Lifestyle

Meet Laila Munaf, NTC Master Trainer Of Indonesia

by Cynda Adissa Lianita on 21 Apr, 2016
Content Writer

Sosok perempuan saat ini tidak lagi sama seperti dahulu. Tangguh, berani, dan aktif menjadi simbol para perempuan di masa kini. Seperti Laila Munaf yang kini menjadi seorang Nike+ Training Club (NTC) Master Trainer. 
Laila Munaf adalah orang yang pertama kali memperkenalkan Zumba di Indonesia, pemilik SANA Studio sekaligus Nike+ Training Club (NTC) Trainer pertama di Indonesia. Tujuan utama Laila adalah berbagi energi positif dan menyebarkan semangat olahraga kepada para perempuan Indonesia. 
ClozetteCrew merasa sangat beruntung berkesempatan untuk mewawancarai Laila Munaf, sosok wanita inspiratif yang peduli dengan kesehatan dan percaya bahwa olahraga yang dilakukan secara tekun dapat menghasilkan fisik yang sehat dan postur tubuh ideal sebagai bonusnya. 
Simak penuturan Laila Munaf dari awal mula dirinya mencintai olahraga hingga menjadi Nike+ Training Club (NTC) Master Trainer pertama di Indonesia, serta berbagai tips yang ia bagi untuk Clozetter. 
---------------------------
1. Bagaimana perjalanan Laila hingga bisa menjadi seorang NTC Trainer
2009 adalah tahun di mana saya mengubah karir dari bidang keuangan menjadi bidang kesehatan dan olah raga. Enam bulan terakhir sebelum saya berhenti bekerja di perusahaan Hedge Fund, saya tinggal bersama tante saya yang sangat fit dan aktif berolahraga, karena Beliau lah saya mulai menyukai olahraga, dimulai dari mempelajari zumba dan saya jatuh cinta dari kelas pertama saya di Boston. 
Ketika saya kembali ke Indonesia, di tahun 2013 saya membuka SANA Studio. Bermula dari sanalah saya bertemu dengan tim Nike yang sedang mencari NTC Trainer. Saya dilatih untuk menjadi trainer dan mendapatkan sertifikat, and now i’m an NTC Master Trainer in Indonesia.
2. Saat perempuan lain terjun ke dalam dunia entertainment atau kecantikan, mengapa Laila memilih untuk terjun ke bidang olahraga? 
Saya memilih bidang olahraga karena saya merasa ini saatnya warga Indonesia benar-benar menganggap serius soal betapa pentingnya olahraga dan hidup sehat untuk kesehatan. Saya pun awalnya bukan seseorang yang suka berolahraga, tapi termotivasi dengan gaya hidup yang dijalankan oleh kakek dan nenek saya. Mereka sudah usia lanjut tapi sangat disiplin dalam diet dan rutin berolahraga. 
3. Jika diperhatikan lebih lanjut, olahraga telah dianggap sebagai bagian dari gaya hidup yang populer. Bagaimana menurut Laila tentang hal ini? 
Tidak masalah kalau saat ini olahraga dianggap sebagai gaya hidup yang populer. Pada akhirnya mereka yang menjalankan akan benar-benar merasakan manfaatnya. You will get addicted once you see the result! Hasil dari rutin berolahraga tidak hanya bisa mendapatkan tubuh yang ideal, tapi juga bisa memperbaiki kesehatan tubuh kita. So, jika sebelumnya olahraga hanya popular lifestyle trend pasti akan menjadi healthy lifestyle trend.
4. Terkait dengan Hari Kartini sebagai bentuk “perempuan yang merdeka”, menurut kamu apakah ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan mengenai porsi, tingkat kesulitan, dan intensitas dalam berolahraga?
“If you have a body, you’re an athlete” said Bill Bowerman, Nike. 
Tidak ada yang berbeda antara laki-laki atau perempuan mengenai porsi, tingkat kesulitan, dan intensitas dalam berolahraga. Kedua gender bisa melakukan tipe olahraga apa saja dan dengan latihan yang disiplin laki-laki maupun perempuan bisa mencapai prestasi atau hasil yang sama.
5. Adakah tiga tips fitness dari Laila untuk perempuan yang baru saja akan memulai olahraga? 
1. Cari olahraga yang kamu suka. Jangan takut untuk mencoba berbagai olahraga yang berbeda untuk tahu apa yang kamu gemari. 
2. Cari komunitas yang bisa menjadi penyemangat. Sometimes, It’s better when working out in a group of with a friend(s). 
3. Remember why you started. 
6. Saat memberikan pelatihan, bagaimana cara Laila memberi arahan dan semangat agar tumbuh komitmen untuk mulai hidup sehat melalui olahraga? 
Setiap individu pasti ingin merasa nyaman di tubuhnya masing-masing. Menurut saya kenyamanan dan kepercayaan diri itu bisa diperoleh dari olahraga. You really feel good after a good workout. So, I always try my best to give a good workout so my class can finish with a smile. Positive attitude is also part of living a healthy lifestyle.
7. Menurut Anda, seberapa penting peran sebuah komunitas olahraga dalam kehidupan masyarakat? 
Sangat penting. Bagi saya, komunitas adalah orang-orang yang membuat saya menantikan hari dimana saya akan berolahraga besama mereka. Contohnya, saat ini saya sedang jauh dari komunitas yang biasanya menjadi penyemangat saya, dan jujur bahkan untuk saya yang biasa berolahraga tidak mudah untuk menyemangati diri sendiri. Pasti ada saat-saat saya berfikir “It’s too cold out. I don’t feel like working out today” atau “Ah malas karena gak kenal siapa-siapa di kelasnya”. So, a community can play a big role as our motivator. 
8. Adakah tempat work out terbaik di Jakarta? Apa alasannya?
SANA Studio! Karena itu tempat saya. Hahaha.. No, really.. Saya merasa SANA adalah salah satu tempat terbaik di Jakarta selain karena pelatih-pelatihnya yang qualified juga karena komunitasnya. Selain itu SANA juga menyediakan Zumba dan NTC Class yang bisa kalian coba! The community brings so much positive energy to SANA and I am thankful for that. When you’re working out at SANA, you feel like you’re visiting your best friend’s house and you’re all going to workout together. It’s cozy, it’s homey, it’s.. apa adanya.
9. Kita memiliki komunitas beauty yang besar di Clozette. Menurut kamu apakah ada korelasi antara kesehatan dengan kecantikan? 
Pastinya ada. Kalau tubuh kita sehat, kecantikan pun terpancar. Kunci dari tubuh sehat selain berolahraga adalah asupan makan yang sehat. Kecantikan akan terpancar pada saat tubuh kita mendapatkan nutrisi yang baik. Coba saja kalau kita banyak makan buah dan sayur, pasti kulit pun jadi lebih bersih. Sedangkan kalau kita banyak makan junk food, kulit jadi jerawatan atau terlihat kusam. 
 So, semua kembali lagi pada diri kamu, siapkah kamu untuk memulai hidup sehat dengan berolahraga, Clozetters?

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel