Lifestyle

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Anak Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan

by Cynda Adissa Lianita on 17 Nov, 2017
Community Executive

Pada 14 Oktober 2017 lalu, Parenting Club ID kembali menyelenggarakan Smart Parenting Workshop. Ada yang spesial pada workshop kali ini, selain diselenggarakan di Kota Bandung, Wyeth Nutrition sebagai penggagas Parenting Club ID bekerja sama mengadakan seminar parenting yang mengajak para Mam dan Pap untuk mengenali perilaku anak usia pra sekolah. Mengapa harus pada saat usia pra sekolah? Pada usia ini anak sudah mencapai usia sekolah dan akan semakin sulit mengubah kebiasaan yang sudah tertanam jika tidak dilakukan sedini mungkin. 
Acara dibuka dengan memperkenalkan para pakar yang hadir untuk sharing dan berbagi edukasi kepada para Mam dan Pap. Mereka adalah Bapak Suganda selaku Direktur Utama RSIA Limijati, Siska Wiramihardja dr., Sp.GK., M.Kes selaku dokter ahli gizi di RSIA Limijati, dan Indonesian Ventriloquist yang berasal dari Bandung, Kak Budi Haha. Selama Mam dan Pap menyimak seminar, si Kecil berada di ruang stimulasi yang dilengkapi dengan berbagai permainan dan aktivitas seru. Tidak hanya itu, si Kecil juga ditemani oleh Kak Budi Haha untuk menstimulasi anak dengan kegiatan yang menarik seperti story telling, mewarnai, menempel sticker, dan banyak kegiatan seru lainnya.
Nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan anak 
Menurut dr Siska Wiramihardja., Sp.GK., M.Kes selaku dokter ahli gizi di RSIA Limijati, ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi, karena selain seimbang dan lengkap, juga bisa mencegah infeksi. Penelitian memperlihatkan anak yang diberi ASI eksklusif menunjukan perkembangan kognitif, bonding antara ibu dan anak, kemampuan baca dan tulis, juga kemampuan analitik dan penalaran yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak mendapat ASI eksklusif. Oleh karena itu, beliau sangat merekomendasikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan, dan pemberian ASI dapat dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun. 
Pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) juga sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan gizi balita dengan memperhatikan asupan zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro : zat gizi penghasil energi seperti lemak, karbohidrat dan protein Zat gizi mikro: vitamin dan mineral.  Bila kedua zat tersebut terpenuhi secara seimbang, perkembangan fisik, otak dan organ reproduksinya akan tumbuh dengan baik. Perlu diingat bahwa dampak nutrisi pada perkembangan otak dan proses belajar bukan hanya di pengaruhi oleh lingkungan dan asupan nutrisi, namun juga kualitas interaksi antar orang tua dan anak juga interaksi anak dengan lingkungan. 
Menurut Dr. Eddy Fadlyana, Sp.A(K), M.Kes selaku ketua IDAI - Tumbuh Kembang Pediatrik Sosial Anak, periode 1000 hari pertama kehidupan merupakan dasar dari pertumbuhan dan perkembangan fisik, emosi dan kecerdasan anak. Itu sebabnya kesempatan terakhir untuk memperbaiki perilaku anak adalah < 3 tahun sebelum memasuki usia prasekolah, karena itu adalah masa untuk mengevaluasi kesiapan anak untuk memasuki sekolah secara formal.
Tentang Parenting Club ID
Parenting club adalah sebuah wadah yang berisi segala kegiatan yang bisa memperkaya Mam dan Pap untuk dukung tumbuh kembang dan stimulasi si Kecil secara optimal. Parenting Club ID memuat informasi yang dipersonalisasi sesuai dengan kepintaran serta cara menstimulaisi yang tepat bagi si Kecil agar #PintarnyaBeda. 
Mam dan Pap dapat menemukan dan menggunakan berbagai fitur yang sangat bermanfaat sebagai berikut ini: 
Smart strength finder, yaitu fitur bagi orang tua untuk mengetahui kepintaran si Kecil berdasarkan observasi saat ini. 
Smart stimulation, kumpulan aktivitas selama 21 hari yang dapat membantu orang tua dalam memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan tahapan usia dan kepintaran si Kecil. 
Smart consultation yang merupakan sebuah wadah untuk berkonsultasi mengenai berbagai macam informasi mengenai si Kecil kepada tim ahli yang terpercaya. 
Smart school yang berkolaborasi dengan google, yang membantu orang tua dalam menemukan lokasi dan informasi mengenai sekolah atau fasilitas pendidikan yang tepat sesuai dnegan kepintaran si Kecil. 
Smart stories yang berisi inspirasi dan pengetahuan baru dari sesama orang tua, dan para ahli dalam mendukung setiap tahapan tumbuh kembang si Kecil dan mengoptimalkan kepintarannya. 
Menjadi orang tua yang baik untuk si Kecil tentunya juga harus didukung oleh ilmu yang tepat. Sehingga Mam dan Pap bisa menganalisa kepintaran si Kecil dengan tepat. Yuk, ajak teman-teman Mam dan Pap untuk bergabung dalam Parenting Club ID sekarang juga!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel