Hijab

MUFFEST 2017: 4 Hari, 200 Desainer, 150 Brand, & 50.000 Pengunjung

by Cynda Adissa Lianita on 27 Apr, 2017
Content Writer

Sudah bukan rahasia lagi jika industri modest wear telah mencuri perhatian global. Tidak terkecuali di tanah air, indonesia, fashion muslim mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan misi Pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai sentra fashion muslim dunia tahun 2020. Produk busana muslim diniai sebagai komoditas potensial untuk menguasai pasar lokal serta merambah pasar internasional. 
Sebagai upaya mewujudkan misi tersebut, Indonesia Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo sebagai organizer serta turut menggandeng community partner, yaitu HijabersMom Community dan Hijabers Community menyelenggarakan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia. Sebuah event yang mempertemukan para pelaku industri fashion muslim di Indonesia dan Internasional. 
Perhelatan MUFFEST ini resmi dibuka pada 6 April lalu, di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), dan berlangsung hingga 9 April 2016. Tepat pada pukul 10.00,- Opening Ceremony pun dilaksanakan dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Para tamu undangan, media, dan pihak-pihak terkait lainnya menjadi saksi pembukaan dari acara festival yang mengangkat industri fashion muslim Indonesia.
Tahun 2017 menjadi tahun kedua diselenggarakannya MUFFEST 2017. Tahun ini pun rangkaian fashion show menyajikan keragaman karya desainer dan brand fashion muslim Indonesia sesuai Indonesia Trend Forecasting (Muslim Fashion Trend) 2017/2018. MUFFEST 2017 tidak hanya memberikan kesempatan bagi para desainer senior, tapi juga desainer muda untuk menawarkan warna baru dalam ranah fashion muslim di Indonesia.
Mulai dari rancangan busana bergaya konvensional, kontemporer, dan syar'i akan hadir meramaikan panggung MUFFEST 2017. Beberapa desainer yang ikut serta, yaitu: Irna Mutiara, Hannie Hananto, Monika Jufry, Najua Yanti, Nuniek Mawardi, Sofie, Barli Asmara, Rani Hatta, Astri Lestari, Khanaan Shamlan, Rosie Rahmadi, Oki Setiana Dewi, dan Annisa Hasibuan. Ada juga sejumlah desainer yang tergabung dalam asosiasi Indonesian Fashion Chanmber (IFC), Hijabersmom Community, Ikatan Perancang Busana Muslim Indonesia, Indonesia Modest Fashion Designer, dan Islamic Fashion Institute. Tidak ketinggalam partisipasi desainer dari Uni Emirat Arab dan turki. 
Penyelenggaraan MUFFEST tidak luput dari dukungan pemerintah yang berkomitmen memberdayakan industri fashion muslim di tanah air, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Kementerian Perdagangan, kementerian Pariwisata, dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).