Lifestyle

Moms, Jangan Lakukan Ini Saat Anak Demam

by Viena Rissanty on 23 Mar, 2018
Community Executive

Sumber foto: Clozetter KorneliaLuciana
Demam merupakan sebuah gejala dari penyakit tertentu yang dapat mengarah kepada penyakit serius. Sering terjadi pada anak-anak membuat orang tua sangat khawatir dan panik. Tentu para ibu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil, yuk kenali kesalahan dalam mengatasi demam pada anak dibawah ini.
Memaksa Makan Banyak
Sumber foto: Clozetter 5andranova
Rasanya sangat senang jika melihat si kecil makan dengan lahap, namun nafsu makan akan turun ketika anak terkena demam. Banyak orang tua memiliki pemikiran bahwa, dengan banyak makan anak akan terbebas dari sakit. Nyatanya hal tersebut salah, kemampuan pengecap anak menurun saat demam, sehingga memaksa anak untuk makan banyak tanpa melihat gizi yang diberikan akan membuat mual dan muntah.
Pemakaian Baju Bertumpuk
Sumber foto: Clozetter 5andranova
Proses mengeluarkan panas pada tubuh sangat diperlukan dalam mengatasi demam, sehingga orang tua memakaikan baju hangat seperti jaket dan selimut secara bertumpuk untuk mengeluarkan keringat anak. Namun menggunakan baju bertumpuk justru membuat proses pengeluaran panas dari tubuh terhambat.
Mengompres Dengan Air Dingin
Sumber foto: Clozette KorneliaLuciana
Air dingin membuat pori-pori kulit mengecil, sehingga tidak disarankan untuk mengompres tubuh saat demam. Jika pori-pori kulit mengecil maka panas tubuh tidak dapat keluar dan panas akan semakin tinggi.
Mengompres Hanya Di Kening
Sumber foto: Clozetter andgilina
Tindakan tercepat dalam menangani demam pada anak adalah mengompres dengan air hangat, tetapi banyak orang tua hanya mengompres anak pada bagian kening. Memusatkan kompres pada bagian kening hanya menurunkan panas pada kepala, sehingga panas pada bagian tubuh tidak akan turun.
Memberikan Obat Tanpa Memperhatikan Dosis
Sumber foto: Clozetter DesyYusnita
Obat sudah menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi sakit. Tetapi memberikan obat tidak sesuai dengan aturan pakai atau anjuran dokter, akan menimbulkan permasalahan lain pada anak. Seperti yang kita tau bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.
Setelah mengetahui hal-hal yang harus dihindari saat anak demam, penanganan berikutnya dapat memberikan obat dengan kandungan parasetamol yang memiliki fungsi sebagai pereda sakit ringan dan demam. Berbagai macam parasetamol ditawarkan, sehingga memilih obat demam untuk anak bisa menjadi hal yang membingungkan.
Sumber foto: www.panadol.co.id
Relatif aman bila digunakan sesuai dosis yang dianjurkan dan nyaman untuk perut anak dengan kandungan parasetamol, Panadol Anak menjadi pilihan bagi ibu, karena mulai bekerja dalam waktu 15 menit. Tersedia empat jenis Panadol Anak yang dapat disesuaikan dengan umur dan bentuk obat yaitu:
1. Panadol Anak Drops, usia 0-1 tahun 
2. Panadol Anak Syrup, usia 1-6 tahun
3. Panadol Anak Suspension, usia 6+ tahun
4. Panadol Anak Chewable, usia 2-12 tahun
*Baca aturan pakai. Jika sakit berlanjut hubungi dokter. Paracetamol adalah bahan aktif Panadol Anak.

Dipasarkan oleh: PT SPI

Panadol Anak Drops. Setiap 0.8 mL mengandung Paracetamol 80 mg. DBL832450013A1.

Panadol Anak Syrup. Setiap 5 mL mengandung Paracetamol 160 mg. DBL7624501537A1.

Panadol Anak Suspension. Setiap 5 mL mengandung Paracetamol 250 mg. DBL0824503433A1.

Panadol Anak Chewable. Setiap tablet kunyah mengandung Paracetamol 120 mg. DBL0124501963B1.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel