Hijab

Outfit Ideas: Baju Pesta Bagi Muslimah

by Indah Riyanti Putri on 14 Feb, 2017
Clozette Ambassador

Featured article from www.indahrp.com

Assalamualaikum!
Dua tahun terakhir ini, saya mulai sering mendapat undangan pernikahan. Mulai dari pernikahan teman, kerabat, hingga keluarga. Ketika undangan tersebut tertuju langsung kepada diri sendiri & bukan lagi hanya tertuju kepada orangtua, itu artinya kamu sudah memasuki usia yang dibayang-bayangi dengan pertanyaan "kapan nikah?" --- Ada juga yang mengalami hal serupa seperti saya? Welcome to the club! 
Blog post kali ini tidak akan membahas soal kapan nikah, tapi masih berhubungan dengan undangan pernikahan. Hal yang akan dibahas di sini adalah ketika mendapat undangan pernikahan, biasanya sebagai tamu datang pada saat resepsi pernikahan. Para perempuan biasanya suka kebingungan nih menentukan baju yang akan dipakai untuk menghadiri suatu resepsi pernikahan. 
Begitu pula bagi para muslimah, dimana pilihan baju pesta mungkin tidak sebanyak dibandingkan dengan yang tidak berhijab. Tapi jangan salah, masih ada kok beberapa pilihan baju pesta bagi muslimah. Yang pastinya tetap menutup aurat dan sopan. 
Ada tiga pilihan outfit yang biasa saya pakai sebagai baju pesta saat menghadiri resepsi pernikahan. Apa sajakah itu? Ini dia...
1. Dress or Abaya
Memakai dress atau abaya menjadi andalan saat menghadiri suatu resepsi pernikahan. Karena sangat simple, tidak perlu repot atau pusing untuk mix & match antara atasan dengan bawahan. Tinggal memilih jilbab yang sesuai dengan cluth bag sebagai asesoris. Pilih model dress dengan potongan A-line agar tidak membentuk, khususnya pada tubuh bagian bawah. 
Hindari pemakaian dress atau abaya berbahan kaos maupun katun stretch, karena kedua bahan tersebut bukanlah pilihan yang cocok untuk dipakai sebagai baju pesta maupun acara formal lainnya. Pilihlah bahan yang tidak terlalu kaku, agar saat dipakai lebih terlihat "flowy" sehingga membuat lebih leluasa saat bergerak.
Jika dress atau abaya hanya memiliki satu hingga dua warna polos tanpa motif, pakailah jilbab yang bermotif agar tidak terkesan terlalu polos. Begitu pula sebaliknya, pakailah jilbab polos jika dress atau abaya yang dipakai sudah ramai dengan motif tertentu.
2. Peplum Top + Kain Batik/Songket
Saya termasuk yang jarang memakai kebaya untuk acara formal, termasuk ketika menghadiri resepsi pernikahan. Hanya pada saat-saat tertentu saja saya memakai kebaya, seperti saat wisuda atau ketika memang sudah mendapat seragam keluarga yang mengadakan pernikahan. Selain itu, saya lebih memilih untuk memakai peplum top dengan kain batik atau songket. 
Atasan dalam bentuk peplum cocok bagi muslimah, karena akan menyamarkan bagian bawah tubuh. Tapi ingat, pilihlah peplum top yang panjang bagian bawahnya menutupi *maaf* bokong ya.. Jika memakai peplum top dengan bagian bawah yang pendek, khawatir saat dipadukan dengan kain (yang biasanya dipakai dalam bentuk seperti pencil skirt) pada akhirnya akan membentuk lekuk tubuh. 
Contoh peplum top yang saya maksud adalah seperti pada foto saya di atas.
3. A touch of Batik 
Batik sudah pasti menjadi salah satu pilihan pakaian yang digunakan saat menghadiri suatu resepsi pernikahan. Baju pesta dengan bahan batik pun beragam, biasanya pilihan bagi muslimah adalah dalam bentuk dress, rok panjang, atau atasan lengan panjang. Tapi terkadang ada yang beranggapan memakai batik dengan model-model tersebut akan terkesan biasa saja. 
Selain dengan model-model yang saya sebutkan, tadi ternyata bahan batik juga bisa dijadikan model lainnya yang cocok untuk dipakai sebagai baju pesta. Yaitu dengan menjadikannya sebagai outer, entah dalam potongan blazer atau long outer seperti yang saya pakai pada foto di atas. Padukan saja dengan dress polos berwarna senada atau bahkan kontras dengan salah satu warna dominan pada batik tersebut. 
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Nah, itu dia beberapa pilihan outfit versi saya yang bisa menjadi referensi sebagai baju pesta bagi muslimah. Bicara soal referensi baju pesta bagi muslimah, kamu juga bisa lihat beberapa pilihan baju muslim pesta lainnya. Ada banyak baju muslim pesta pada link tersebut, yang bisa kamu pilih & pakai untuk menghadiri undangan resepsi pernikahan selanjutnya. 
Kalau baju pesta versi kamu seperti apa? Share juga ya lewat comment di bawah... 
Salam, 
IndahRP