Lifestyle

Luka Dibagian Kulit? Mungkin Kamu Terkena Psoriasis

by Viena Rissanty on 31 Oct, 2018
Community Executive

Sumber foto: Clozette Ambassador Wulan Wu

Kesehataan merupakan harta tak ternilai yang selalu dijaga setiap orang. Berbagai macam cara dapat kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat, seperti olah raga, makan sehat, hingga mengatur jam tidur. Vitamin dan madu adalah asupan terpenting untuk menjaga tubuh tetap sehat dalam kondisi apapun. Namun, usaha untuk memiliki tubuh sehat tidak selalu berhasil dengan melakukan cara tersebut. Ada beberapa jenis penyakit yang timbul dengan sendirinya didalam tubuh, salah satunya Psoriasis.

Apa itu Psoriasis?

 

Sumber foto: www.webmd.com

 

Psoriasis (so-ri-a-sis / sore-eye-ah-sis) adalah autoimmune dimana kekebalan tubuh menyerang kebagian tubuh sendiri. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak merah di kepala, siku, lutut, dan bagian kulit lainnya yang mudah terkena luka. Selain bercak merah, psoriasis dapat berupa ketombe, eczim, dan kulit bersisik dengan rasa gatal. Merupakan penyakit bulanan yang muncul pada waktu tertentu, psoriasis tidak dapat disembuhkan melainkan dapat dikendalikan.

Penyebab dan Dampak Psoriasis

Sumber foto: www.webmd.com

Penyebab psoriasis sangat beragam seperti genetik, pasca melahirkan, alergi, diet, infeksi, dan kondisi cuaca. Tidak tertinggal, stres merupakan penyebab utama yang mempengaruhi perkembangan dan munculnya psoriasis di tubuh. Perlu diketahui bahwa psoriasis tidak menular dan tidak berkaitan dengan kebersihan seseorang.

 

Seperti penyakit pada umumnya, psoriasis dapat memberikan dampak serius jika tidak ditangani. Lebih dari 125 juta orang di dunia terkena psoriasis, 30% diantaranya menyebabkan Psoriatic Arthritis, 46% menyebabkan Diabetes, 58% menyebabkan Cardiovasculary Risk. Beberapa penderita psoriasis juga mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur pada malam hari.  

 

Cara Penanganan Psoriasis

Sumber foto: Clozette Ambassador diarykania

Pengobatan pertama adalah dengan menghubungi professional, dokter spesialis kulit. Pada umumnya dokter akan memberikan salep untuk meredakan psoriasis. Selanjutnya adalah memperbaiki pola makan menjadi “celan eating” dengan menghindari makanan melalui proses pemanasan yang tinggi seperti gorengan dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi seperti bubble tea. Selain menjadi sumber cahaya, matahari sangat membantu dalam mengatasi psoriasis dengan cara berjemur pada jam 11-1 siang. Terkahir, kamu dapat mengendalikan psoriasis dengan menggunakan moisturizer. 

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel