Lifestyle

RATAnovation, Inovasi Teledentistry Pertama Di Indonesia

by Ashfia Fuada Ersterina on 01 Nov, 2020
Community Executive

Memiliki tampilan gigi yang rapi tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain bisa meningkatkan rasa percaya diri, susunan gigi yang tidak rata juga berisiko menimbulkan gangguan pada gigi dan mulut serta kesulitan mengunyah makanan. Karena itu, salah satu cara untuk mendapatkan tampilan gigi yang rapi adalah dengan melakukan perawatan ekstra, seperti menggunakan kawat gigi hingga teknik dental contouring.

Penggunaan behel umumnya membutuhkan waktu lama, budget yang mahal, dan perawatan yang cukup sulit. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini telah hadir inovasi terbaru di mana kamu bisa meratakan gigi tanpa behel melalui RATA. Perusahaan teledentistry dan AI pertama di Indonesia yang menghadirkan clear aligner untuk meratakan gigi dengan harga terjangkau. Clear aligner merupakan alat ortodontik berbahan plastik transparan dimana setiap prosesnya didukung oleh Artificial Intelligence, menjadikan RATA pilihan yang aman, cepat, dan mudah untuk meratakan gigi.

Didirikan sejak tahun 2019 oleh drg. Edward Makmur (Co-founder & CEO), Danny Limanto (Co-founder & CSO), Jason Wahono (Co-founder & CFO), dan drg. Deviana Maria (Co-founder & CMO) hingga kini RATA terus berdedikasi memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Dalam rangka mengakhiri tahun 2020 yang penuh dengan pembelajaran, RATA memperkenalkan inovasi terbarunya yang bertajuk RATAnovation. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan, kepuasan, dan memudahkan akses konsumen.
Kami memiliki tekad untuk selalu berinovasi dengan memenuhi keinginan para konsumen. Terinspirasi dari kata ‘innovation’ yang digabungkan dengan RATA, RATAnovation adalah bentuk nyata dari DNA kami yang terus berinovasi bagi para RATA family. Dikarenakan tingginya tingkat kekhawatiran untuk berkunjung ke dokter gigi di masa pandemi ini membuat kami cepat berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik secara offline maupun online. Kami percaya semua berhak mendapatkan kesehatan gigi terbaik agar dapat tersenyum dengan percaya diri,” ujar drg. Deviana Maria, Co-Founder dan CMO RATA. 
RATAnovation hadir dengan beberapa inovasi terbaru, yang pertama adalah peluncuran mobile app RATA. Dalam aplikasi RATA, terdapat berbagai macam fitur yang memudahkan kamu untuk mendapatkan senyum terbaik dari rumah. Seperti fitur Aligner Tracker yang dapat memeriksa jumlah set aligner yang dibutuhkan sampai gigi menjadi rapi dan perkembangan pemakaian sesuai anjuran dokter RATA. Terdapat juga fitur Selfie untuk mendokumentasikan progres perubahan bentuk gigi pasien. Jika kamu ingin berkomunikasi langsung dengan dokter, RATA juga menghadirkan fitur chat yang memudahkan kamu berkomunikasi di mana pun dan kapanpun sehingga tidak perlu bertemu secara langsung. Aplikasi RATA bisa didapatkan secara gratis bagi para pasien yang sudah menggunakan aligner RATA dengan cara mendunguh langsung melalui App Store untuk pengguna Apple dan Play Store untuk pengguna Android. Namun, tak perlu khawatir, bagi yang belum memiliki aligner RATA, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter gigi dari RATA melalui aplikasi tersebut.
Selain itu, inovasi lainnya adalah pemberlakuan protokol keamanan dan kesehatan yang menjamin keselamatan para pekerja maupun pasien di setiap klinik RATA. Para dokter dan staf menggunakan Alat Pelindung Diri yang lengkap dan disanitasi, dan telah dilatih untuk mengikuti semua aturan kesehatan. Setiap alat dokter yang digunakan juga selalu diganti dan disterilisasi, pembatasan jumlah pasien yang berkunjung dan physical distancing, pengukuran suhu tubuh sebelum masuk ke area klinik, dan penyediaan hand sanitizer di setiap sudut.

Inovasi terakhir dan menjadi bagian yang paling ditungg-tunggu, adalah pembaharuan aligner RATA. Berupaya untuk terus memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi para konsumen, RATA mengakselerasi proses cetak aligner menjadi lebih cepat dan menghadirkan inovasi aligner yang semakin transparan. Pembaharuan aligner ini telah diadaptasi dari Research & Development secara mendalam dengan kualitas dan teknologi terbaik. Tidak hanya dari segi pengembangan aligner, RATA turut menghadirkan case aligner dengan desain terkini sehingga lebih mudah dibawa dalam aktivitas sehari-hari yang bahkan dapat disisipkan dalam kantong celana sekalipun. Kemudian, untuk menambah pengalaman menggunakan RATA menjadi lebih menyenangkan, box baru yang terlihat menarik memberikan pengalaman unboxing yang tidak terlupakan.
Melalui hadirnya RATAnovation, RATA berharap dapat mengedukasi mengenai pentingnya perawatan gigi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Ke depannya, RATA akan terus menghadirkan lebih banyak inovasi yang diadaptasi dari kebutuhan para RATA family agar dapat meningkatkan pengalaman memakai RATA menjadi lebih menyenangkan dan melekat di ingatan. Bagi kamu yang penasaran dengan clear aligner dari RATA, kamu bisa melihat produk dan informasi lebih lengkap melalui instagram @Rata.id atau klik di sini.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty