Lifestyle

Life Lessons I Learn From K-Drama Hospital Playlist

by Dilla on 07 Jan, 2022
Sr. Community Executive

Photo source: tvN Drama

I have a keen interest with Korean Drama that highlight variety of human personalities. Kalau berbicara drama Korea dengan tema tersebut, rasanya kurang lengkap ya, apabila tidak membahas karya-karya Screenwriter Lee Woo Jung dan Director Shin Won Ho. Yap, keduanya adalah salah dua sosok dibalik drama Korea Reply 1988.

Tahun 2020, keduanya kembali berkolaborasi dalam Hospital Playlist dan lagi-lagi, karya ini juga hits dan digemari banyak orang. Walaupun, sayangnya Hospital Playlist harus berhenti sampai season 2 karena terhambat virus COVID-19 dari rencana awal diproduksi hingga 3 season. Psst, katanya walaupun sudah ada pernyataan official tidak ada season 3, tetapi tim produksi tidak menutup segala kemungkinan kelanjutan drama ini apabila kondisi mendukung, lo. Yuk, berdoa semoga kondisi di dunia cepat pulih dari COVID-19!

 

Bagi beberapa orang (dan menurut saya sendiri), Hospital Playlist memang tidak semudah Reply series untuk ditonton, karena berlatar dunia medis. Yap, di drama ini banyak sekali istilah-istilah kedokteran, yang terkadang membuat saya pusing karena kurang familiar. Namun, seingat saya, Screenwriter Lee Woo Jung dan Director Shin Won Ho memang memilih latar ini karena alasan rumah sakit identik sebagai tempat pertama dan terakhir manusia di dunia. Nah, kalau Clozetters sedang ingin menonton kisah yang menyentuh (plus belajar sedikit tentang dunia kedokteran), Clozette bisa cek drama Hospital Playlist ini di Netflix.

Supaya semakin “keracunan”, saya akan share beberapa spoiler life lessons yang saya ambil setelah menyelesaikan 2 season drama ini.

Photo source: tvN Drama

1. Donor bisa berarti besar bagi orang lain

 

A little confession, setelah menonton drama ini, saya sangat bersemangat untuk mulai rutin mendonorkan darah. :) Karena di drama ini banyak sekali meng-highlight tentang donor organ dan betapa berharganya setiap organ untuk menyambung hidup orang lain. Terkadang kematian satu orang pun bisa berarti menyelamatkan kehidupan orang lain, karena donor organ tersebut. Nah, karena saya belum bisa berkontribusi sejauh itu, mulai dari donor darah pun menurut saya sudah menjadi awal yang baik.

Photo source: tvN Drama

2. Buat kesalahan di awal itu wajar

 

Episode 6 season 2 menyimpan pelajaran yang menarik dan dikemas dalam penyampaian yang lucu. Karakter Jang Hong Do diceritakan merasa stress karena melakukan kesalahan yang lucu saat pertama kali berpartisipasi di ruang operasi sebagai intern. Tetapi tenyata bukan hanya Hong Do, dokter berbakat seperti Gyeo-ul dan Ik Jun pun ternyata pernah membuat kesalahan di awal-awal.

 

Nah, untuk kita semua jangan merasa kecil hati apabila melakukan kesalahan saat melakukan hal baru. Bukan hanya kamu, semua orang juga mengalami hal yang sama, kok.

Photo source: tvN Drama

3. It’s never too late to start over

Salah satu momen favorit saya adalah ketika dokter Ahn Chi Hong bercerita kepada pasien di ruang operasi tentang alasannya banting stir dari anggota militer menjadi dokter spesialis di Hospital Playlist season 1. Pasien tersebut yang awalnya patah semangat karena tidak bisa meneruskan profesi sebagai polisi akhirnya menyadari bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai dan meraih cita-cita baru. Ini jadi pelajaran buat saya sendiri untuk tidak ragu mencoba hal baru dan meraih hal yang saya cita-citakan selama kita mau berusaha dan bekerja keras.

 

Itu dia ketiga life lessons yang saya dapatkan dari drama Korea Hospital Playlist. Apakah kamu sudah menonton drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha? Saya juga pernah menulis fakta menarik tentang Shin Min A, lo di artikel ini.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel