Lifestyle

New Year New Beginnings Guide

by on 21 Jan, 2022
Community Executive

Awal tahun 2022 merupakan momen yang tepat untuk merencanakan resolusi atau memulai hal yang baru. Semua orang pasti ingin lebih baik dari sebelumnya, entah dari segi kesehatan, karir, keuangan, pengembangan diri, dan lain-lain. Hal tersebut harus diawali dengan niat dan juga konsistensi, Clozetters. Yuk, kita bahas satu-satu mengenai resolusi yang bisa kita wujudkan di tahun yang baru ini.

 

Health 

Sudah melewati masa pandemi selama dua tahun lebih, tentunya mulai terbiasa dengan gaya hidup lebih sehat. Mulai dari berjemur setiap pagi, konsumsi sayur & buah yang banyak, tidak begadang, hingga minum air mineral yang cukup. Kamu juga bisa mencoba clean eating, sebagai upaya lebih sehat. Membuat meal planning setiap minggu sangat membantu, agar nggak bingung saat mau memasak. Jangan lupa rajin olahraga, minimal kamu harus olahraga 3 kali seminggu dalam waktu 20-30 menit. Kamu bisa memulai dengan jalan cepat setiap pagi.

 

Mind 

Mumpung masih awal tahun, belum telat kalau kamu membeli journal book atau planner book. Melakukan journaling, hari-hari kamu dapat lebih disiplin & teratur. Selain itu, kamu bisa menuangkan isi pikiran, sebagai terapi mengurangi stress berlebihan, juga sebagai media brainstorming ide. Rajin journaling juga dapat menambah kreativitas, menjadi alat refleksi diri, dan masih banyak manfaat lainnya. Banyak sekali model journal atau planner yang dapat kamu miliki, bisa cari di toko buku terdekat atau e-commerce. Kamu juga bisa mencoba beberapa hal baru, serta jangan lupa untuk melakukan self-care, ya.

Career 

Memiliki pekerjaan yang oke, pastinya impian semua orang. Entah menjadi wanita karir, ataupun business woman. Kamu harus lebih sering mencari referensi dan ide-ide kreatif yang berhubungan dengan pekerjaan atau karirmu. Usahakan semua pekerjaanmu terorganisir dengan rapi, agar dapat memudahkanmu kedepannya. Kamu boleh coba untuk bermain social media, bisa menambah networking juga, nggak ada salahnya, kan? Asah kemampuan komunikasi juga penting, boleh sesekali kamu coba membuat video tentang apapun yang kamu suka atau pahami, misalnya membuat tutorial makeup atau review skincare. Kerja keras itu boleh, tapi antara work-life harus balance, ya.

 

Financial 

Beberapa tahun belakangan ini, mungkin sudah banyak yang mengerti atau menjalani financial planning. Yup, generasi milenial pun penting memahami ini, agar hal-hal yang menjadi wishlist, cepat diraih. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatur anggaran keuangan. Kamu harus mencoba membuat pos-pos seperti 10% untuk menabung, 10% untuk gaya hidup, siapkan juga untuk dana darurat, zakat, dan biaya hidup sehari-hari. Kamu juga dapat membuat daftar tujuan yang ingin dicapai, bisa dalam rentang waktu dekat, menengah, dan jangka Panjang. Ingat, jangan besar pasak daripada tiang ya, Clozetters.

 

 

Personal development 

Semua keberhasilan itu pasti melalui proses. Setiap proses tentunya ada berbagai hambatan dan rintangan yang harus dihadapi. Maka dari itu, harus dipersiapkan sebaik mungkin untuk menghadapinya. Nggak ada kata terlambat untuk belajar, setiap saat kamu bisa melakukannya. Coba deh kamu mulai ikut seminar, zoom class, atau bisa juga tonton live Instagram, Youtube, atau TikTok karena pasti ada ilmu yang bisa kamu dapatkan. Usahakan setiap bulan, kamu memiliki skill baru. Skill itu ada dua, hard skill & soft skill. Hard skill seperti kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan dan lebih spesifik, seperti kemampuan bicara bahasa asing, olahraga, desain grafis, memasak, sedangkan softskill lebih ke personality, seperti kemampuan komunikasi, leadership, manajemen waktu, problem solving dan lain-lain. Jangan takut untuk mencoba, jangan takut untuk gagal, kalau kamu belum pernah mencoba, kamu nggak tahu hasil akhirnya akan seperti apa. Keep it up, Clozetters!

 

Yuk, mulai hari ini coba bangun lebih pagi setiap hari, membuat to-do list, olahraga, konsumsi makanan & minuman yang sehat, perbanyak skill, jangan lupa nabung, dan konsisten!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel