Lifestyle

Menggali Kembali Karya Ismail Marzuki Dalam “Millenial Marzukiana”

by Annisa Muthia on 15 Jan, 2019
Community Executive

Sumber foto: www.ciputraartpreneur.com

Siapa tak kenal dengan Ismail Marzuki? Komponis besar Indonesia ini sangat melegenda hingga namanya diabadikan sebagai pusat seni di Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Bahkan di tahun 2004, 46 tahun setelah beliau tiada, Ismail Marzuki dinobatkan menjadi salah satu pahlawan nasional Indonesia.

Karya-karya Ismail Marzuki yang khas selalu mengingatkan kita akan tanah air. Oleh karena itu Kaya.ID, perusahaan inkubator bisnis yang khusus bergerak di bidang UMKM berkolaborasi dengan komponis Ananda Sukarlan untuk mempersembahkan konser amal bertajuk Jakarta New Year’s Concert 2019 yang berlangsung di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta tanggal 13 Januari 2019 lalu. Tak tanggung-tanggung, 100 kursi pada konser ini disumbangkan untuk penyandang disabilitas dari berbagai komunitas seperti bisu, tuli dan down syndrome.

Musik sastra Ismail Marzuki yang kerap terdengar dari radio maupun televisi, kini diadaptasikan dalam orkes megah oleh Ananda Marzuki. Ia juga berharap kelak partitur karya-karya Ismail Marzuki dapat lebih dikenal dan lebih sering dimainkan di berbagai belahan dunia.

Tak sendirian, terdapat 5 musisi millenial kebanggaan Indonesia yang juga berpartisipasi pada konser ini, yakni Jessica Sudarta (Harpis), Finna Kurniawati (Violis), Anthony Hartono (Pianis), Mariska Setiawan (Soprano) dan Widhawan Aryo (Tenor). Sama seperti Ananda, 5 musisi muda ini ingin tetap menunjukkan kecintaan mereka pada tanah air dan berkontribusi pada musik klasik Indonesia.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel