Beauty

Pentingnya Memahami Konsep Berkelanjutan Dalam Produk Skincare

by Ashfia Fuada Ersterina on 16 Nov, 2021
Community Executive

sumber foto: Clozette Ambassador @Natahsu

Seiring berjalannya waktu, kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya merawat kulit semakin meningkat. Kini, produk kecantikan dan kesehatan kulit seakan telah menjadi bagian dari keseharian para perempuan. Dengan beragamnya pilihan produk yang ditawarkan, satu hal yang jangan sampai dilewatkan adalah memerhatikan kualitas produk yang dipilih, termasuk soal kandungan yang ada di dalamnya. 
Selain memerhatikan kecocokan kandungan dengan jenis kulit, kamu juga perlu memilih produk dengan kandungan berbahan dasar alami dan tersertifikasi lestari, serta diproses dengan metode berkelanjutan. Hal tersebut menjadi penting diperhatikan, mengingat pengguna produk kecantikan masih belum menyadari sepenuhnya bahwa pilihan produk yang digunakan memiliki dampak dengan kondisi lingkungan sekitar.
Guna mengedukasi para perempuan terkait pentingnya mengenal kandungan berkelanjutan dalam produk skincare. C Channel bersama Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan Yayasan Madani Berkelanjutan berkolaborasi dalam menghadirkan diskusi bertajuk: Be An Expert For Your Skin. Sesuai namanya, diskusi kali ini membahas berbagai isu soal komoditas ramah lingkungan dan ramah sosial, khususnya di sektor kecantikan dan kesehatan.
Diselenggarakan secara virtual pada tanggal 5 Desember 2020 lalu, acara ini dihadiri oleh para pembicara yang ahli dalam bidangnya, seperti: Danang Wisnu, Skincare Enthusiast; Ratna Kirana, Beauty Blogger; Ratu Ommaya, PR & Community Manager The Body Shop Indonesia; dan Devina Wijaya, Chief Marketing Officer N’ Pure Official. Selain itu, perwakilan mitra pembangunan yang secara konsisten ikut mendorong praktik ramah lingkungan ramah sosial di Indonesia juga turut berbagi perspektifnya dalam C Channel Class Vol. 5, kali ini, seperti Tiur Rumondang, Country Director RSPO Indonesia; Chandra Panjiwibowo, Director Asia Pacific Rainforest Alliance; Dippos Naloanro Simanjuntak, Chairman Sustainable Spices Initiative Indonesia; dan Ibrahim Gulagnar, Deputi Sekretaris Jenderal Serikat Petani Kelapa Sawit. 
Dalam diskusi Be An Expert For Your Skin, Danang Wisnu menuturkan bahwa memilih produk dengan kandungan komoditas ramah sosial dan ramah lingkungan dapat menjadi suatu bentuk tanggung jawab pengguna terhadap alam dan lingkungan. Ia juga menambahkan dua hal yang harus diketahui saat akan membeli dan menggunakan produk skincare. Pertama, cari tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh kulit, kemudian sesuaikan dengan budget. Kedua, kenali produknya baik dari sisi kandungan, dan karakter penggunaan serta reputasi brand.

Salah satu produk kecantikan dan kesehatan kulit berbahan alami dan aman bagi lingkungan yang patut kamu coba adalah N’Pure (Natural Pure). Sebagai label skincare ternama asal Tanah Air yang mengusung tagline "Pure Beauty In Natural Way", N’ Pure menggunakan bahan baku tanaman lokal yang diperoleh langsung dari petani Indonesia. Salah satu tanaman lokal yang kerap dimanfaatkan oleh N’pure adalah daun centella asiatica yang terbukti ampuh dalam merawat kulit sehat dan menjadikannya tampak glowing
“Selama ini masyarakat mengira daun centella asiatica hanya ada di Korea, padahal di Indonesia ada juga daun centella asiatica, yakni daun pegagan. N’Pure akan terus mengembangkan produk dari komoditas lokal dan berasal dari petani lokal,” ujar Devina Wijaya, Chief Marketing Officer N’ Pure Official. 
Melalui diskusi Be An Expert For Your Skin, B Channel berharap ke depannya kesadaran dan pemahaman masyarakat Indonesia akan pengkonsumsian produk berbasis komoditas lokal ramah lingkungan ramah sosial bisa semakin meningkat. Yuk, mulai sekarang sayangi alam sekitarmu dengan memilih produk skincare ramah lingkungan!