Fashion

Konsep "Sustainable Fashion & Sustainable Lifestyle" Di Panggung ISEF 2020

by Ashfia Fuada Ersterina on 16 Nov, 2021
Community Executive

sumber foto: instagram @vivizubedi

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Berdasarkan data yang diterima oleh Globalreligiusfuture, penduduk Indonesia yang beragama Islam pada tahun 2010 mencapai angka 209,12 juta jiwa atau sekitar 87% dari total populasi. Di tahun 2020 ini, penduduk muslim Indonesia diperkirakan akan mencapai 229,62 juta jiwa. Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat industri halal global melalui produk modest fashion di pasar internasional. 
Dalam rangka memasarkan produk modest fashion lokal ke skala global. Bank Indonesia bersinergi dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) menghadirkan sebuah gelaran fashion show busana muslim untuk melengkapi rangkaian acara ISEF 2020. Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) merupakan sebuah wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia secara berkelanjutan sejak tahun 2014.

Dengan mengusung tema “Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle” fashion show yang telah diselenggarakan ke-7 kalinya ini  untuk pertama kalinya hadir dengan konsep virtual platform. Ada pun tujuan dari tema yang diangkat adalah untuk memberikan pesan yang kuat bagi penyelenggaraan Modest Fashion ISEF 2020. Konsep sustainable fashion bukan terbatas produk fashion saja, melainkan juga tiga prinsip dasar sustainable yakni: sosial, ekonomi, dan lingkungan. Melalui acara ini, ISEF 2020 ingin mengajak para partisipan, baik produsen maupun konsumen untuk semakin peduli dalam menjalani gaya hidup berkelanjutan dengan memperhatikan keberlangsungan kehidupan masyarakat, keselarasan lingkungan, dan kesejahteraan bersama. 
Penerapan konsep sustainable fashion di dalam Modest Fashion ISEF 2020 semakin diperkuat pada koleksi busana karya desainer atau brand yang akan ditampilkan. Salah satunya melalui penggunaan bahan baku dan SDM lokal untuk menggerakkan perekonomian lokal namun mengacu pada inspirasi tren global dan kepedulian akan lingkungan hidup dan sosial. Selain itu, koleksi busana disyaratkan untuk mengaplikasikan Trend Forecasting 2021/2022 dengan tema “The New Beginning” tentang perubahan pola hidup menghadapi era baru.
Perhelatan ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan. Seperti di antaranya 12 sesi virtual fashion show yang melibatkan 164 desainer Indonesia yang telah berhasil dikurasi untuk menampilkan 180 model dari 720 look. Nama-nama desainer yang terpilih, antara lain Ayu Dyah Andari, Deden Siswanto, Hannie Hananto, Irna Mutiara, Itang Yunasz, Kami Idea, Khanaan Shamlan, Kursien Karzai, Laudya Cynthia Bella, Monika Jufry, Najua Yanti, Nuniek Mawardi, Risa Maharani, Rosie Rahmadi, Sofie, TutyAdib, Vivi Zubedi, dan Wignyo Rahadi. Tak hanya itu, ISEF 2020 juga menghadirkan Virtual Exhibition dan Business Matching yang mempertemukan desainer dengan buyer lokal dan internasional. 
Modest Fashion ISEF 2020 juga memberikan kesempatan kepada 325 brand terpilih untuk mengikuti Digital Trade Show selama tiga bulan. Yakni dimulai dari bulan September hingga Desember 2020 yang bekerjasama dengan online marketplace dan online media sebagai kegiatan pra-event Modest Fashion ISEF 2020. 
Bagi kamu yang penasaran dengan Virtual Modest Fashion Show terbesar yang satu ini, Modest Fashion ISEF 2020 akan ditayangkan selama tiga hari, mulai dari tanggal 28-31 Oktober 2020. Kamu bisa mengakses secara live streaming melalui official Youtube dan Facebook: ISEF Indonesia atau via Instagram  @isef.id.

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty