Lifestyle

Muslim Travel Hacks: Cara Menikmati Hong Kong Sepenuhnya

by Annisa Muthia on 14 Sep, 2023
Sr. Content Executive

2023 tahunnya traveling! Kini saat yang tepat untuk merencanakan perjalanan dan kembali menggunakan paspor untuk eksplor banyak hal baru yang sudah menanti di luar tanah air.

 

Nah, jika Clozetters sedang mempertimbangkan untuk bepergian ke luar negeri, Clozette dengan antusias akan menyarankan kamu pergi ke Hong Kong! Kenapa? Karena negara ini menawarkan tata kota yang apik, beragam kegiatan seru, tempat menarik yang aesthetic, hingga pemandangan yang luar biasa indah. Bayangkan, kamu bisa menikmati suasana hijau, laut biru, dan gedung pencakar langit penuh warna dalam waktu yang bersamaan.

Menariknya, kota yang dikenal sebagai “shopping paradise” ini juga punya sisi lain yang menarik untuk dijelajahi, terutama bagi Clozetters yang beragama Islam. Ternyata, Hong Kong kota yang ramah Muslim, di mana kamu bisa menjelajahi kota tanpa mengabaikan kewajiban beribadah dan tetap bisa menikmati makanan Halal. Berikut hal yang perlu teman-teman Muslim ketahui ketika liburan ke Hong Kong:

1. Masjid: Tempat Ibadah, Istirahat, Sekaligus Makan Enak!

Ketika mengunjungi Hong Kong, mungkin kamu berpikir bahwa menemukan masjid dan tempat salat bukan hal yang mudah. Surprisingly, kamu bisa tetap beribadah karena Hong Kong punya deretan masjid yang terletak di area ramai, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari tempat pemberhentian transportasi umum dan area berbelanja.

Ada Masjid Jamia yang merupakan masjid tertua di Hong Kong. Dibangun tahun 1849, masjid ini terletak tak jauh dari Central Market dan eskalator outdoor terpanjang di Asia, Central Mid-Levels escalator. Seru rasanya bisa jalan kaki sambil cuci mata di area Central, lalu berkunjung ke masjid berwarna hijau dengan pepohonan rindang dan suasana sejuk ini.

Ada pula Masjid Ammar and Osman Ramju Saddick Islamic Centre, masjid 6 lantai di area Wan Chai dengan kantin yang menyajikan dimsum Halal. Sembari beristirahat dan salat di sini, cicipi juga berbagai varian dimsum lezatnya di lantai 5.

Tak kalah menarik, Masjid Kowloon and Islamic Centre di area Tsim Sha Tsui bisa kamu sambangi sembari berbelanja di area sekitarnya. Letaknya di Nathan Road, tak jauh dari Stasiun MTR Tsim Sha Tsui. Jika mengunjungi masjid besar ini, kamu mungkin bertemu beberapa orang Indonesia dan Asia Tenggara.

 

Tips dari Clozette untuk kamu yang ingin berkunjung ke masjid di Hong Kong:

-  Selalu bawa mukena atau alat salat yang ringan.

-  Jika tak berhijab, gunakan pakaian yang panjang dan penutup kepala.

-  Sebelum melanjutkan perjalanan, sempatkan ke toilet masjid dulu karena di sini selalu tersedia bidet.

 

Selain 3 masjid di atas, masih ada 2 masjid utama yang bisa kamu temukan di Hong Kong. Di area Stanley, ada Masjid Stanley yang dibuat tahun 1937, dan ada Masjid Chai Wan yang bisa diakses dari Stasiun MTR Chai Wan.

 

 

2. Berkunjung ke Taman Hiburan? Bisa Salat dan Menikmati Makanan Halal Juga!

Dua taman hiburan yang tak bisa kamu lewatkan ketika berkunjung ke Hong Kong: Disneyland dan Ocean Park. FYI, keduanya sudah dilengkapi tempat ibadah, lho!

Di Hong Kong Disneyland, kamu bisa ke Quiet Room, tempat salat lengkap dengan area wudhu dan penunjuk arah kiblat. Letaknya tak jauh dari toilet dan mudah dijangkau dari wahana Toy’s Story. Ketika masuk ke dalam ruangan ini, seketika suasana hening dan mendukung untuk beribadah. Nyaman sekali, Clozetters!

Jika mulai lapar, kamu bisa berkunjung ke Tahitian Terrace. Restoran Asia bernuansa tropis ini sudah bersertifikasi Halal dan menyediakan “comfort food” yang cocok di lidah kita. Beberapa di antaranya ialah Beef Rendang dan Seafood Laksa. Yummy!

Nah, kalau di Ocean Park, ada tempat ibadah dekat pintu masuk/pintu keluar. Tempatnya kerap tertutup, jadi kamu perlu bertanya ke staf supaya ditunjukkan lokasinya. Kalau kamu datang di pagi hari, bisa mengunjungi tempat ini sebelum kamu pulang atau melanjutkan perjalanan. Sebaliknya, jika baru datang di siang menuju sore hari, kamu bisa ke tempat ibadah terlebih dahulu sebelum menikmati berbagai permainan di Ocean Park.

Ada restoran Halal juga di Ocean Park, namanya Clown Corner. Areanya indoor dan dilengkapi AC, jadi kamu bisa makan dengan nyaman dan nggak perlu meragukan kehalalannya.

 

Tips dari Clozette untuk kamu yang ingin ke taman hiburan di Hong Kong:

- Sedia botol minum kosong yang berfungsi sebagai wadah air untuk memudahkan kamu ketika harus ke toilet.

- Selain alat salat, bawa sajadah travel juga, ya. Di ruang ibadah Hong Kong Disneyland maupun Ocean Park, kamu tak bisa menemukan sajadah seperti di dalam masjid.

Di Hong Kong, pilihan restoran bersertifikat Halal dan Muslim-friendly cukup banyak dan beragam, lho! Beberapa di antaranya yang sudah Clozette coba:

 

- Jashan, restoran India di area Central yang masuk sebagai salah satu restoran rekomendasi MASTERCHEF. Restoran ini menyediakan buffet lunch yang semua sajiannya Halal.

- Tagline, restoran yang menyediakan makanan India & Arab dengan suasana cozy yang nyaman. Menu restoran yang terletak di Tsim Sha Tsui ini bisa dipastikan Halal.

- Flaming Frango, restoran dengan menu utama ayam piri-piri, bisa jadi sajian unik untuk kamu yang ingin menikmati menu lain di Hong Kong. Lokasinya di area SOHO Central ya, Clozetters.

- JAJA, restoran bernuansa pink di Wan Chai yang seluruh sajiannya vegetarian, termasuk dessert-nya.

- Cupping Room, tempat “ngopi cantik” di West Kowloon Cultural District bernuansa clean dan minimalist, yang juga menyajikan pilihan menu vegan dan vegetarian.

- Imperial Patisserietempat berburu oleh-oleh pastry yang salah satu chef-nya merupakan two-stars Michelin pastry maker! Bahan-bahan yang digunakan berkualitas tinggi dan sudah bersertifikasi Halal.

Tips dari Clozette untuk kamu yang ingin eksplor kuliner Hong Kong:

- Jika berencana mengunjungi restoran yang belum bersertifikat Halal, kamu bisa bertanya ke staf restoran dalam Bahasa Inggris. Cukup tanyakan “any pork?” sambil menunjuk menu yang kamu inginkan, atau tanyakan rekomendasi menu yang berbahan utama daging ayam atau sapi.

- Restoran di Hong Kong yang sudah bersertifikat Halal mungkin masih menyediakan alkohol dalam pilihan minuman, jadi kamu perlu bertanya apakah ada kandungan alkohol sebelum memesan minuman pilihanmu. Agar lebih “aman”, kamu bisa pilih teh atau kopi.

- Jika berencana makan mi instan atau camilan dari supermarket, perhatikan ingredients-nya. Sebagian besar sudah dilengkapi keterangan berbahasa Inggris. Kamu bisa menghindari makanan dengan tulisan pork, lard, atau gelatin.

 

Salah satu hotel yang Clozette rekomendasikan adalah InterContinental Grand Stanford yang berlokasi di Tsim Sha Tsui. Hotel yang terletak dekat Stasiun MTR Tsim Sha Tsui dan Victoria Harbour ini menyediakan menu Halal untuk room service dan pilihan breakfast Halal di Café on M.

Tak hanya memberi label pada sajian Halal yang memudahkan kamu untuk memilih menu, sendok yang tersedia di masing-masing sajian juga terpisah antara makanan Halal dan non-Halal.

 

Selain InterContinental Grand Stanford, ada lebih dari 30 pilihan hotel yang menyediakan sajian Halal. Hotel-hotel ini terletak di berbagai area, mulai dari Hong Kong Island, Kowloon, New Territories, hingga Outlying Islands.

 

Tips dari Clozette ketika menginap di hotel di Hong Kong:

-  Ketika reservasi, informasikan tentang Halal diet kamu ke pihak hotel.

-  Download aplikasi yang Muslim-friendly sebagai panduan penunjuk kiblat dan waktu salat

-  Sediakan area khusus yang bersih untuk salat, jangan sampai alas kaki kamu menginjak area tersebut.

 

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa Clozette share mengenai traveling Halal di Hong Kong. Bagaimana, Clozetters? Ternyata cukup mudah dan leluasa bukan?

 

Tips lainnya dari Clozette, utamakan berpakaian sesuai dengan cuaca Hong Kong, karena kota ini merupakan kota 4 musim. Lalu, gunakan alas kaki yang nyaman karena akan banyak jalanan menanjak dan anak tangga selama berjalan kaki mengitari Hong Kong.

 

Enjoy your Hong Kong moments, Clozetters!