Orang tua dapat membuat ground rules yang wajib dijelaskan kepada anak apa lagi saat bermain di outdoor. Contoh ground rules adalah “Kalau terdapat jalan yang banyak kendaraan, kamu harus gandeng tangan mama”, “Kalau di taman menemukan serangga seperti kalajengking, kamu tidak boleh pegang”, orangtua juga dapat menjelaskannya dengan memperlihatkan gambar dari binatang tersebut. Jika bermain di Outdoor tentu membutuhkan perlindungan kulit, sehingga moms dapat menjelaskan kepada Si Kecil pentingnya menggunakan skincare sebelum bermain di luar.
Tak hanya Si Kecil, kulit moms juga membutuhkan perawatan yang tepat. MC Rima sharing mengenai skincare Koolit Premium White Kojic yang digunakannya. Brand lokal yang sudah terjamin aman karena sudah ternotifikasi BPOM, Koolit Premium White Kojic dapat membantu mencerahkan dan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga warna kulit lebih merata. Telah bersertifikat CPKB dan no paraben, jadi moms tidak perlu takut terik matahari saat menemani Si Kecil main di outdoor. Baru saja merayakan ulang tahunnya yang pertama, saat ini Koolit telah memiliki beauty house yang menyediakan beragam treatment.
Sebelum melanjutkan sesi ke tiga, terdapat pertanyaan dari Super Mom Lia sebagai berikut, “Bagaimana cara menerapkan 3 magic word, maaf, tolong, dan terimakasih dalam metode Montessori?”. Mom Damar menjelaskan bahwa otak Si Kecil seperti sponge, menyerap. Sehingga mom dapat menjadi model bagi Si Kecil. Apa bila Si Kecil menghabiskan makanan, biasanya orang tua akan mengatakan “pintar”. Kata tersebut dapat dilanjutkan dengan ucapan “terima kasih” karena telah menghabiskan makanannya.
Ada pun pertanyaan lainnya dari Mom Fanni Dwi mengenai minat bakat Si Kecil. Pada awalnya sang adik tidak suka gambar namun dengan melihat sang kaka, adik mulai mengikutinya. “Apakah bakat tersebut bersifat sementara atau permanen? Dan di usia berapakah kita bisa mengtehaui minat dan bakat si kecil”, tanya Mom Fanni. Mom Damar menjelaskan bahwa di Montessori memperkenalkan banyak kegiatan kepada anak, seperti menggambar atau olah raga sepak bola. Si Kecil dibebaskan untuk memilih yang diinginkannya. Sedangkan untuk usia tidak ada patokan karena hingga umur tiga puluh tahun pun hobi dan bakat baru masih bisa ditemukan. Sebagai orang tua hanya perlu sering observasi Si Kecil.
Masuk dalam sesi tiga yang membahas pentingnya asupan batin dan mental baik bagi Si Kecil dan Orang tua. Kebutuhan fisik harus dipenuhi terlebih dahulu, seperti makan dan istirahat yang cukup. Apa bila kebutuhan fisik tidak terpenuhi maka moms akan merasa kelelahan dan dapat men-trigger emosi sehingga akan cepat marah. Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan Moms dan Si Kecil yang dapat dicoba adalah YOUVIT. Multivitamin yang tersedia untuk anak dan dewasa hadir dalam bentuk gummy. Hadir dalam bentuk monster menggemaskan untuk dikonsumsi Si Kecil, YOUVIT Multivitamin dewasa tak kalah menarik dengan rasa berry yang berfungsi sebagai penambah imunitas tubuh.
YOUVIT juga menyediakan YOUVIT Omega 3 Anak dan Dewasa berbentuk ikan lengkap dengan kandungan DHA, EPA, dan ALA. Terdapat rasa jeruk, persik, dan raspberry yang tentunya lezat untuk dikonsumsi. Vitamin ini dapat meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan anak. Sementara, YOUVIT Omega 3 Dewasa hadir dengan rasa jeruk yang berfungsi untuk memaksimalkan fungsi otak dan menjaga kesehatan jantung.
Selanjutnya asupan mental juga harus diperhatikan yang terdiri dari 3 aspek. Reduce sources of stress, seperti yang telah diketahui bahwa keluarga adalah tim yang harus saling membantu. Moms dapat berbagi tugas dengan suami saat mengurus Si Kecil. Strengten core skills, di mana cara mengutarakan suatu hal sangatlah penting agar terhindar dari emosi. Moms dapat menyampaikan apa yang dirasakan dan diinginkan terhadap support system-nya. Terakhir terdapat Support Responsive Relationship di mana IMessage sangat penting untuk fokus menyampaikan apa yang kita rasakan secara asertif dibandingkan harus menyalahkan orang lain. Memberi pemahaman kepada si Kecil bahwa hidup tak selalu bahagia, perasaan emosi lain seperti marah dan kecewa ialah hal yang wajar dirasakan.
Acara pun dilanjutkan dengan sesi QnA. “Dalam lingkungan kita tidak mungkin tidak mengajak anak main keluar rumah. Tapi pasti ada toxic people itu gimana? Yang suka membandingkan anak?”, tanya Mom Jasiva. Salah satu solusi yang diberikan oleh Mom Damar adalah dengan cara “reframing”. Mom Damar berbagi kisah mengenai rambut anaknya yang mendapatkan komentar negative dari temannya. Maka, Mom Damar me-reframing dengan memberikan pujian terhadap rambut anaknya secara berulang, sehingga anak menerima akan kondisinya.
Sebelum berakhirnya acara MC Rima mengajak Super Moms foto bersama sebagai kenang-kenangan. Menjadi momen yang ditunggu-tunggu kini waktunya untuk bermain games Kahoot. Terlihat begitu antusias, games yang menanyakan seputar acara ini dimenangkan oleh Moms Fitrian Eka P sebagai juara utama yang mendapatkan special package senilai lebih dari Rp1.000.000,-. Juara kedua dimenangkan oleh Moms Auzola yang mendapatkan special package senilai Rp700.000,-. Sebagai pemenang terakhir, Moms Fannidwi mendapatkan special package senilai lebih dari Rp500.000,-.
Sebelum pamit undur diri, MC Rima menyampaikan terima kasih kepada brand partner, Koolit, YOUVIT, dan Wajah Bunda Indonesia! yang telah mendukung acara Super Summer for Super Moms. Nantikan event Clozette selanjutnya yang tidak kalah menarik. Pastikan kamu tidak tertinggal ya.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel