Lifestyle

Kemeriahan Lomba Masak Ikan Nusantara

by Cynda Adissa Lianita on 14 Aug, 2017
Content Writer

Sumber foto: @feminamagazineAda yang unik dalam menyambut perayaan 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Mengusung tema "Indonesia Kerja Bersama", Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kantor Staf Presiden (KSP), serta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Primarasa.co.id, situs masak Femina Group untuk menyelenggarakan audisi dan roadshow Lomba Masak Ikan Nusantara di lima kota.Roadshow telah dilakukan sejak bulan juli dan telah terpilih 10 koki terbaik yang dapat mengolah ikan menjadi hidangan lezat dan bergizi. Beberapa diantaranya berasal dari Batan, Gorontalo, Biak Papua, Jakarta, dan Pontoanak. "Kami ingin anak-anak Indonesia sehat dan cerdas. Protein yang tinggi di dalam ikan sangat baik untuk dikonsumsi, tentunya dengan cara memasak yang tepat agar kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga," ujar Nila Moelek, Menteri Kesehatan.
"Indonesia memiliki kuliner sebagai ujung tombak pariwisata nusantara. Dari Sabang sampai Merauke begitu berlimpah kekayaan alam yang bisa diolah menjadi kuliner yang berbeda-beda dan menari," tegas Arief Yahya, Menteri Pariwisata. Lomba Masak Ikan Nusantara juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk memperkenalkan masakan khas daerah masing-masing yang dapat memperkaya khasanah kuliner bangsa.
10 Finalis Lomba Masak Ikan NusantaraSumber foto: @primarasa.id
Sepuluh finalis Lomba Masak Ikan Nusantara juga siap mendemokan resep andalan masing-masing di hadapan publik, mereka adalah: 1. Absul Kadir asal Pontianak (Botok Ikan Masak Putih) 2. Anita Attu asal Gorontalo (Iloni Burger) 3. Endang SN asal Batam (Es Datin) 4. Matelda F. Maryen asal Biak Numfor Papua (Kerang Tumis Labu Kuning) 5. Narti Buo asal Gorontalo (Ikan Santan Goroho) 6. Non Lahibu asal Gorontalo (Woku Ikan Gabus Bambu Kuning) 7. Sri Ekowati asal Batam (Lontong Singkong Tongkol) 8. Sri Sudaryani asal Batam (Lawar Cumi)
9. Syamsudin asal Pontianak (Ikan Saos Kribang Daun Kesum Tabur Serundeng) 10. Ruben Jeremia asal Jakarta (Gabus Pucung Sambal Pete)Grand Final Lomba Masak Ikan Nusantara berlangsung pada hari Jumat, 11 Agustus 2017 di Lippo Mall Kemang. Acara ni berlangsung sangat meriah karena para finalis juga memasak dihadapan para dewan juri, penonton, pendukung, dan pengunjung Lippo Mall Kemang. Juri yang berpartisipasi dalam Lomba Masak Ikan Nusantara, diantaranya" Chef Vindex Tengker (Chef Garuda Indonesia), Dharmastuti Nugroho (Kepala Biro Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden), Johan Susmono (Pokja 3 Ketua Penggerak PKK Pusat), Roy Mandey (Ketua Umum DPP Aprindo), Vita Datau (Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI), serta dibantu oleh Chef Naldi Budhyarto dari Primarasa dan Uji Dapur Femina.
Pemenang Lomba Masak Ikan Nusantara (ki-ka: Narti Buo, Abdul Kadir, dan Ruben Jeremia)
Ini dia tiga pemenang Lomba Masak Ikan Nusantara:Juara 1 Abdul Kadir (Pontianak)Juara 2 Ruben Jeremia (Jakarta)Juara 3 Narti Buo (Gorontalo)Pemenang dari Lomba Masak Ikan Nusantara akan berkesempatan mengikuti workshop di Dapur Uji Femina Group serta memasak untuk Presiden RI Joko Widodo pada Perayaan 17 Agustus 2017 di Istana Negara.  Presiden pun sudah menantikan hasil kreasi masakan ikan dari masyarakat untuk dicicipi pada 17 Agustus nanti.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel