Lifestyle

Peduli Kesehatan Ibu Dan Janin, ZAP Hadirkan Layanan Obgyn

by Ashfia Fuada Ersterina on 01 Aug, 2020
Community Executive

sumber foto: Clozette Ambassador @wynnepreasetyo

Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tentu memunculkan rasa khawatir bagi semua orang, terutama bagi para ibu hamil. Hal ini dikarenakan ibu hamil termasuk sebagai kelompok yang rentan terinfeksi berbagai virus, salah satunya virus corona. Oleh karena itu, kehamilan yang berlangsung di tengah pandemi membuat ibu hamil harus benar-benar memerhatikan kesehatannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk janin di dalam kandungan.
Menjaga kehamilan agar tetap sehat di tengah pandemi dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa cara. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter spesialis obgyn atau obsetri dan ginekologi secara rutin.  
World Health Organization (WHO) menganjurkan setiap ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kandungan setidaknya 8 kali selama masa kehamilan. Trimester pertama atau saat usia kandungan 12 minggu, pemeriksaan dilakukan 1 kali, menginjak trimester kedua pemeriksaan dilakukan 2 kali saat usia kehamilan memasuki minggu ke 20 dan 26. Kemudian, saat usia kehamilan masuk trimester ketiga, dilakukan pemeriksaan sebanyak 5 kali yakni ketika usia kehamilan menginjak minggu ke 30, 34, 36,38 dan 40.

Merespons kebutuhan sekaligus kekhawatiran tersebut, ZAP hadir dengan inovasi terbarunya. Setelah sukses menghadirkan klinik kecantikan terpercaya, kini ZAP juga ingin menjadi solusi bagi para ibu hamil melalui brand ZAP HEALTH. Telah hadir sejak Juli 2020 lalu, ZAP menawarkan layanan dokter spesialis obgyn untuk menjawab kebutuhan para ibu hamil dalam pemeriksaan kandungan dan konsultasi secara rutin.

"Kami memahami bahwa ibu selalu ingin memberikan yang terbaik bagi calon buah hati. Kami pun turut merasakan kekhawatiran para ibu hamil selama pandemi Covid-19. Layanan dokter spesialis obgin ZAP ini kami hadirkan agar ibu dapat memastikan kesehatan janin dengan aman dan nyaman. Diharapkan, hadirnya layanan ini mampu menjawab kebutuhan ibu dalam mengoptimalkan masa kandungan, demi yang terbaik untuk si buah hati," ujar Fadly Sahab, CEO ZAP Clinic .
Terdapat 4 jenis layanan spesialis obgyn yang ditawarkan oleh ZAP HEALTH. Mulai dari konsultasi obstetri (kehamilan dan persalinan) dan ginekologi (reproduksi wanita), 2D ultrasonography (USG), 4D USG, dan transvaginal USG.
Melalui konsultasi obstetri dan ginekologi, para ibu akan lebih memahami kondisi kandungan dan janinnya sehingga kebutuhan kehamilan akan terjawab secara jelas. Sebab, selama mengandung, ada banyak hal yang harus diperhatikan ibu seperti menjaga asupan nutrisi makanan, menghindari zat-zat yang berbahaya, dan melakukan aktivitas yang seimbang. Kebutuhan tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kondisi fisik atau riwayat penyakit ibu. Oleh karena itu, konsultasi dengan ahli menjadi hal utama yang perlu dilakukan.
Sementara itu, ultrasonography atau USG juga penting dan sangat bermanfaat untuk berbagai hal. Mulai dari memastikan kehamilan dan lokasi janin, menentukan usia kehamilan, mengetahui jumlah janin dalam kandungan, mendeteksi kehamilan ektoprik atau kehamilan di luar rahim, mengidentifikasi cacat lahir pada janin, mengevaluasi pertumbuhan janin, memantau pergerakan dan denyut jantung janin, hingga mengevaluasi kondisi plasenta dan cairan ketuban.

Seperti yang diketahui, USG selama masa kehamilan memiliki banyak manfaat selain untuk menghetahui jenis kelamin janin. Seperti salah satunya, USG 2 dimensi yang merupakan moda pencitraan utama dalam memeriksa kondisi kandungan dan mendiagnosis kelainan pada janin. Melalui USG ini, dokter obgyn dapat mendeteksi ukuran bayi, banyaknya air ketuban, dan kelainan fisik pada bayi. Bila ada kecurigaan kelainan fisik, disarankan untuk melakukan USG 4 dimensi. Pemeriksaan USG 4 dimensi memberikan visualisasi yg lebih jelas. Dokter dan ibu hamil bisa melihat pertumbuhan bayi secara lebih detail, seperti bentuk wajah, tangan, kaki, dan organ-organ tubuh bayi lainnya.
Saat ini layanan spesialis Obgyn telah tersedia di 4 outlet ZAP Premiere, yakni Mall of Indonesia, Menteng, Gading Serpong, dan Medan. Tak usah khawatir jika hendak melakukan konsultasi kehamilan, karena ZAP juga telah memberlakukan protokol kesehatan dalam melayani setiap pelanggan. Jika Ibu tertarik untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dan janin, ibu dapat menghetahui informasi lebih lengkap atau melakukan reservasi secara online melalui Instagram atau telepon di nomor 1500310/021-80626350.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles